15 Agustus 2014

~ haMpir puNah…~

Posted in harumhutan tagged , , , , , pada 08:08 oleh harumhutan

Lebaran memang sudah berlalu,tapi cerita soal lebaran tak pernah habis terbahas.kali ini pengen banget ngebahas makanan saat lebaran,kue-kuenya trutama. kalo main menu atau menu utama saat idul fitri adalah ketupat dan opor ayam,ini menu kembar sak indonesia sepertinya yo, lebaran tanpa ketupat itu bukan lebaran kalo sayah😀

Oke,selain ketupat ada makanan yang memenuhi meja tamu,toples-toples canti berisikan kue – kue lezat, saat beranjang sana sini, kue seragam saat bertamu biasanya nastar,kastengel dan putri salju..*koor samakan nada,apa iya?

Dulu sekali waktu saya masih kecil,kue lebaran favorite saya adalah sagon bakar,buatan tetangga saya, saya bisa lama kalo bertamu dirumah tetangga ini cuma buat makananin sagonnya, untungnya ibunya temen ibu saya,jadi saya suka dikasih 1 toples buat ibu katanya,barulah saya pulang hahaha…,yah ada banyak kue lebaran yang hampir punah,tak lagi saya temui saat besilaturahim. mari kita bahas yang masuk kepunahan .

~ sagon bakar

kue berbahan dasar kelapa ,gula dan beras ketan ini sangat gurih manis,pengerjaannya yang memakan waktu cukup lama menjadikan kue ini sebagai kue favorite saya, sayangnya sudah lama saya tak menemuinya lagi😦

sagon bakar kelapapick;google.com

~ kembang goyang

nah ada yang pernah denger kue ini? ada aneka ragam penamaannya,saya menyebutnya kembang goyang karna bentuknya seperti bunga trus saat membuatnya cetakannya itu sambil digoyang – goyang biar lepas dari cetakan kuenya, rasanya manis gurih,ini juga sudah jarang saya temui .

kembang goyangpick;google.com

~ geplak

geplak ini makanan khas betawi,rasanya maniiiiiis banget,tapi beda ama dodol ya,kenapa namanya geplak? kata temen saya pas buatnya itu di banting banting plak…plak gitu! buat memulenkan adonan sepeertinya, pertama kali makan geplak yah pas ke hijrah ke jakarta,dikasih sama temen betawi saya,syaiful, geplak sudah langka sekarang..

geplakpick;google.com

~ kue satu

apa namanya kalo dikalian? aku sih kue satu,rasanya manis,ada kacang ijonya juga,bikinnya aga ribet dan butuh waktu juga,ini kue uda lamaaaaaa banget aku ga nemuin.bentuknya mungil, ga tau juga kenapa dinamain kue satu ya?

kue satu pick:google.com

sayang sekali kue kue ini hampir punah,ini kue khas indonesia,pengen banget bisa melestarikan kue-kue ini,caranya ya belajarlah bikin kue wiendce! hehehe

eh ada lagi tape ketan,dulu ibu sering banget bikin tape ketan saat hendak lebaran idul fitri,khasnya tape buatan ibu itu dibungkusnya pake daun jambu air,saya adalah orang yang selalu memetik daun jambu air untuk proses pembungkusannya, sampe malam malam ibu kalo bungkusin ini, hasilnya work it! tape ini laris manis saat dihidangkan dan selalu dicari oleh tetamu saat kerumah🙂

tape ketanpick:google.com

sekarang ibu sudah sepuh,tak lagi membuatnya,dan sayapun melarangnya,saya rindu dengan kue kue lebaran tradisional ini,meski tak dipungkiri kue lebaran yang disajikan dirumahpun yang gampang bikinnya dan beli😀

kalo kalian sahabatku,kue lebaran apa yang kalian rindukan sekarang ini ?

15 Komentar »

  1. chris13jkt said,

    Dari semua jenis penganan yang disebut di atas itu aku masih sering nemuin, Wiend,
    >> wiks…*ngeces…
    kecuali yang geplak itu.
    >>di orang betawinya sendiri juga sudah jarang yang bikin om untuk geplak
    Malah yang tape ketan dibungkus daun jambu kemarin di kantorku ada yang bawa sepiring gede 🙂
    >> tapenya ketan putih ya om? aku ga doyan..doyannya yang ketan item🙂
    Kembang goyang, tuh masih ada setengah stoples di depan ruanganku.
    >> bagi sih oooooomm..*muka melas
    Trus soal geplak, yang aku tahu cuma geplak Bantul,
    >> nah geplak bantul aku malah nda tau om..
    kalau geplak Betawi ya baru tahu dari sini.
    >> jadi ada macam macam geplak ya ternyata…dan berarti yang ditempat om kheren masih pd bikin kue2 tradisional itu…

  2. Ryan said,

    selama di Jakarta malah belum pernah lihat geplak.
    >>belum beruntung berarti ryan🙂
    bahkan pas PRJ juga gak ada geplak di bagian makanan khas Jakartanya. cuma kerak telor.
    >>karna aga ribet bikinnya ryan,jadi kemungkinan geplak tidak dijadikan makanan khas jakarta,kerak telorkan gampang dan sudah merakyat🙂
    Bikin sagon aja sendiri…
    >>belon bisa😦
    ah jadi pengen minta nyokap bikin.
    >> bagii sih yaaan..*muka melas
    dulu sering nyokap bikin. langsung makan. hahahaha.
    >> oh sagon bubuk namanya🙂
    tapi gak dibentuk kayak di foto. cuma dimasukin aja di plastik. langsung makan gitu.
    >> iyah sagon bubuk namanya,kalo mulut penuh diajak ngomong langsung muncrat sagonnya😆
    kue satu… kalau model yang chinese punya yang kotak bungkus merah masih suka nemu di Chinatown-nya Jakarta (Glodok).
    >> malah ga pernah ke glodok …
    Kalau yang seperti di foto memang dah jarang nemu.
    >> udah susah ya….

  3. mandor said,

    Saya merindukan ada tamu yang datang ke rumah saya.
    >> eh?sepi ya sekarang mas,ga kaya dulu ya…
    Meskipun toples saya berisi makanan modern dan makanan tradisional,
    >> waah….**muka berbinar binar..ada kue apa aja nih…snip..snip..
    lebaran tahun ini hanya 2 orang saja yang bertamu ke rumah saya … begitu menyesakkan
    >> taoon depaan saya datangi yaa??saya anjang sana ke rumah mas mandor siapin kue tradisionalnya,saya bawa pasukan,boleh? *kedipkedip

  4. prih said,

    Untuk kembang goyang dan kue satu masih sering jumpa di kota kami.
    >>oeaahh..harus ke tempat ibu ya? kembang goyang kmaren liat di toko kue ada yang jual ditempat saya,tapi ya ga beli juga😀
    Lah geplaknya sangat beda dengan geplak Yogya ya Jeng.
    >> njih bu bedo, geplak betawi ki rasane muaniiisss
    Geplak Betawi dan sagon bakarnya blum pernah nyoba, pastinya enak klu Jeng Wiend suka.
    >>sagon bakar rekomen bu,hanya saja susah ini,juga geplak betawinya,kudu blusukan ke kampung kampung yang masih suka bikin meski sudahlah jarang..
    Duh rindunya maem tape bungkus daun jambu air, saya hanya nemu saat tinggal di Bogor huu,
    >> iya bu,seger yang dibungkus daun jambu air itu khas ya
    yang kami temui bungkus daun pisang atau malah wadah plastik.
    >> ya kebanyakan juga bgitu,kurang sedap rasanya*haah sotoy😀
    Pokokmen kalau makanan pasti komennya puanjang, menyangkut hajat hidup vital jee.
    >> hihihi….mboten nopo-nopo ibu,biasalah perempuan ama makanan heheh

  5. duniaely said,

    Kapan aku dikirimi Wiend ? hihihi *ngayal tingkat dewa*😀
    >> dikirimi apa kak? kue kue yang hampir punah itu ? hawong aku aja lagi nyari:mrgreen:

    • Dunia Ely said,

      wuii .. kalau gitu nyari bareng yuuk?😀
      >> nyarinya dimana kak..itu pertanyaannya😀

      • Dunia Ely said,

        atau bikin sendiri saja Wind, berani?😀

  6. Umami said,

    kue satu tuh mbak di tempat saya udah gak ada,
    >>iyah sama ditempat sayah juga ga ada😀
    padahal empat tahun yang lalu kayaknya masih.
    >>sudah lama ya 4 taon cepat berganti makananan dan yang tradisionil hilang😦

  7. Volverhank said,

    beuh ini makanan udah hampir punah emang,
    >>iyah..uda susah ditemuin..
    jarang banget di temuin,
    >>betuul…
    mungkin kalo di desa ada ya ?
    >>ga tau juga ya,tapi sih kmaren itu pas pulang juga ga nemuin lagi😦

  8. Wisanggeni said,

    kalau mau beli makanan – makanan ini dimana ya? masak harus nunggu setahun lagi

  9. Nisa said,

    kalau saya suka banget kue satu itu mbaak ^___^/ jadi pengeen~

  10. ilyasafsoh.com said,

    usai lebaran
    siap-siap menyongsong lebaran haji

  11. Compast post said,

    cerita lebaranmah tidak akan pernah habis

  12. capung2 said,

    Asli tuh, kue2 diatas legend banget.. geplak dan sagon, sya suka bnget malahan utk geplak, uwak sya pandai buatnya.😀

  13. domain murah said,

    itu makanan semua cemilan yang luar biasa, tapi sayang hampir punah ayo salah satu caranya harus kita lestarikan😀


Tinggalkan Balasan

