7 Mei 2014

~ kLuRa..~

Posted in masaKan tagged , , , , pada 07:05 oleh harumhutan

Judulnya aneh ya?kan critanya sekarang sedang musim tulisan disingkat singkat tuh yang bikin saya suka pusing kalo membacanya :).

Klura ini jenisnya makanan kok,disingkat biar unik,karna menu ini juga unik terlebih bumbu intinya yang menjadi kunci dari masakan khas jawa timur ini*nah clue ni,ada yang bisa nebak? libur kemarin ibu minta dibuatkan menu ini,tadinya mau bikin soto tapi nda jadi,yo wes harus dapet bumbu intinya dulu baru bisa dibikin.

Kluwek itu bumbu intinya dan kunci dari masakan ini,ya Rawon masakan khas jawa timur suroboyo rek! pertama kali makan rawon saat pulang dari pendakian arjuno-wilerang,tahun 2002an kalo ga salah atau lebih,sudah lupa sayanya,dan itu trasa nikmat sekali,yang pasti karna lapar kan menu pokok anak gunung indomie jadi begitu ketemu nasi dan kawan kawannya jadi aja lafaaarr…

kluwek kluwek-1pick;wi3nd & google.com

setelah dapat kluweknya barulah membeli daging dan teman teman makan rawon ini, rawon ini berwarna hitam kuahnya,karna itu khasnya dari buah kluwek. Kluwek ini termasuk buah khas indonesia sahabat hutaners,jadi jika kalian mendapati kluwek diluar negri pastikan itu ekspor dari indonesia.saya berharap suatu saat nanti Rawon bisa menjadi go internasional juga,seperti rendang,kenapa Rawon? karna rawon khas indonesia dengan buah kluwek yang langka.

 

rawon ala hutanpick: rawon ala hutan

Biasanya teman makan rawon adalah tauge kecil,kerupuk dan telor asin,tapi karna saya tak suka telor asin maka saya ganti dengan telor rebus biasa,dan tak kalah enak juga,semoga saja menu nusantara yang unik ini akan tetap lestari, dan bisa menembus pangsa pasar internasional,sumatera barat boleh bangga dengan rendang yang sudah go internasional,bali dengan ayam betutu yang mempur,manado dengan ayam rica dan sambal dabu2 nan pedas,maka suroboyo kita punya rujak cingur dan Rawon nan ajib,smoga bisa go internasional juga yaaa… *mari lestarikan menu nusantara šŸ™‚

 

# Klura = kluwek rawon šŸ˜€

 

 

15 Komentar »

  1. capung2 said,

    waktu msh kerja didaerah Pluit, ska juga sesekali pake menu rawon ditambah ama tempe gorengnya..
    >> makin manteb pake tempe goreng ,serius ini enak dah šŸ™‚
    btw rawon ini spt masakan Padang yg dinamakan Sancang, yaitu daging plus tetelannya yg dibuat berkuah dan sedikit agak pedes,
    >>sancang namanya? aku kira cincang,aku juga suka beli,santennya euuy….. šŸ˜€
    krn skrg lidahnya udah lidah org Minang, jdi lbh suka membeli Sancang bila tak smpt masak.. šŸ™‚
    >> praktis dan banyak ya mas,jadi cukup buat smua,cincang yang enak cuma diRM.sinar jaya di jakarta utara yang aku suka mas

    • capung2 said,

      sampe hafal nama RMnya,
      > haha..hafal bangeeet šŸ˜€
      kyknya udah jdi langganan yaa..
      >> iyaaah..langganan dulu,sekarangmah enggak.. šŸ™‚
      btw namanya salah ketik sya, seharusnya Sincang šŸ™‚
      >> hihihi..saya juga ikut nyebut sancang,jadi yang bener sincang ya,bukan cincang..:)

  2. chris13jkt said,

    Wah begitu lihat fotonya aku sempat mbatin koq ngomongin kluwek, enakan ngomongin rawon;
    >> he he…clue dulu om,ngenalin kluweknya šŸ˜€
    ternyata betul ngomongin rawon šŸ˜€
    >> 100 buat om *sodorin sepiring rawon lengkap šŸ˜€

    Rawon memang nikmat kalau dimakan pas masih panas,
    >> betul om,kringet gemrobyos ditambah pedasnya sambal,kriuknya krupuk dan pulennya nasi wuuih nyuus šŸ˜€

    cuma sayangnya kalau beli di warung atau rumah makan, dagingnya cuma sedikit.
    >> hi hi..larang om daginge jadi dikit kuahnya yang banyak šŸ˜€
    Mau bikin sendiri gak bisa šŸ˜¦
    >> gampang kok om,mau resepnya,nanti minta tolong istrinya yang bikin šŸ™‚
    Untungnya sekarang ada rawon kalengan dengan daging yang lumayan,
    >> aku baru tau loh ada rawon kalengan,taunya gudeg,wah bagus kalo sudah ada yang kemasan šŸ™‚
    jadi kalau pengen makan rawon lebih gampang. Tinggal nyari toge, krupuk udang, telor asin sama sambalnya saja šŸ˜›
    >> mantab ya om, tinggal dipanaskan, ditambah toge dan krupuk plus telor asin dan sambel korek sudah seperti diwarung yua šŸ˜€

    ** ini komen om crish yang paling panjang dari smua postingan hutan #abadikan ah šŸ™‚

  3. Owalahhh,.. kluwek rawonn šŸ˜€
    >> iyah šŸ˜†
    kreatipp juga,
    >> judul harus menarik buat hutan šŸ˜›
    aku juga sukaa bingit sama rawon mbak,
    >> toss…!
    kalo pulang ke jawa makan rawon dirumah,..
    >> mantab ya,lebih brasa kalo dirumah jawa šŸ™‚
    kadang karena daging mahal jadi diganti kentang atau labu siam šŸ˜†
    >> ah ya,ibu juga bilang kmaren bisa diganti ama labu siam,bisa divariasilah,daging ayam telur juga bisa šŸ™‚

  4. mandor said,

    kata kunci kluwek, sudah tidak ada lagi masakan lain selain Rawon.
    >>he he tepat bang mandor,sebagai warga ngalam uda ga asing ya šŸ™‚
    Masakan ini benar-benar tidak ada di luar negeri karena kluwek ini adalah ciri khas
    >> betul,berharap rawon pun bisa mendunia seperti rendang,karna ini juga menu khas indonesia šŸ™‚

  5. duniaely said,

    Kluwek itu yg bikin rawon jadi sedep ya WInd,
    >> yapz,kluwek adalah bumbu kunci dari rawonnya kak šŸ™‚
    aku dah lama nih ngga menyantap rawon,
    >> nanti kalo pas pulang ke indonesia makan kak rawon uda banyak yang jual šŸ™‚

    mau bikin di sini rasanya belum pernah lihat kluwek di toko Asia šŸ™‚
    >> kluwek adalah buah khas indonesia,kemungkinan belum ada ekspor kak ditoko asianya,kalo yang alen laenkan dari thailand dan cina jadi gampang,kalo kluwek indonesia punya šŸ™‚

    • duniaely said,

      Lupa Wind kemarin makan rawon, habis dimasakin saudara enak enak jadi jarang makan di luar šŸ˜›
      >> kan ga harus kluar,request minta dibikinin rawon ke sodaranya nanti kalo pulang lagi ya šŸ˜€

      Ada benarnya Wind, yg di sini itu biasanya impor dari Thailand, Vietnam dan China šŸ™‚
      >> hi hi..nanti bawa aja kluweknya dari indonesia buat stok ya, belum ada expor kluwek nih ke jerman ..

      • duniaely said,

        Boleh Wind, ntar pesen rawon deh kl ke sana lagi
        >> siiplah
        Wah .. boleh juga idenya WInd, semoga ngga lupa aja šŸ™‚
        >> he he…catet biar ga lupa šŸ˜›

      • duniaely said,

        catet di Agenda šŸ˜‰

  6. Ave Ry said,

    Haa, saya donk udah bisa nebak ^^ ., dari awal baca langsung teringat kata Kluwek,
    >> hebat ih..! *kasih rawon semangkok šŸ˜€
    hihi gak tau kenapa karna barusan makan siang kali :p
    >> makan sama rawon jugakah? wah pas mantab ya ave šŸ™‚
    Saya suka Rawon!
    >> tosss…!
    rasanya itu seger,
    >>bikin selera makan menjadi ya šŸ™‚
    harumnya khas.
    >>seperti harum hutankah šŸ™„ *kan kluwek khas hutan indonesia šŸ˜€

    Pertama kali makan itu pas di Yogya,
    >> aaih yogya yang penuh kenangan ya ve šŸ™‚
    makannya sama tempe goreng tapi yang tebel dan berbumbu.. wiss jaan #slurp D
    >> tempe bacem maksudnya? weeeh..maknyus tenan wes… *ke yogya lagi ve mengulang rindu dengan rawon šŸ˜€

  7. Joe Ismail said,

    sebenarnya saya penasaran, seperti apa sih bentuknya pohon kluwek itu??
    >>browsing aja yak,aku juga belum liat sendiri pohonnya kaya apa,kalo hasil browsing ya kaya gini



    trimakasi sudah singgah dihutan šŸ™‚

  8. Purnomo Jr said,

    makanan khas daerah dari seluruh pelosok emang udah dikenal citarasa kelezatannya ya mbak..
    >>iyah betul mas,ada kekhasannya distiap menunya
    terutama racikan bumbu dan rempah2 nya..sampai negeri lain pun mengakuinya
    >> jadi makin cinta menu nusantara ya,yang banyak rempahnya šŸ™‚
    kalo udah makanan yg berkuah dari jawa timuran..hmm bakalan minta nambah dah..hehe
    >> suka ya sama timuran? wes..jo isin isin rek nek arep nambah šŸ˜€

  9. Nisa said,

    terakhir kali makan rawon gratisan di kampus,, hihi..
    >> yang gratis itu enak de šŸ™‚
    apa kabar mba wiend? šŸ™‚
    >> alhamdulilah khair,syukron..nisa sehatkan šŸ™‚

  10. prih said,

    Aha Jeng Wiend pinter masak rawon,
    >> belum pinter bu,baru belajar šŸ™‚
    entar saya yang tukang icip yah..
    >> njih monggo,kapan ke bogor ibu?nanti request saja mau dimasakain apa šŸ™‚
    cita rasa rawon khas dan banyak sekali yang cocok ya Jeng.
    >> injih ibu,khas indonesia sekali trutama šŸ™‚
    lanjut Jeng dengan brongkos, pindang…kluwek juga khan
    >> he he.. sip rekomen bu,nanti dicoba bikin brongkos dan pindang,suwun šŸ™‚

  11. Ditter said,

    Bapakku dari Jember,
    >> hai..jember šŸ™‚
    jadi orang rumah sering masak rawon.
    >> siip lestarikan yaa šŸ™‚
    Makannya pakai tempe goreng panas dan sambal ulek. Uooh, joss!!
    >> uiiiih..maknyooos tenan kui *marai pingin šŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: