8 Januari 2014

~ nak-niK tahun baRu…~

Posted in harumhutan tagged , , , , , pada 09:10 oleh harumhutan

Meski pergantian tahun sudah lewat,tapi saya masih ingin membahas ini , entah kenapa setiap menjelang pergantian tahun atau biasanyan orang orang menyebutnya malam tahun baru,selalu saja diramaikan dengan pernak pernik [ nak-nik] ini.Tak pernah absen disetiap malam tahun baru,semarak.Hampir disetiap sudut rumah dibilangan jakarta membuat acara ini*yang saya perhatikan disekitar saya ya…

well apa aja sih atribut yang menyemarakkan malam tahun baru itu,sudah tak asing lagi,lets cekedeoot :

1.Terompet

Benda ini pasti ada disetiap malam tahun baru,yang berbeda hanya bentuknya,dulu sih masih sama,sekarang orang orang makin keratif,sehingga membentuk terompet sesuai shio di tahun berganti,seperti tahun kemarin tahun ini maskot terompet masih ular.Para pedagang berlomba-lomba menjul terompet jauh sebelum malam pergantian tahun,biasanya sih tanggal tanggal 25an sudah ada yang jual,mulai dari harga yang murah sampai yang mahal. smua akan ditiup serempak tepat jam 00.00 ya,etapi ada juga yang begitu belu langsung tiup trus langusng rusak sebelum hari h nya😀

Terompetpick :google.com

2.Kembang api,petasan

petasan kembang api

pick: google.com

Nah ini juga yang akan menjadi penyemarak pergantian amlam,ledakan kembang api dan petasan mewarnainya,berisik sungguh….mulai dari suara kecil sampai dentuman hebat yang membuat jantung kebat kebit seperti mau copot. Mulai dari harga ribuan sampai puluhan juta,terbakar sia sia dimalam itu.

3.Bakar-bakaran

pick:google.com

Eh bakar bakaran? iyah tapi tidak bakar rumah ya,yang dimaksud bakar bakaran ini biasanya adalah bakar jagung,bakar ayam,bakar ikan,bakar sate,bakar daging.entah siapa yang menjadi pemula ide ini,sehingga disetiap malam tahun baru menjadi ritual begini disetiap tempat,kepulan asap dan aroma sedap membara tercium.Para pedagang jagung tampak berjejal disepanjang jalan, pun dengan pedagang ikan dan ayam laris manis menjual dagangannya.Biasanya acara baka bakaran ini dumulai selepas isya,lalu dimakan bersama sama sebelum pukul.00.00,*kelaperan juga kalo nunggu sampe jam 12.malam ya😀

Saat ini baru itu yang saya ketahui pernak pernik pergantian tahun yang biasa dilakukan dan diadakan,atau mungkin ada lagi yang lain? atau sahabat hutaners biasanya apa yang disiapkan dimalam pergantian tahun?

*kalo saya tidak pernah mempersiapkan apa apa dimalam itu🙂

16 Komentar »

  1. aku tidur setahun…dari pkl 22 sampai pkl 2 pagi tahun berikutnya…😀
    >> ha ..ha tidur panjang ya tt😀
    selamat tahun baru peri hutan….🙂
    >> selamat tahun baru juga tt,hope all more better this year🙂

  2. capung2 said,

    Malam tahun baru jam 10an udah mringkel tidur dibale2 (kecapean nungguin toko), setengah sadar bangun tngah malam ngedengerin bunyi dar-der-dor petasan…:mrgreen:
    >> hi..hi..sudah lelah ya,emang enak tidur deh,dan suara jedar jedor itu emang bikin terbangun,menyebalkan ya

    Saat pagi orang2 msh pd tidur, sya dan bbrp kawan menikmati jalan yg super sepi dgn alam yg indah berseri diawal tahun yg baru, tahun yg tentunya semakin mengurangi jatah hidup kita didunia ini..🙂
    >>biasanya sampah berserakan dimana mana ya,miris, mentari diawal tahun kemarin cerah,smoga cerah selalu,ya umur makin berkurang smoga bermanfaat disisa umur🙂

  3. ahsanfile said,

    Ayam bakar + nasi liwet + sambel korek …
    duduk berdua sama dia di atap … melihat indah bintang malam ….
    > wikss..muantaaab dan lengkap sempurna itu mas…🙂
    adullaaaaa

  4. duniaely said,

    malam tahun baru biasa byk kacang kacangan, jeruk dan coklat WInd , coba ada krupuk ya ? hahahahhaa
    >>beli kak krupuk jadi biar kriuks😀

    Bgmn kbr kakak Wind ?
    >> alhamdulilah masih dlm perawatan kak..
    semoga sudah sehat kembali ya
    >> aaamiin🙂
    terimakasi

    • duniaely said,

      di sini gampang WInd beli krupuk , kl nggak ya bikin cireng jg rasany ahampir spt krupuk😛
      >> ha ha bisa aja nih kakak,yalah kakakkan jago masak jadi apapun bisa diolah😉

      Sdh pulang ke rumah ya WInd ?
      >>belum kak,setahun disana🙂

      • duniaely said,

        maksudnya setahun di RS ?🙄
        >> dari desember 2013-january 2014 kan setaon kak:mrgreen:

      • duniaely said,

        wadeww Wind tak kira setahun beneran loh😛
        >> oraaaaa..naujubilah mindzalik,amit-amit kak,ojo setahun wong tiap bulan yo wes wareg bolak balik wae😀

      • duniaely said,

        ya makanya aku kaget kamu bilang setahun WInd, nggak sempet mikir deh
        > hi hi..

  5. sunarno2010 said,

    pergantian tahun kali ini sepeeti biasanya hanya kulewatkan dengan tidur nyenyak
    >> paling enak itu pak,pulas,tapi terbangun gara gara suara petasan yang memekakkan telinga..

  6. helgaindra said,

    kalo saya biasanya nyiapin laptop sama joystick
    buat maen pes sampe tengah malem

    wkwkwk

    >> game mania..setelah itu pukul joystiknya yah hel pas jam.00.00😀

  7. airyz said,

    aku nonton pilem terus makan sate ayam pas jam 00
    >> wew..mantab..🙂

  8. prih said,

    Emak kebun, biasanya nonton tv lanjut ditonton tv,
    >> hi..hi..ditonton tv sampai tak sadar terpulaskan🙂
    suka aja dengar nada dag der dor di kejauhan.
    >> sama ya bu dar der dor itu ada..
    Selamat meningkatkan karya di 2014, bharap yg tbaik tuk Jeng Wiend. Salam
    >> aamiin,yang terbaik juga untuk ibu kebun🙂

  9. chris13jkt said,

    Malam tahun baru kemarin sore-sore sudah tidur 😀
    >>terbangun malam malam ga om😀

  10. suton said,

    Selamat tahun baru jeng wiend..
    >> selamat tahun baru juga ya🙂
    resolusinya apa nih? mau nyaleg yakkk..🙂
    >>iyah mau nyaleg partai hutan😀

  11. Aku tidur pas malam taun baru,uda brapa malam taun baru aku lewati dg tidur ya…😃
    >> itu lebih baik pu🙂

  12. klo semua orang mikir kayak saya mungkin tukang petasan gak bakal laku, saya fikir kita gak usah beli petasan toh sama2 denger dari punya orang. malah orang yang nyalain petasannya kadang nutupin telinga😀
    >> iyah betul uda beli nutupin tlinga juga,ga banget😀

    ati2 loh beli terompet, soalnya orang yang jual pasti nyobain dlu terompet itu sebelum di jual, nyobain bunyi apa enggak. nah itu baru yang jual belum yang bikin. berapa orang kah yang udah nyobain terompet itu sebelum sampe ke tangan pembeli? apakah mereka sudah gosok gigi?😛
    >> aku ga pernah beli trompet, wiihks iyah ya jorky banget jadi itu dari mulut ke mulut😳


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: