16 April 2014

~ tawaf,sa’i,tahallul…~

Posted in wisata hati tagged , , , , , pada 08:08 oleh harumhutan

Setelah bermiqot,maka acara inti dari umrohpun dilakukan,malam itu tepat pukul 23.00 was,kami berombongan menuju masjidil haram,dan ini untuk pertama kalinya,berjalan bersisian bersama ibu dan ibu,bersama jamaah 1team,tiba dipelataran masjidil haram tak henti mengucap syukur dan doa agar dimudahkan untuk dalam menjalankan tawaf,dan sa’i,*sebentar lagi akan melihat ka’bah tempat dimana kami saat sholat mengacu dan tertuju..gumamku.

Memasuki pintu utama masjidil haram hati saya deg degkan,kaki terus melangkah mengikuti ustad,terus kebawah menuruni tangga,dan didepan saya berdiri tegak kotak hitam yang teduh ‘Ka’bah” sang poros bumi,gemetar kaki,dan mulut yang tak henti mengucpa,ya allah,ya rahman,ya rahim,kami datang dan benar -benar ada di rumahMU,kami terus melangkah beriringan,menarik satu sama lain agar tak pisah dari rombongan,putaran demi putaran dilakukan,smua berjalan lancar meski desak desakan tetap saja ada,insindenpun terjadi,saya dan ibu pisah dari rombongan,gara-garanya hendak memegang hijir ismail dan berhasil alhamdulilah,akibatnya kami melakukan tawaf sendiri bersama jamaah yang terpisah,setiap melewati pintu ka’bah terucap ‘bismilahi allahuakbar..” dan mengecup tangan,berkali kali saya menangis,kami masih belum dipertemukan dengan rombongan,hati terus berdoa smoga bersatu lagi.Hingga tawaf usai.

Setelah tawaf,kami menunggu untuk sa’i,alhamdulilah kami dipertemukan lagi dengan rombongan,ustad memarahiku,tak boleh pisah dari rombongan lagi,ujarnya,ibu diah menciumku karna bertemu lagi,aku seperti biasa cengar cengir aja,jamaah yang bandel memang,soalnya ustad tidak memberi ijin untuk mencium hajar aswad dan hijir ismail,jadi aku nekad saja*afwan ustad telah membuatmu kuatir.

Sa’i pertamapun dimulai,ini sama dengan tawaf 7 putaran juga,bedanya tak perlu berdesak desakan,karna ruangannya luas dan sejuk,saya betah dan kuat,sudah terlatih berjalan saat diindonesia,jika tak ada tukang ojek jalan kaki menuju rumah,dan mengganggap sepanjang perjalanan itu safa-marwa,bgitu ujar ust.yusman,dan aku mengikutinya:D
Terbayang bagaimana dulu bunda siti hajar melakukan ini demi anaknya ismail,smua jalan yang saya lewati saya bayangkan sebagai perjuangan bunda siti hajar,sekarang tak lagi gersang dan berbatu melainkan sejuk dan bermarmer,saat melewati tanda hijau bagi kaum adam diwajibkan untuk berlari kecil,sayapun ikut,tapi dilaranng ustad:D*duh saya memang bandel ya…

Semua proses berlangsung lancar saya menikmati setiap putarannya dan tak terasa lelah,hingga proses tahallul,atau cukur rambut sebagai tandai slesainya ibadah dan  syahnya umroh ,alhamdulilah,umroh untuk diri saya dilalui dengan baik,meski saya bandel, sejak kejadian itu, setiap tawaf di umroh ke 2 dan ke 3 ustad selalu mengawasi saya,setiap saya hendak mendekat ka’bah ditariknya kembali,kali ini tak boleh lepas lagi pikirnya,pun saat sa’i,dan saya hanya senyum senyum nyengir,tak ingin membuat resah yang lain.foto tahallulnya tak ada ya,tak baik memperlihatkan rambut saya yang panjang *loh?😛

 

12 Komentar »

  1. capung2 said,

    Satu yg sya baru tahu disini, yaitu tahallul..
    > tahallul itu akhir dari ibadah mas,dan wajib..slesai sai kita tahallul ramai2 seru dan berakhirlah segala pantangan,boleh garuk2 lagi kalo gatel😀
    klo tawaf ama sa’i udah ngertian..😀
    >> karna sering dibahas ya🙂
    rambut yg dipotong cma sedikit yaa.. utk syarat aja..
    >> iya cuma syarat sdikit aja pas dipotong,kan msih ditmpt sa’i,nah kalo mau digundulin di barber shopnya 5 real only🙂
    dipotong sndiri ato ama partnernya mb@wi3nd? #cmananya🙂
    >> dipotongin ,setelah doa rame2,boleh ama siapa aj,tp perempuan khusus perempuan ya😀 kmaren aku kebagian jatah motongin rambutnya jamaah🙂

  2. mandor said,

    kalau bersemangat dalam hal ibadah itu dianjurkan.
    >> iyah harus smangat mas jadi terpacu,klo ga smangat ga enak nanti ibadahnya🙂
    Beberapa orang menyebutnya bandel sih, resikonya ya lepas dari jamaah rombongan
    >> iyah,abis klo ga gitu ga bisa2 jeh,meski lepas dari rombongan insya allah ktemu doa lagi biar diketemukan dg rombongan he he

  3. Zippy said,

    Wah, si kakak habis umroh rupanya, baru tau😀
    >>kan baru kesini zippynya😀
    Kalo untuk prosesnya sih saya baru tahu ternyata seperti itu.
    >>ya seperti prosesnya ibadah umroh zip🙂
    Maklum, non muslim jadinya ya gak gitu ngerti😀
    >>buat nambah wawasan ya zip,nanti klo ada yang crita jadi tau😀

  4. duniaely said,

    bandelnya dlm hal apa nih Wind?🙄
    >> itu suka mlipir sendiri pas tawaf,kluar dari rombongan demi menggapai hijir ismail,ka’bah dll😀

    • duniaely said,

      wow .. berani bgt ya WInd kamu, pasti bikin deg degan dan seru juga ya?😛
      >> nekad kak😀

  5. suton said,

    wah kalo aku sih ngebayangin potong rambut pendek kayak demi moore…
    >> bisa nanti slesai tahallul,ketukang cukur bilang aja mau potong ala demi moore gitu🙂
    tapi nampaknya jeng wiendce sayang ama rambutnya🙂
    >> ha ha..kalo saya potong pendeknya di indonesia saja,menemukan salon perempuan di mekkah belum liat saya…

  6. Ditter said,

    Subhanallaah… senang banget ya Mbak bisa bertamu ke rumah Allah….
    >> alhamdulilah sangat senang sekali dit..dan rindu untuk bertandang kembali

  7. monda said,

    pantesan dijagain terus sama ustad..
    >> ga mau terjadi lagi yang ke 2 bu,ilang lagi sayah dan ibu🙂
    nggak boleh lho melipir sendiri, ngeri kan kl anak gadis nyasar
    >> nda sendiri,ada ibu dan ibu sekamar lagi yang ngikutin saya terus,jadi ya saya tarik2 dah bliau2 karna tangannya gandeng saya terus he he

  8. chris13jkt said,

    Wah postingannya betul-betul menambah pengetahuan dan wawasan, Wiend.
    >> trimakasi om crish🙂
    Ngomong-ngomong, itu yang melewati tanda hijau, kenapa ya koq kaum adam diwajibkan berlari kecil sementara yang perempuannya gak boleh?
    >> sejarah pastinya aku belum dapet om,hanya saja dari risalah yang aku baca,dulu nabi muhammad berlari saat mlintasi bukit syafa marwa,yang kanan kirinya jurang,sehingga umatnyapun mengikuti,nah kalo kaum hawa dianjurkan hanya berjalan cepat saja,kalo logika saya ini untuk mengenang perjuangan siti hajar saat mencari air untuk anaknya ismail,dia berlari bolak balik sebanyak 7x ,mohon maaf jika penjelasannya kurang berkenan,wallahualambisawab🙂

  9. prih said,

    Mohon maaf ya Ustad, nanda peri harum hutan sedikit bandel …..
    >> heeeee…iyah bandel sayah..afwan ustad fadli..😳

    Latihan jalan kaki sebelum keberangkatan sangat membantu ya Jeng,
    >> ya bu,karna belum pernah jadi membantu,jika sduah pernah yang penting kaki kuat jalan dan niat karna allah pasti bisa🙂
    jadi bekal pengingat bagi calon berikutnya.
    >> ya bu,karna disana fisik yang diperlukan,namanya juga ibadah fisik dan hati ya bu🙂
    Salam hangat
    >> salam sayang🙂

  10. artikel yang bagus dan sangat bermanfaat.
    >> alhamdulilah,trimakasi🙂
    terimakasih postingannya
    >> barakallah fik…:)

    trimakasi sudah singgah dihutan ya🙂

  11. Ustadnya perhatian ya wiend???
    >> iyah😀
    Memang di Makkah anak gadis sendirian apalagi pas tawaf agak mengkhawatirkan kalo diambil lelaki arab yg suka nekad.
    >> he he..betul itu,orang arab ternyata serem serem juga,makanya rame rame terus
    Alhamdulillah semua ibadah sdh terlaksana ya wiend.
    >> iyah pu,alhamdulilah….smoga allah meridhoi ibadah kami🙂
    kecup.
    >> cupback muauaach..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: