1 Oktober 2013

~ bahasa Prokem…~

Posted in Indonesiana tagged , , , , pada 10:27 oleh harumhutan

ciyus pucing gwpick;google.com

Bahasa prokem indonesia sepertinya hanya ada diindonesia dan jarang ditemui di negara-negara lain, perkembangan bahasa prokem atau bahasa gaul indonesia ternyata sudah ada sejak era 70an.Uniknya bahasa prokem ini dipopulerkan oleh anak anak muda,tidak hanya pada era 70an,80an,90an tapi era 2000an,kosa kata bahasa indonesia menjadi beragam dan nyeleneh serta aneh tapi populer.

Kita simak era 70an  bahasa prokem ini dikenal dengan bahasa prokem betawi,seperti :

~tidak peduli menjadi “emang gue pikirin…”

~ kamu menjadi “loe >>ditulis lw

~ bapak menjadi “bokap..”

era 80an :

~bokin >> pacar

~ pembokat>> pembantu

~doku>> uang

~mokat>> mati

bahasa itu masih populer hingga sekarang dan masih sering digunakan sebagai percakapan sehari hari. Ternyata perkembangan bahasa gaul tidak berhenti hanya disitu,tetapi justru terus berkembang pesat,terbukti di era 99nan,kita mengenal Debby Sahertian yang mempopulerkan bahasa gaul dan langsung meroket bahkan dibuatkan kamusnya,bahasa gaul ala debby Sahertian ini sering digunakan oleh para [maaf} waria,atau biasanya disebut juga bahasa salon.

masih ingat dengan beberapa bahasa gaul ala jenk debby ini mari mengulang :

~ Akika / Eke = Aku

~Begindang = Begitu

~ apose = apa

~ mawar = mau

~ maharani= mahal

~tinta = tidak

~ endang = enak

Dan saat ini yang sedang ngetrend adalah bahasa alay atao anak layangan,bahasa ini membuatku pusing tak sampai tujuh keliling,kreatif sih tapi jika diperhatikan seperti bahasa anak kecil yang baru belajar,terlebih ketika berkirim sms maka smua huruf ditulisnya membuat kepala berkerut,antara angka dicampur huruf antara huruf kapital dan huruf kecil*hadeeh akika kan jadinya pussyiing cyiin,ciyus dah !

seperti ini beberapa bahasa alayers yang menjadi trend dalam pembicaraan :

~ ciyus = serius

~ miapah = demi apa

~ akooh= aku

~ masya= masa

tentu sajah masih banyak yang lainnya, k1234t1fk4n? **kreatifkan…

ah ya dan ada lagi bahasa intelek dari seorang S3 lulusan amerika,vicky..kalian pasti tak asing lagi,sepertinya bahasa vikynisasi ini sedang mewabah juga,sehingga membuat tatanan bahasa indonesia menjadi tak harmonisasi mungkinkah mempertakut dan mempersuram?sehingga di kudeta? oh em Gi…knapa saya jadi tertular begini *nepok jidat!

Saya harus miris,meskipun salut atas kreatifitas yang dibuat para pelopor bahasa gaul ini,indonesiana sungguh apa saja ada disini🙂 Semoga saya masih dan tetap bisa menggunakan bahasa induk saya bahasa indonesia dengan baik dan benar meski tak menjadi baku

salam indonesiana…

10 Komentar »

  1. capung2 said,

    nyokap ama bokap gw lagi keluar kota cuy, bw boil lagi.. gw takut sendirian, soalnya penjahat sekarang pd bw beceng.. he2X
    >> jali-jali ya mas bro,oleh oleh dong ya,bawa boilkan berat cuy gak salah tuh,jahara bo’ya penjahatnya sekarang serem ..😀

    Sejauh bhs prokem spt cntoh diatas hanya diaktifkan lwt verbal dan digunakan sesekali, sya fikir tidak menjadi masalah karena mmg digunakan dlm situasi yg informal..
    >> ya selama itu hanya dipakai kalangan antar teman no problemo mas bro,malah lebih akrabkan ,bisa juga yang ga tau pada bingung,apalagi dulu nih ada juga yang pake ga,misal :agadaga agapaga..? masih inget?

    bs jadi bhs prokem dgnkn untuk mencairkan suasana pd saat itu..
    >> cucok,enelan beuud tuuh :mrgrgeen:

  2. hehe..menarik..
    >> unik ya indonesiana itu🙂

    fenomena bahasa prokem juga ada di Filipina lho..
    >> aaeeh ternyata tak hanya di indonesia saja,coba kasih tauu doong seperti apa,bahasa prokem disana ?

    CMIIW
    >>BBL ya dengan bahasa prokem filipina🙂 CU
    terimakasi ya sudah singgah dihutan🙂

  3. prih said,

    Untuk generasi jeng Wiend masih mudah belajar dan memahami pesannya,
    >> sedikit bu,tetep pusingmah😀

    lah tuk nini2 tidak mudeng.
    >> hi hi..mudeng ra mudeng yo bu..sama dengan sayah😀
    Untuk sesekali penghangat komunikasi Ok aja.
    >> sepatah dua patah kata ciyus miapah bisa ya bu🙂
    Salam
    >> peaceee..🙂

  4. duniaely said,

    aku nggak ngeh soal vicky ini Wind,
    >> you tube kak biasa,pusingisasi dah😆

    nggak pengen ngeh juga sih hihihi …
    >> ora popo,ojo nesuuu klo ga mau ngeh heheh

    susyeh jg ya kl org suka tiru tiru,
    >> biasa kak indonesiana😀

    mending tiru tiru nanam pohon ya Wind,
    >> yes banyak hutan makin sejuk🙂
    jadi byk hutan *ngomong apa sih?* :mr.green:
    >> hutanisasi kak,jadi segerisasi,ciyus dah😛

    • duniaely said,

      ora nesu Wind, mung males wae, ora ana untunge je nek ngeh soal iku hihihi😛
      >> ora untunge tapi kuepp yooo😀 *peace

      iya Wind, jadi ntar di mana mana jadi harum hutan deh ..
      >> wekekekeke harum hutan euuyyy😀

      andai aku org terkenal setanah air ya, akan kupameri semua org dgn menanam pohon, ntar mereka pasti pd tiru tiru ya *ngayal tingkat tingi*😛
      >> ga perlu menunggu sampe jadi orang terkenal setanah air kak,justru kakak bisa memulai dari skrg maka kakak akan menjadi terkenal karna peduli hutan🙂

      btw, kemarin kemarin aku motret byk pohon pohon gede di rumah mamaku Wind😛
      >> mantaaab…share lah kak🙂

      • duniaely said,

        keuppoo yo ora Wind hihihi😀
        >> yo wes ora opo opo nak ono…:D

        wadeww …. di sini khan beda sama di sana Wind ?😛
        >> justru beda kak,maka buatlah dimulai dari sana🙂

        iya nih, yg pagar ayu aja belum dishare ..
        >> ha..ha.dijadwal aja kak
        bingung aku *nggaya rek*:mrgreen:
        >> kebanyakan isi ya,hasyeeek😀

      • duniaely said,

        kalau di sini nggak usah dicontohin orgnya sdh pada hobi tanam tanam sepanjang tahun deh, malah sptnya pada berlomba lomba hihihi …. krn beda budaya itu yg sulit WInd, kalau di sini menanam pohon itu trend dan dianggap sangat keren,

        >> lain lubuk lain kinjungnya yah kak😛

        di tanah air sana yg dianggap keren itu Salah satunya kalau bisa serign hang out di mall, jd susah khan ?:P
        >> ha ha..indonesiana kak😀

  5. monda said,

    ha..ha.. sesekali kangen juga dengar omongan2 okem jaman dulu..
    >> masih suka pake bahasa prokem bu kalo ktemu sahabat lama😀

  6. chris13jkt said,

    Kreatifitas anak muda dalam menciptakan bahasa gaul memang patut diacungi jempol,
    >> betul mas,kreativitasnya patut diacungi juga membuat bahasa makin berwarna meski harus miris juga bahasa indonesia jadi abrak mawur😀

    dan masing-masing daerah punya keunikannya sendiri-sendiri.
    >> iyah daerah juga punya bahasa prokem/bahasa gaul sendiri🙂

  7. Sebenarnya memang orang intelektual yang mampu menciptakan bahasa gaul seperti itu….
    >> kreatif ya bisa membuatkata kata ajaib itu yang kahirnya populer,benar cerdas😀

    eh, btw itu lho…ada postingan yang gak bisa di komen, takut di cie cie in ya😛
    >> iyaaah hahaha jadi diclose aja😆


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: