19 Oktober 2014

~ guMawaNg…~

Posted in jaLan jaLan tagged , , , pada 11:54 oleh harumhutan

Terinspirasi dari foto foto dan travelingnya om chrish tentang keindahan negri ini,maka ketika mengunjungi daerah purwokerto akhir agustus lalu saya menyempatkan diri berkunjung ke baturaden,salah satu obyek wisata yang terkenal di kota purwokerto.Bermodalkan nekad tanya sana tanya sini sampai juga di obyek wisata yang ternayat berada di kaki gunung slamet.

cover

Udara yang sejuk sudah terasa ketika angkot mulai memasuki desa tersebut,pinus dan angin mulai menyapa lembut pada anak hutan yang rindu akan hutan,kota yang indah,perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam dari pasar wage dengan angkot warna hijau,masih sepi ketika sampai ditempat. Ada banyak obyek yang bisa dikunjungi,ada wahana kolam renang yang masih dalam tahap renovasi, ada tepat bermain anak anak, dan main maskot dari baturaden buat saya adalah air terjun gumawang…,tapi bagi penduduk setempat dan wisatawan lain adalah pancuran3,sebuah tempat untuk berendam bagi yang bermasalah dengan kulit atau hanya ingin berendam saja bagi yang ingin.

 

Hampir smua tempat saya jelajah,hanya 1 yang tidak pancuran 7 yang jaraknya itu jauh,sehingga kami memutuskan untuk tidak kesana, bedanya dengan pancuran 3 ya di pancurannya,ada 7😀,ada pesawat merpati yang ditemui saat awal memasuki baturaden yang ternyata digunakan sebagai pemutar film dokumenter durasi 15 menit,film yang dipilih terserah mau obyek wisata baturaden,merapi,atau tsunami aceh, ruangan ya seperti pesawat itu lengkap  dengan tempat duduknya,hanya saja ditanpah monitor didepan buat nonton.Just for fun bagi yang belum pernah naik peswat ya seperti itu hanya saja tidak terbang😀

Di pancuran 3 saat tiba jaraknya sekitar 1km untuk sampai pancuran 3 ini ramai pengunjung sedang mandi dan berendam,sehingga saya harus menunggu sepi untuk bisa masuk,bercampur antara kaum hawa dan kaun adam,dan saya lebih memilih menunggu, ada juga ruang bilas setelah berendam air yang pancurannya lebih tinggi itu, jumlahnya 3 juga,serba 3 deh disitu,nah yang dipagari itu tak boleh dimasuki karna terlalu dalam.

Saya lebih suka berlama lama dan bersenang senang di sebuah tempat yang menurut saya malah ini maskotnya, yaitu air tejun gumawang,air terjun yang mengalir jernih dan dingin airnya, berwarna biru karna terpantul langit ,air terjun yang langusng mengalir dari mata air gunung slamet,yang konon katanya jika mencuci muka disitu akan tampak awet muda, apalagi mencuci baju ya hehe, aga siang ada bocah bcah yang melompat dari air terjun tersebut,dengan meminta pengunjung untuk melemparkan sejumlah uang lalu mreka berebut menganbilnya sambil menyelam,jika pernah menyebrang dari merak ke bakauhuni ataupunsebaliknya ini juga bisa djumpai,melompat dari kapal lalu mengambil uang yang dilemparkan,seru..

 

maskotnya gumawang waterfallpantulan cahanya begitu bening,tenang dan melangutkan siang terik kala itu.., gumawang jika dalam bahasa sudna artinya bersinar atau bercahaya,dan memang benar benar gumawang air terjun tersebut.
satu hal lagi yang membuat saya betah saat berada di case cade,ga jauh jauh dari air juga sih, dan sama air terjun juga bedanya lebih cantik gumawang,kalo yang dicase cade air terjunnya biasa tapi tetep betah🙂

negri indonesia itu memang indah dan elok,alamnya begitu memukau,masih banyak tempat yang ingin dikunjungi menjelajah negri ini, case cade yang saya suka ini jika dilihat dari kejauhan,,,

case cadetjantik ya,meski panasa tak terhiraukan dengan view nan elok ini, rencana menjelajah negri indonesia tak berhenti disini,lain waktu akan kembali bertualang,saya cinta indonesia…

acibackpackeran ala wi3nd:

~dari stasiun kreta purwokerto naek angkot K,turun pasar wage *cring 3k/orang

~ pasar wage naek angkot sampe baturaden *cring 10k/orang

~ tiket masuk 8k/orang

~movie plan *5k/orang

~ pancuran 3 *cring 10k/orang

~case cade *cring 5k/orang

 

15 Komentar »

  1. prih said,

    Foto air terjun dengan kanopi jembatan super kereeen Jeng Wiend
    >>trimakasi ibu,smua foto itu saya ambil dari handphone ibu,hasilnya lumayan jua ternyata🙂
    Hampir lupa rasa suasananya, sempat ke Baturaden saat KKN entah seabad silam,
    >> ada yang beda dimana bu? apa masih sama ya..
    kini makin kece
    >>terus bersolek baturadenya bu
    Terima kasih ya Jeng diajak jalan2 menikmati keelokan alam kaki G. Slamet
    >>trimakasi sama sama,setelah dari sana baturaden tutup karna gunung slamet bernyanyi..:)

  2. Ryan said,

    Keren mba.
    >>trimakasi ryan,tjantik ya air terjunnya😀
    Asli sana tah ternyata.
    >> he he..aslimah indonesia mas😛
    Dah lama banget saya ya ke sana.
    >>sok atuh kesana lagi uda banyak yang nambah wahana..
    Tahun 2004-an kalau tak salah.
    >>uda lama juga ya…kira kira apa ya yang beda sekarang dengan 14 tahun yang lalu..
    Dan gak ke pancuran 7 jg.
    >> jauuh yaa kalo kesana?tapi bisa pake angkot sekarang katanya..
    Hanya di bawah aja. Pas lebaran jadi ramai banget.
    >> hindari pas lebaran pasti tumplek ruah disitu malah ga bisa nikmati kalo aku🙂
    Tapi asik mba. Dingin.
    >>stuja ama yang ini,dingin dan asyiik…:)

  3. masciput said,

    sering sekali mendengar nama baturaden, belum sempat kesana.
    >> sama mas saya juga sering denger nama itu,tapi ya baru kali itu kesana😀

    namun saya tau secara gamblang dari sini.
    >> hehehe smoga bermanfaat ya mas buat panduan
    semoga suatu saat bisa kesana.
    >>aamiin..yuks jelajah nusantara

  4. Dunia Ely said,

    wow .. knp nggak ngajak ajak WInd?
    >> ha ha..ngajak kakak?yakin?😛
    keren pemandangannya,
    >>yap kak,kheren..
    bakalan betah deh jika aku di sana dan dapat Foto Foto byk😀
    <strong>>>iyaaah tuan miller juga betah deh,alamnya ambooi rancak bana’ air terjunnya tuh ngajakin berenang kak,sayangnya ga boleh😀

    • Dunia Ely said,

      Yakin dong kebayang khan serunya andai bisa jadi kenyataan?😛
      >> bisa kak,pulkam trus planning dah k baturaden,motret sepuasnyaaa😀

      • duniaely said,

        pengennya sih begitu Wind🙂
        >>ya uda ditunggu digumawang ya kak😀
        Btw, ntar kalau kamu komen ke DE lagi mohon alamat blogmu dikurangi *m* nya ya Wind, hingga bisa diklik buat yg lain yg ingin kenalan sama kamu, semoga ngga keberatan ya, danke🙂
        >> kelebihan m ya kak? typo😀,ntar dibenerin ya,danke u kak

  5. chris13jkt said,

    Wah dah lama banget rasanya aku gak main ke Baturaden ini, rasanya sih terakhir kali ke sana sudah lebih dari 15 tahun lalu.
    >sudah lama sekali ya om,15 taun yang lalu aku ga tau seperti apa baturaden,taunya yaitu pas kmaren kesana😀

    Itupun tidak terlalu menjelajah wilayahnya.
    >>emang haus kesana lagi om,hasil gumawang air terjunnay nanti pasti lebih bagus kalo ditangan om chrish🙂
    Ternyata sekarang sudah tambah indah dan asri.
    >>oh dulu brarti kurang ya om?sekarang lebih terawat
    Ngomong-ngomong itu air terjun yang ada kanopinya, itu asli atau bikinan ya Wiend?
    >>asliiiiiiiiiiiiiiiii om…,asli beneran itu asli, emang kaya palsu om? air terjunnya asli,canopynya asli juga,sempet foto foto juga dicanopy itu,untuk sampe keatas itu muter lewatnya om..

  6. capung2 said,

    Kamera fotonya bagus nih..
    >>tepatnya kamera hape mas,karna motret ini dari hape😀
    tajam hasil jepretannya..🙂
    >>orangnya juga tajem mas yang motret:mrgreen:

    Sya baru tahu tulisannya Baturraden, dikirain ‘R’ nya cuma satu
    >>jadi tau ya sekarang🙂

  7. suton said,

    Mana kok nggak ada foto dirimu jeng wiendce, biasanya malah senang foto narsis2an?🙂
    >>ga suka narsis😛
    pa kabarnya jeng…
    >>luar biasa baik,makasi

  8. Zippy said,

    Itu air tejun gumawangnya kece banget kak.
    >>bangeet ziip kecenya🙂
    Jadi pengen berendam disitu, hahhaha…
    >>boleehhh..gratis ini ampe puwaas deh😀
    Jernih banget ya airnya.
    >>yap smoga saja tidak terkontaminasi
    Apalagi gemericik airnya bikin hati jadi damai rasanya😀
    >>jadi ga pengen pulang zip🙂

  9. duniaely said,

    Guten Morgen🙂
    > gutten tag kak🙂

  10. Nisa said,

    bagus mbak ^^
    >> ya musyawir…
    jadi pengen ke sanaa🙂
    >> ayoo kebaturraden nikmati🙂

  11. sunarno2010 said,

    postingannya membuatku kangen ke Purwokerto lagi Wiend,
    >> selamat mengulang rindu dengan purwokerto pak,bernostalgia…:)
    sudah sangat lama tak bekunjung lagi ke sana
    >>ayo pak bermain main kembali kesana..

  12. walidin said,

    wah itu deket dari tempat gue, kebumen setelah purwokerto kalau dari jakarta.
    >> boleh maen ga kalo kesana lagi😀
    trimakasi sudah singgah di hutan ya

  13. kutukamus said,

    Sudah beberapa kali ke sana, tapi tidak pernah memperhatikan tulisannya.
    >> gak ngeh ya..:)
    Jadi kombinasinya ‘batur Raden’ ya? Saya kira ‘batu Raden’—batu bekas tempat Raden bertapa atau apa gitu.
    >> ya double “r”
    Bagus angle fotonya.
    >> trimakasi🙂

    trimakasi sudah singgah dihutan ya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: