8 Oktober 2013

~ budaya…~

Posted in Indonesiana tagged , , , , , , pada 13:36 oleh harumhutan

Minggu kemarin terjadi antrian mengular kembali disalah satu mall dibilangan jakarta selatan tepatnya di gandaria city jalan raya sultan iskandar.Ada yang rela datang dari jam 01.00 dini hari,ada yang datang jam 3.45 dini hari untuk mengantri ,hebat bener dibela belain demi sebuah kupon.Bagi 250 pengunjung pertama akan mendapatkan kupon sebesar xxx bgitu yang saya baca.

H & M baru dibuka dijakarta dan kali ini mall gandaria city menjadi pilihan mreka untuk membuka cabangnya di indonesia, H & M ini produk swedia.Mereka pandai membidik indonesia sebagai pangsa pasarnya,karena mereka tau masyarakat indonesia adalah masyarakat yang konsumtif yang dengan mudah teriming iming barang luar.Kakak saya yang tinggal diswedia dengan santainya berkomentar,disaat masyarakat indonesia mengantri di H&M saya dengan santainya melenggang🙂

mengular h& M di gancy

pick:google.com

Antrian ini tak ayal membuat sepanjang jalan sultan iskandar muda macet total. Tak hanya perempuan,laki lakipun terlihat ikut mengantri pada barisan,semua tertib🙂

Masih terekam jelas juga saat salah satu sendal crocs booming tahun lalu, inipun terjadi antrian yang mengular dan tetep rela datang sebelum subuh,heran…

crocsale (1)

pick:google.com

 Saya takjub melihat itu smua,sungguh cerdas para investor luar ini membidik para konsumen indonesia yang sangat konsumtif terhadap barang barang berbau luar.Rela mengantri dari sebelum subuh,rela menunggu berjam jam,bahkan sebelum toko itu dibuka. Atau masih ingat saat gadget baru yang bernama black berry? masih terekam jelas ya,inipun sama,antrian mengular sepanjang jalan ditengah terik bahkan ada yang pingsan.

blebek

pick:google.com

Saya menggumam” dahsyat bener masyarakat indonesia ini,rela mengantri untuk hal hal seperti itu.“Rela berpanas -panasan,berdesak-desakan,Sekaligus kagum ternyata budaya mengantri untuk hal yang berbau konsumtif masyarakat indonesia rela melakukannya.Tak heran jika orang asing sangat suka memanjakan masyrakat indonesia dengan produk produk luar mreka,

Padahal produk dalam negeri tak kalah cantiknya,untuk tas indonesia punya tajur sebagai sentral tas di bilangan bogor,untuk sepatu indonesia punya cibaduyut didaerah bandung,untuk jaket kulit ada di bandung,Dan saya belum pernah melihat antrian mengular saat tajur membuka cabang di kota x misalnya.

Well masyarakat indonesia memang terkenal dengan konsumtifnya,apakah ini budaya yang bagus? entahlah… sungguh indonesiana sekali..

11 Komentar »

  1. luar biasa ya Indonesia kita…🙂
    >> iyah indonesiana yang uwoow untuk hal hal yang seperti itu “:)

  2. capung2 said,

    kalopun sya punya uang banyak mungkin sya tidak seblo’on itu kali ya..
    >> bang capung tentunya tidak akan melakukan hal itu🙂

    tengah malam udah ngantri, capek, kurang tidur.. hadeuhh.. kasian bnget mo diperbudak oleh sebuah benda !
    >> konsumtif bang,jadi aja dibela belain …😀

  3. emmachan24 said,

    ikh wawwww antriannya,,hehe
    >> emma mau ikutan?😀

  4. MA Vip said,

    orang kita seneng bergerombol karena di sanalah beban batin bisa dilepas,
    >> hi hi..ini kok saya jd menganalogikannya gini : jadi mereka yang bergerombol itu pada tekanan batin ya *noyor kepala saya sendiri😀

    kalo sendirian bawaannya stress
    >> he he..stress jamaah nih **adow maaf ya,otak saya sdg ngawur ini:mrgreen:

    trimakasi sudah singgah ya🙂

    • MA Vip said,

      pikirnya lebih baik berjamaah daripada sendiri
      >>rame rame lebih seru yaaa😀

  5. duniaely said,

    H&M ? ….
    >> ga asinglah buat kakak ely yang stay dijerman dg produk ini ya🙂
    aku nggak suka saja masuk sana WInd,
    >> ooh ga suka yaa..🙂
    produk mereka buatan negara negara berkembang yg dijual di sini dan bahannya ?
    >> hemm ..sebenernya menarik kak,membuat negara yang sedang berkembang untuk memacu produksinya menjadi lebih baik karna ada pangsa pasarnya🙂

    ampunnnnn …. heran aku kalau byk org suka bgt belanja di sana, mendingan beli di tempat yang mahal sedikit tapi kualitasnya bagus dan akan awet deh dipakai🙂
    >> selera orang kak beda beda dlm belanja,bisa jadi mreka menghargai produk produk dari negara negara yang sdg berkembang,dan memperbaiki kualitas bahan dan yang lainnya jadi mreka bisa belajar untuk menjdi baik🙂
    bisa juga seperti yang kakak lakukan beli ditempat yang bagus dengan harga yang cocok jadi awet,karna ada harga ada barang,selera kak🙂

    • duniaely said,

      bukan itu yg kumaksud Wind, kamu salah tangkap arti dalam hal ini, produk dari H&M dibuat dr negara negara berkembang spt Bangladesh, Pakistan, Indonesia juga , pernah aku baca labelnya, dibuat di sana dgn harga murah lalu dijual di Jerman sini, dgn harga standart Jerman, jd untung byk itu yg punya tanpa mikir bgmn yg kerja di negara negara berkembang itu sangat kecil upahnya, kerjanya diforsir dan terakhir itu ada beberapa kali pabrik yg memproduksi ini runtuh krn bangunannya sdh nggak layak, byk buruh yg mati, mungkin cerita spt ini belum sampai di sana ya, di sini sering dibikin laporan khusus, jadi semakin byk yg beli di H&M semakin byk pula org org menderita bekerja terforsir dgn upah mini, itu mnrtku.

      >> hemmm jika begitu sangat disayangkan😦 semacam kerja rodi diera romusha jaman jepun yah kak…

      Jadi mending beli di tempat lain, kalau aku ya, krn byk yg pakai produk H&M ini jadi nggak hrs kaget kalau di jalan ketemu byk org pakai pakaian atau celana, jaket yg sama, pasaran namanya😛
      >> yah tak jauh bedalah dg dijakarta dan kota kota lainnya..dan paling ga enak kalo pake baju ada yang nyamain,kcuali emang sengaja sama ya🙂

  6. Erit07 said,

    Demi kupon rela sampai gitu,ckck….
    >> he he..kheren ya rit,indonesiana😀

  7. prih said,

    Coba Jeng Wiend bisa membelokkan arah antrian sepanjang itu ke ayook menanam pohon harum hutan…. ngayal.com
    >> seandainya,andaikata ya bu,mreka kita minta minta menanam di kebun pasti akan indah bunga bunganya🙂

    Salam
    >>sembah sungkem ibu🙂

  8. luar biasa bisnis mereka tepat sasaran banggget ya wiend🙂
    >> iyah,pandai mreka menangkap pluang di indonesia yang emang dikenal doyan blanja ya pu ..

  9. chris13jkt said,

    Koq ya mau-maunya buang waktu ngantri begitu ya?
    >> entah demi apa ini?gumun saya juga😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: