23 April 2014

~ city tour… ~

Posted in wisata hati tagged , , , , , , pada 12:40 oleh harumhutan

Selain beribadah kami tak lupa untuk mengunjungi beberapa tempat yang menjadi sejarah dalam kenabian,ditelusuri dan kami kunjungi.Tentu saja menarik bagi kami para jamaah karna ini untuk pertama kalinya mengunjungi beberapa tempat yang hanya bisa kami dengar,kami lihat dan kami bayangkan.

Rangkaian city tour pertama dibuka dengan mendatangi masjid quba,sebuah masjid yang pertama kali dibuat oleh nabi muhammad,masjid putih bersih ini unik,satu-satunya masjid yang saya lihat dengan kubahnya, kami diwajibkan untuk sholat sunnah disini,terserah sholat sunah apa saja, maka kamipun bergegas masuk kedalam yang rupanya penuh.

didepan masjid quba terdapat bangu bangku kayu,tjantik,juga pohon palem,meski panas tak terasa terik buatku, perjalanan dilanjutkan kembali untuk mengunjungi jabal uhud,sebuah gunung yang mencintai nabi muhammad dan nabipun sangat mencintai gunung uhud,bisa disebut juga jabal magnet karna kendaraan disini bisa berjalan sendiri ketika berhenti akibat magnet, gunung disana coklat tak ada pohon,sebagaimana nabi begitu mencintai gunung uhud maka sayapun mencintainya,bukan karna saya anak rimba,entah mengapa saya pun mencintainya, terdapat jabal rahmi sebuah bukir dimana nabi dulu berperang melawan pasukan Quraisy dalam perang uhud,di gunung uhud terdapat makam para syuhada,salah satunya makam Sayyidina Hamzah dan Abdullah bin Jahsy,kamipun berdoa disini.

setelah berdoa kamipun melanjutkan perjalanan, laut merah, ahay..ada pantai disana? yapz..pantai kawan kawan, laut merah masjid apung, launya sudah tidak merah,biru dan bening,tidak ada kapal yang berani berlayar disini, entah kenapa, dikatakan masjid apung karna jika air pasang masjid ini seperti terapung dilautan.

yang menarik dari tempat ini adalah banyaknya pedagang madura, baik berjualan bakso,kurma muda dan makanan lainnya,juga orang orang afrika yang sibuk menawarkan tangan ukiran tangan atau hena, hati hati ya rekan terkadang mreka suka mengambil barang dari tas yang dibawa atau gelang yang dipakai.

Esok hari kami melanjutkan ziarah ke goa tsur,goa hiro mina,percetakan alquran,masjid qisos,makam siti hawa,pasar kurma, ma’la yang terdapat makam siti khadijah, mina, menyenangkan meski lelah.

ma'la makam siti khadijah goa tsur

kebun kurma

Untuk jabal rahma atau gunung kasih sayang,sebuah tempat yang tentu saja sangat bersejarah dimana disini terdapat tugu ketika nabi adam dan siti hawa bertemu untuk pertama kalinya, tak ada yang berubah posisi tugu masih disitu seperti pertama kali terbuat, untuk mencapai tugu jabal rahma ada jalan khusus yang tak harus mendaki,ada tangga yang lumayan datar,tapi kebanyakan jama’ah malah mendaki dengan bersusah payah,sama sih saya juga lewat batu batu itu mendakinya,sekalian mengulang rindu dengan pendakian,hanya butuh kurang lebih 5 menit saya sampai ditugu itu, ternyata naluri pendaki saya masih ada😀

jabal rahma

sayangnya banyak sekali vandalisme disini,orang orang menulis nama ditugu itu,saya tidak meski ibu meminta saya untuk menulis dan membawa pena,buat saya cukup allah saja yang tahu apa yang tertulis, doa disini kebanyakan minta jodoh ya,maka mintalah,smoga bertemu dengan adam dan hawa yang kalian inginkan,bagi yang belum loh,bagi yang sudah bersama adam dan hawanya ya jangan minta lagi,minta yang lain aja ya ,aamiin.**helgaa.. you must be here😀

tugu when adam met hawa vandalisme di tugu adam dan hawaTak berlama lama di jabal rahma rute selanjutnya adalah mina,arafah, sebuah tempat untuk jamaah haji dengan tenda tenda putih yang kosong, akan ramai saat musim haji,maka barak barak tenda tersebut terisi penuh tanpa satupun yang kosong, menyenangkan meski hanya bisa membayangkan bagaima wukuf diarafah,lempar jumroh dan terowongan mina yang pernah cilaka beberapa tahun lalu, disini ada tugu tempat penyembelihan nabi ismail,posisinya masih sama,ini yang membuat saya takjub,smua tempat sama tak ada yang berubah seperti yang ada dalam sejarah dan ayat alquran subhanallah.

ada istana raja disana, beda ya istana raja di mina dengan di inggris, entah bagaimana dalamnya,pastinya lebih megah,meski luarnya tampak sederhana.City tour saya sedikit karna hanya mengambil paket ibadah,insya allah lain waktu akan lebih banyak lagi tempat yang bisa saya kunjungi…

Rangkaian arabian saya tutup ya dengan city tour ,smoga bermanfaat,dan bisa menjadi panduan singkat bagi yang ingin berkunjung… salam saya[ng]…🙂

 

11 Komentar »

  1. capung2 said,

    Wahh.. enak kali rasanya jalan2 menapaktilasi sejarah peradaban Islam disana..
    >> alhamdulilah mas senang bisa melihat langsung mozaik islam🙂
    Ada jga ‘vandalisme’ dsn yaa..
    >> entah siapa awal mula itu smua,menulis nama2 ditugu tsbt😦
    tpi gag ada ya tulisan “Amir love Siti” he2x #pis🙂
    >> wah saya ga ngecek satu2 tuh mas,bisa jadi ada,sodaranya yah😀
    moga traveling rohaninya membekas dlm kehidupan ya, mb@wi3nd..🙂
    >> aamiin yra,smoga bisa menjadi tauladan dan pembelajaran buat smua umat🙂

  2. chris13jkt said,

    Wah pasti menyenangkan sekali bisa melihat langsung tempat-tempat yang biasanya hanya kita tahu dari kitab suci dan catatan sejarah ya Wiend.
    >> ya om senang sekali bisa lihat secara life yang sebelumnya tidak pernah terbayang🙂
    Beruntungnya dikau 🙂
    >> alhamdulilah om,Tuhan memberi kesempatan pada kami🙂

    Baru tahu kalau di sana banyak pedagang asong juga,
    >> ha..ha pedagang asongan ga cuma diindonesiah om,disana banyak juga..beti lah ma negara kita:D
    dan itu sunsetnya keren banget.
    >> terimakasi om🙂

    Ngomong-ngomong itu yang di Jabal Rahmi, koq ada payung pantai warna warni gitu?
    >> ya om,buat jualan…😀
    Pedagang?
    >> betooolll😀

    Kalau iya, mereka jualan apa?
    >> apa aja ada om,mulai dari kurma,tasbih,lipstik,minyak wangi,kecemete dll buanyaaak om😀

  3. Yudi said,

    Besok-besok kalau ke tanah suci lagi nitip dioanya ya….😀
    >> iyaah siap insya allah nanti didoain ya klo kesana lagi yudi🙂

  4. duniaely said,

    Sayang juga ya Wind kalau ada pencopet jg di sana, kebayang kl nggak hati hati
    >>iya kak,namanya copet dimana mana🙂

    Foto nya cantik cantik Wind,
    >> trimakasi kak🙂
    pasti lupa waktu ya ikut City tour begitu🙂
    >> enggak kak,kan ditimer,dibatasin jamnya,ga bisa lama-lama karna bergerak terus jalan,dan malamnya ibadah jadi ya ga bisa lama lama dan lupa waktu😀

    • duniaely said,

      iya Wind, namanya juga manusia ya?
      >> iyah kak🙂
      YW

      hihihihi .. iya ya, khan rombongan ya, tetep aja waktunya terasa cepet beralu ya Wind, kali mungkin kurang malah😛
      >> iyah kurang kak,kurang puas😀

  5. prih said,

    Trim Jeng berbagi pengalaman dan foto cantik…
    >> trimakasi sama sama ibu pri cantik🙂
    Interior masjid qubanya indah juga tinggi lapang untuk sirkulasi udarakah?
    >> ya tinggi didalamnya cekung jadi mengesankan luas bu,dan ya tentu saja udara🙂
    Aha loncat dan mendaki bebatuan lebih menantang dibanding tangga resminya ya.
    >> iyah bu,adrenalin serasa berpacu dan itu menyenangkan,tapi turunnya lewat tangga aja,ga cape🙂

    Jeng Wiend, mengapa tak mencoba dibukukan diawali dengan booklet kumpulan postingan ini sebagai panduan setidaknya pengetahuan bagi yang memerlukannya.
    >>duh tak layak ibu,ada yang lebih bagus dan lebih paham dlm hal ini dibanding saya,bahasa anak hutankan acak kadul bu😀

    Salam hangat
    >>salam damai🙂

  6. Heny said,

    Subhanallah… Wiend, udah sampai kesana yah?
    >> haai henyyy…. miss u🙂,alhamdulilah sudah,nanti heny nyusul ya ke baitulloh🙂

  7. City tour yang menyenangkan ya wiend.
    >> betul..senang sekali pu🙂
    Menapak kembali sejarah jaman nabi.
    >>yang hanya bisa dibaca lewat tafsir dan sejarah akhirnya bisa mengunjungi langsung🙂

  8. terimakasih artikelnya .

  9. domain murah said,

    terimakasih artikelnya ,

  10. domain murah said,

    terimakasih artikelnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: