24 September 2013

~ fire…~

Posted in harumhutan tagged , , , pada 11:39 oleh harumhutan

Ada yang pernah membuat api tanpa menggunakan minyak tanah atau spirtus? Jika belum,maka aku pernah membuat api tanpa menggunakan bahan bakar sedikitpun.Materi membuat api dialam yang pernah diajarkan dulu terpakai juga. Ceritanya saat teman teman main kerumah dan bermalam ingin membuat jagung bakar,setelah membeli arang,dan malam menjelang tibalah membuat jagung bakar.

Saat arang sudah tertata rapi,dan pemanggang siap,ternyata dirumah tak ada minyak tanah dan juga spirtus,seperti pepatah tak ada rotan akarpun jadi,tak ada korek karna dirumah tak ada yang merokok,tak ada minyak tanah karna dirumah memakai gas,putar otak,ambil lilin nyalakan kompor gas **cliing jadilah lilin pengganti korek.Lalu tissu dan koran serta serpihan lilin untuk membuat api,kipas satepun dipakai untuk mengipasi arang agar api tercipta.

berhasil api mulai menyala pelan perlahan dan semakin membesar,tangan cemong dan kawan mulai bersorak,tak menyangka jika tanpa bahan bakar api dapat tercipta, saat bara mulai memanas jagungpun terpanggang,hasilnya..taraaa..ada yang gosong πŸ˜€

Dari foto membuat api tersebut aku paling suka dengan api yang membesar dan bara yang berwarna ungu,menarik,tadinya aku ingin mengikut sertakan foto tersebut untuk competisi di canon,tapi akunya ga pe-de euy ..!

Iklan

18 Komentar »

  1. Aura Ide said,

    Bagi dong jagung bakarnya!
    >> he he..udah abis kan itu minggu lalu πŸ˜€

    kasih mentega pasti maknyuss!
    >> itu udah dioles mentega πŸ˜€

  2. chris13jkt said,

    Koq baranya bisa ungu gitu sih?
    >> nah itu saya juga ga tau mas,apa efek kamera ya? *lah malah nanya balik πŸ˜€

    *terkagum-kagum*
    >> terimakasi kagum sama sudah unyu unyu πŸ˜€

  3. latansaide said,

    api yang di pojok kanan kok besar sekali…
    >> iyah itu dari tumpukan koran dan tissue untuk membuat baranya,jadi besar sehingga bara cepet jadi πŸ˜€

  4. purnomo said,

    Di coba aja sob…di ikutin lomba fotonya
    >> udah usai lombanya πŸ˜€

    …iseng2…dapet hadiah kan lumayan..hehe
    >> iyah sih tapi akunya ga pe-de jeh kameranya yang biasa soalnya πŸ˜€

    Salam πŸ™‚
    >> salam kembali πŸ™‚

    trimkasi sudah singgah dihutan ya:)

  5. duniaely said,

    wah .. keren nih cara mbakarnya ,
    >> ha ha…bakar biasa dimana kherennya kak πŸ˜€

    aku dah lama ndak makan jagung dari kebun sendiri nih,
    >> nanamlah kak dikebun bisa kan? πŸ˜€

    krn biasanya jagungnya sdh manis,
    >> iyah itu jagung manis tapi beli πŸ˜€

    dimakan mentah krn nggak kuat buat memakannya πŸ˜›
    >> dimakan mentah? ga kuat makan? iki piye maksudnya ra mudeng jeh πŸ™„

    itu jagung diolesi sambal pasti enak ya Wind ? πŸ˜›
    >> saos kak itu…

    komen yg di atas mohon dihapus ya, krn alamatnya msh pakai blog lama, makaciiih πŸ˜›
    >> sudah kak,aku kira kakak komen 2 x πŸ˜€

    • duniaely said,

      ya krn bikin api buat mbakar jagungnya tanpa minyak tanah atau spritus
      >> ooh..hehehehe..ini ala flinstone jaman dulu tanpa bahan bakar bikinnya πŸ˜€

      bisa Dong aku pernah nanam di halaman bisa dilihat di sini jagungnya http://duniaely.com/2013/01/08/nggak-seumur-jagung/
      >> wow..ini baru kheren..two thumb buat kakak πŸ™‚

      maksudnya nggak kuat nahan nafsu buat langsung makan jagungnya mentah krn manis bgt πŸ˜› jagungnya jenis yg manis Wind, lembut lagi bijinya langsung dikremus deh πŸ˜€
      >> waduuuh suka yah jagung mentah? rasanya gimana.. πŸ˜€

      saos juga enak apalagi yg pedes
      >> iyah saos sambal kak

      iya, aku pertama komen langsung lewat Reader ternyata yg muncul alamat blog lama, jd hrs ke blogmu dulu buat komen πŸ˜›
      >> ooh gitu ya,emang harus ke hutan langsung kak πŸ˜›

  6. Salam kenal wahai penjual jagung. πŸ™‚
    >> haiii…salam kembali,mau beli πŸ˜€
    Bagi doooong. πŸ˜†
    >> mari sini,mau rasa apa πŸ˜›

    trimakasi sudah singgah di hutan ya πŸ™‚

  7. kenapa bakarnya tidak sekalian di kompor gas saja,
    >> ooh beda rasa,bau gas,ga bau arang πŸ˜€

    dijamin cepat matangnya πŸ™‚
    >> iyah tapi kurang gimana gituh,ga ada sensainya πŸ˜€

  8. duniaely said,

    Good Morning …
    >> good afternoon kakak πŸ˜€
    have a pretty day Wind πŸ˜›
    >> danke u,and hope you too πŸ™‚

    • duniaely said,

      Danke schoen ..
      >> yw kak πŸ˜€

      mau sepedaan pagi nih, keliling desa 10 km,
      >> have fun for bikenya kak πŸ™‚

      semoga ketemu gerombolan rusa yang lagi merumput di pingir hutan seperti pagi pagi kemarin,
      >> wow..pasti menyenangkan itu bertemu rusa rusa …hemm….

      ngintip mereka lewat keker Wind hihihi]
      >> iiyyhh..suka ngintip yaaa .. πŸ˜›

      mau ikut ? πŸ˜›
      >> mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu… πŸ˜€

      • duniaely said,

        di Bogor di istana itu khan ada rusa rusa juga ya Wind ?
        >> ada kak banyak,bahkan bisa kasih makan juga diluar pagar.. πŸ™‚

        aku pernah lihat di you tube πŸ˜› ,
        >> youtube segala ada yaa πŸ˜€

        kl di sini msh liar rusanya jd harus diintip lewat keker mereka krn sgt pemalu πŸ˜€
        >> ga nyerudukkan rusa itu? seliar liarnya rusa,kasih wortel kak suka ga dia πŸ˜€

      • duniaely said,

        mereka sgt pemalu Wind, jd lihat dlm jarak 1 km saja sdh lari, makanya suka mandeg jegreg kami pura pura jadi patung hihihi, seringnya aku sama suami kl bersepeda pakai jaket yg gelap topi gelap, jadi ya nggak pernah nyeruduk.
        >>wah penyamran yang sempurna ya kak,serba hitam macam ditektif gitu πŸ˜€ bahkan rusapun tak mengenalinya hihi

        aku pernah pagi pagi bersepeda terus parkir di pinggir hutan, ngumpet, mereka tak tahu terus merumput dekat bgt di depanku, jadi yo tak potret terus hihihi
        >> paparaziii rusaaaa hahahha….

        kalau wortel bisa mereka makan ya , ada juga di kampungku ladnag wortel πŸ˜› tapi mereka paling suka biji bijian yg jatuh dr pohon oak πŸ™‚
        >> kaya tupai ya suka makan biji bijian… πŸ˜€

      • duniaely said,

        hhihi .. emang aku ini Paparazzi kewan :mrgreen:
        >> wahai para hewan bersiaplah dan waspadalah ada yang tengah mengintai kalian πŸ˜›

  9. capung2 said,

    kalo ngipas jagungnya udah mulai cape, sebaiknya manfaatkan tekhnologi yaitu berupa kipas angin kecil..
    >>heheh jagungnya dikit jadi santai kalo banyak baru kluarin kipas pake kabel roll πŸ˜€

    lumayan kan, smbil menunggu matang jagung bs share jagungnya lewat medsos..
    >>hahaha..enggak ah,nanti pada pengen πŸ˜›
    kapan2 mampir minta jagungnya yaa.. he2X
    >>iyaahh tapi harus bilang dulu,kan harus beli jagungnya dulu πŸ˜€

  10. prih said,

    Api indah dari kreativitas Jeng Wiend bersama lilin plus kompos gas
    >> he he he..matursembah nuwun bu..apinya mendukung pas mau difoto πŸ˜€

    Foto2 apinya cantik Jeng,
    >> hi..hi..tau aja yah apinya kalo mau di foto

    serasa nonton fire dance berbonus jagung bakar.
    >> hemmm..belda itu yang jago fire dance,jagung bakar gosong πŸ˜€

    Salam hangat
    >> salam damai πŸ™‚

  11. kreatif juga.
    >> he he..iseng aja πŸ˜€

    trimakasi sudah singgah di hutan ya πŸ™‚

  12. awas mbak jangan keseringan main api yah hehe..
    >> he he..aku tiap hari maen api kalo masak πŸ˜€

    trimakasi sudah singgah dihutan ya πŸ™‚

    • hehe.. iya sih tapi jangan dijadiin maenan haha
      >> he he… kebakar nanti ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: