11 April 2014

~miqat…~

Posted in wisata hati tagged , , , , pada 08:08 oleh harumhutan

Waktu pertama kali dengar kata miqat dari para calon jamaah haji,trutama ibu- ibu dikantor yang hendak pergi haji terasa asing,tidak pernah terlintas seperti apa sih miqat,cuma tau pake baju ihram dan bir ali itu yang saya dengar awal awal.Hingga akhirnya mencari tahu, dan mengalami sendiri apa itu miqat.

Miqat menurut wikipedi adalah batasan bagi dimulainya ibadah baik haji maupun umroh.Karna perjalanan awal di mulai di madinah,maka kami mengambil miqot pertama di masjid bir ali,untuk memasuki tanah haram harus mengambil miqot dari tanah halal,untuk itu sebelum memasuki kota mekkah para jamaah wajib mengambil miqot dimasjid yang sudah disepakati untuk pengambilan miqat.

Bir ali sebuah masjid dengan bangunan yang tampak bagus dari luar juga taman tamannya,ini pertama kalinya saya mengambil miqot itu, inti dari miqot niat sholat sunah 2 rakaat,bisa sholat tahiyatul masjid, atau sholat sunah wudhu,lalu dilanjut sholat sunah untuk umroh diri sendiri.sudah slesai dan  syah.perjalanan dilanjutkan dengan talbiyah “labaik allahhuma labaik..kami datang memenuhi panggilanMu ya allah,tak terasabuliran air dari sudut mata mengalir ketika bertalbiyah,terlebih ketika ustad bilang bertalbiyahlah karna jika suara kita didengar batu,angin,akan menjadi saksi nantinya..

Ada rasa haru ketika talbiyah dikumandangkan,perjalanan dari bir ali menuju mekkah ditempuh dengan waktu kurang lebih 5 jam,sehingga talbiyah tak henti bergantian,sebentar lagi tiba dirumahMu ya illahi,itu yang terlintas.Miqot juga sebagai tanda dimulainya ibadah umroh,yang terdiri dari tawaf dan sa’i.

Setelah bir ali,umroh ke dua kami mengambil miqot dimasjid tan’im atau masjid aisyah,karna dahulu istri nabi tercinta muhammad bunda aisyah mengambil miqot disini,sehinggan dinamakan masjid aisyah atau masjid tan’im jaraknya kurang lebih 1km dari masjidil haram,dan malam hari kami mengambil disini,umroh ke dua masih saya niatkan untuk diri sendiri untuk menyempurnakan umroh yang pertama.

Miqot ke tiga adalah miqot terjauh yang kami ambil 26km dari kota mekkah,di ji’ronah,hampir smua bangunan sama ya,tanpa atap🙂 dan masjid ji’ronah adalah masjid yang tergersang menurut saya, jarang pohon palmnya😀.Nah untuk umroh ke 3 saya niatkan untuk almarhum kakek,yang tidak pernah saya temui sejak saya lahir. Ingat ya selepas miqot ada larangan-larangan yang harus dipatuhi,jika dilanggar akan kena dam/ denda, disinilah ujiannya,saya kadang suka lupa sehingga istiqfar terus.Harus kuat godaannya,dan pasti ada aja,entah gatel,nyaris lepas jilbab saat berwudhu atau sholat [ ini sebelum tawaf dilakukan ya] smua harus bisa ditahan sampai prosesi tahalul selesai, bagi kaum adam khusus  tidak boleh menggunakan cd ya saat ibadah ini dilaksanakan,jika memakai maka tidak syah umrohnya.Biasanya ustad saya melakukan razia cd bagi kaum adam😀

melakukan miqot bagi saya seperti pensucian jiwa,sekaligus mengenal masjid masjid disana, unik dan seru….🙂

 

11 Komentar »

  1. chris13jkt said,

    Aristektur mesjidnya bagus-bagus banget ya Wiend.
    >> njih om,menarik sekali terlebih jika melihat secara detail..
    Itu di foto yang di bawah, kelihatan banyak burung terbang di atas mesjid,
    >> masjid tan’eim ya?njih banyak burung om disana beterbangan di masjid..
    burung apa ya? Koq kelihatannya lumayan besar.
    >> kalo disana yang saya liat kebanyakan merpati om,sejenis merpati..*maklum om aku ga terlalu paham soal burung😀

    • duniaely said,

      sepakat nih dgn komentarnya mas Chris🙂
      >> idem juga dah komennya😛

      • duniaely said,

        wah .. kl dah idem jd nggak berbalas lagi deh komennya ya Wind?😛
        >> ha ha..:P

      • duniaely said,

        hihihihi … ngakak aku jdnya Wind😀
        >> tadangin bak😀

      • duniaely said,

        tadangin itu apa ya?🙄
        >>apa ya kalo anak kecil tuh klo pas mau disuapin pastikan ditadangin lap di mulutnya biar ga brantakan,nah klo ngakak biar cesannya ga blawuran ditadangin bak ha ha**kidding kak

      • duniaely said,

        hahhhaaa … gitu ya artinya, berarti ngakaknya sampai keras bgt krn air liurnya keluar😀
        >> eaaaaaaaaaaaa…😆

  2. capung2 said,

    Baru mengenal istilah miqat,
    >>alhamdulilah,mas capung jadi tau miqotkan🙂
    dan postingan ini sptnya bs dijadikan arahan buat yg ingin berangkat umroh..
    >> smoga bermanfaat yaaa…🙂
    Thx sharingnya mb@wi3nd!🙂
    >>trimakasi sama sama mas🙂

  3. prih said,

    Palm dan cuaca ekstrim kering saling mengisi ya Jeng.
    >> injih bu,kombinasi yang pas sudah pasangannya tampaknya🙂

    Atap bangunan dak datar sesuai kondisi cuaca ya Jeng.
    >> kurang paham saya masalah ini,karna hampir smua seperti itu bu disana atapnya..
    Selamat menyambut akhir pekan baru.
    >> matur suwun,selamat berlibur juga ibu🙂
    Salam
    >..salam ibu🙂

  4. Arsitektur bir ali bagus ya wiend,,,t
    >>baguuus bangeett,simple but nice🙂
    tempat wudhu ya juga luaas…
    >> aku ga ke toilet dan ga wudhu karna masih punya wudhu dari hotel,jadi ga tau pu🙂

  5. damalyk said,

    Wew, baru mampir ke sini..
    >> hei ade,pengantin baru..senang bisa mampir ke hutan🙂
    Ternyata mbak wi3nd perdi umroh yaa..
    >> alhamdulilah🙂
    Semoga aku bisa nyusul suatu saat nanti..Amiiin🙂
    >> aamiin,sudah niat insya allah bisa ke rumahNya🙂

  6. Apalagi bisa bersama pasangan ya, semakin khusyu ibadahnya🙂
    >> kan pas ibadahnya sendiri2,jadi ya harus khusyu dengan atau tanpa pasangan,karna ibadah hubungannya langsung ke allah bukan ke pasangan bidan tjantik🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: