19 September 2013

~ sabar itu…~

Posted in harumhutan tagged , , , pada 09:05 oleh harumhutan

sampai dimana sih batas kesabaran itu? tak berbatas dan seluas samudera itu lah kesabaran yang sebenarnya,jawab ibu ku bijak,sebab jika sabar ada batasnya maka segala sesuatunya akan terhenti seketika lanjutnya.Atau ketika aku membaca statusisasi seorang teman ” sabar sih sabar tapi kalau begini terus ga kuaatt..!! emo menangis meraung raung. Hal ini membuatku berfikir kembali..

Sabar,satu kata yang sangat sederhana tapi mendalam arti dan maknanya,tak mudah katanya menjalankannya tapi tak juga sulit jika keikhlasan bersamanya.Sering kali manusia berkata yang sabar ya ..? sing sabar yaa? sabar aja semua juga ada waktunya.. Tapi tetap saja mengeluh, lalu sabarnya dimana?Tengoklah tumbuhan,tengoklah rerumputan,lihatlah pepohonan apakah mereka pernah mengeluh? Tidak mereka tetap berdiri tegar,dan berjalan sesuai fasenya.

swedish forest

pick: sweden forest

Mari kita belajar sabar dari para tumbuhan dari pepohonan,yang tak pernah mengeluh ketika hujan deras menimpanya, yang tak pernah marah ketika panas menyengatnya,yang tak pernah komplain ketika angin kencang menggugurkan dedaunnya.Pohon dan tumbuhan lain tetap saja tumbuh dan berdiri tegar dengan segala musim yang menerpanya,ketika satu persatu daun yang menutupinya jatuh,reras..ia tak menolaknya,ketika akar dan rantingnya mulai koyak ia tetap bertahan,tak pernah protes pada Tuhan sang penciptanya.Semua diterimanya dengan kesabaran yang luas.Dinginnya malam,panasnya siang,kencangnya angin,derasnya hujan, tak sedikitpun mereka para tumbuhan dan pepohonan marah.Lalu sampai dimana batas kesabaran tumbuhan? ketika mereka mati,ketika mereka ditebang disitulah batas pengabdiannya pada dunia.Selese sudah tugas mereka hidup dimuka bumi.

Ternyata sayapun harus banyak belajar sabar dari pepohanan dan tumbuhan,merekalah guru alam yang hebat untuk ilmu sabar.Terimakasi hutanku yang sudah memberi arti sabar itu.Selamat menempa ilmu sabar kengkawan🙂

23 Komentar »

  1. Penari Hujan said,

    sabar dan ikhlas.
    >> ya sabar dan ikhlas,pasangan yang tak terpisahkan
    dua kata yang tak berbatas…🙂
    >> seperti samudera yang luas yaa..

    hei kamuuuu penari hujan,terimakasi sudah singgah dihutan yaaa🙂

    • Penari Hujan said,

      iya… kembali kasih.
      >> eh..? ada penari hujan lagiiiii…*hujanlah membasahi hutan🙂

      alhadmulillah saya tersesat di hutan ini🙂
      >> he he..tenang tidak akan nyasar tersesat disini peri hutan akan membantumu😀

      hutan yang manis.
      >> semanis hujan jika merintik membasah..

  2. duniaely said,

    sabar ada batasnya Wind, kalau nggak kuat ya harus diungkapkan, kalau enggak ya ntar kita Yang kelimpungan, namanya juga manusia, mnrtku sih, nggak tahu kalau versi yg lain beda.
    >>sah sah aja versi sabarnya,mau yang berbatas monggo yang tak berbatas monggo yang enak aja buat yang menjalankan🙂

    memang byk yg bisa dipelajari dr alam dan seisinya ya.
    >> karna alam adalah guru yang paling luas🙂

    btw, wiken lalu suamiku motong pagar cemara pembatas di halaman belakang,
    >> aah cemaraaaaaaa..kakak punya cemaraaaaa…

    harum dan wangi deh,
    >> pastinya dong harum dan wangi cemara itu seperti aroma harumhutan ini😀

    aku jadi inget kamu Saat itu Wind😛
    >> ha..ha..harus ingat sayah kalo ke cemara😛
    cemuuunguuud😉
    >> eaaaa tatak…😆

    • duniaely said,

      aku bukan tipe Yang sabarnya seluas samudera Wind,
      >> proses kak,akan sampai kesana..:)
      belum mampu untuk itu,
      >> pasti mampu nantinya..insya allah😉
      jadi kalau sudah mendekat batasnya ya kuungkapkan, daripada meledak apalagi dipendam bisa makan hati aku hihihi😛
      >> kalo ini lain soal kak,kalo masalah yang harus dislesaikan ya lebih baik diomongkan langsung,itu lebih baik,kan sabar itu luas artinya🙂

      iya, ada puluhan deh pohon cemaranya, kali ada 35 pohon kurang lebih WInd,
      >> wow…..aku itu cemaraaaaa😀

      sekarang mereka merata bentuknya seperti pagar karena dipotong teratur sama suamiku, jenisnya 3 ada yg warnanya hijau, ada yg biru,
      >>wiiiww..khereeen warnanya..biru..cantik pasti

      org sini biasa bikin pagar pembatas rumah dengan cemara , jadi pagar hidup bgt, sering dijadiin tempat burung burung bertelur , sama landak liar tidur pas winter😀
      >> ya kak,bagus pagar hidup gitu,lebih asri,jadi pengen liat🙂 waah burung burung itu pasti betah ya bersarang di cemara juga landak..senangnya🙂

      danke u sudah ingat aku kalo liat cemara juga angin🙂

      • duniaely said,

        hihihi … ya karena samar samar penggambaran sabarnya aku cuman mengungkapkan versiku,
        >> sabar disini global kak,menyeluruh,stiap orang punya versinya sendiri tentang apa itu sabar,and i’m respect it😉
        karena terkadang yg bikin nggak sabar itu nggak tahu kalau telah membuat yg lain mepet ke batasnya hihihi kok jadi mbingungi gini ya bicara soal mas sabar😛
        >> he he..aku paham yang kakak maksud kok..😀

        nanti tak potret deh Wind Insya Allah,
        >> asyiiiiikkk cemara di potret🙂

        sdh lama aku pengen cerita ttg pagar hidup ini,
        >> nah sekaranglah saatnya cerita itu dimulai kak🙂

        wuiii … harum deh wanginya🙂
        >> seharum harumhutan **kedipkedip

        aku barusan motret puluhan kali Wind di kebon, byk sekali kupu kupu, kumbang dan tawon,
        >> wow..jadi pengen liat hasilnya🙂

        aku sampai klepek klepek deh krn mereka nyuekin aku jadi byk sekali Foto yg kudapat,
        >> hahaha ..kasian dicuexin tapi biasalah lagi jual mahal tuh para hewwan😀

        belum di depan rumah ada laba laba pada nyaplok lalat dan ada juga yg tarung,
        >> jangan dipisahin kak biar aja,siapa yang akan jadi pemenangnya😀

        wuiii … msh berlangsung nih Wind, entah yg menang siapa, yg pasti bakalan digulung deh yg kalah hihihi kayak mummie:mrgreen:
        >> nah sekarang siapa yang menang kak? laba laba yaaa? horeeeee..😀

  3. emma said,

    kalo ada batasnya itu bukan sabar lagi namanya yah kak wiend ,,hehe
    >>iyah namanya bu_baaaarr..😀

  4. Sabar adalah sebuah keputusan dan sabar bukanlah berarti menyerah dalam kelemahan.
    >> nah ini tepat sangat itu yang aku maksud mas dj,sabara dalah tidak menyerah dan bukan berarti lemah🙂
    berguru pada pohon yang tidak pernah mengeluh.
    >> ya kita smua harus berguru apda tumbuhan,pepohanan yang tak pernah mengeluh🙂

    terimakasih.
    >>terimakasi sama sama mas dj🙂

  5. marsudiyanto said,

    Saya sudah habis kesabaran untuk menyelidiki saya ini termasuk yang sabar atau tidak
    >>termasuk sabar pak,lah buktinya terus menyelidiki hingga ketemu😀

  6. prih said,

    Terimakasih peri hutan nan harum berbagi ngelmu sabar dari pepohonan …
    >> terimakasi sama sama ibu prih kebunku🙂

    Saya termasuk murid alam yang kurang sabaran padahal bertetangga dengan mbah Sabar ….
    >>semuanya proses bu,sesama murid alam kita smua masih belajar sabar alon alon,pun dengan mbah sabar🙂

    Salam rimba
    >>salam lestari🙂

  7. Ara said,

    Sabar itu bisa jadi mengeluh, tapi tidak berhenti berjuang sampai garis finish.
    >> hei araaaaaaaaa…finally you here,kangen igh..!🙂 iyah betul itu ra,mengeluh tapi harus tetep fight!

    Ah ngomongin sabar jadi malu, diri sendiri belum sabar betul ngehadapi hidup ini. Heheheh
    >> sama araa,kita smua itu masih belajar dan berproses ke arah sana,insya allah pasti bisa😉

    Apa kabar mbak wieeeen
    >> alhamdulilah sehat araa,terimakasi yaaa..🙂 ** glad to hearing you again🙂

    aaaaaaaa lama banget nggak ngobrol!
    >> iyah udah berabad abad ya ra,dari ara masih kecil sampe sekarang uda gede😀

    Aku baik,
    >> alhamdulilah sehat terus yaa ra smoga..:)

    sekarang masih kuliah di UI (harusnya udah lulus tapi ngaret).
    >>kheren iyh..skrg pake jaket kuning,ha ha ga apa apa nikmatin dl jadi mahasiwanya dan jaket kuningnya ya,sukses buat ara🙂

    Mbak gimana?
    >> aku masih sama ara😀

    Sibuk apa? heheheh
    >> masih sibuk dg kerjaan yang lama,belum kluar kluar juga hiks…

    araaaaa… terimakasi yaa udah maen ke hutan lagi🙂

    • Ara said,

      Haha dibalesnya jadi panjang amat.
      >> biar puwas dan jelas ara😛

      Sama2, makin harum hutannya😀
      >> karna ada ara😀

      Mbak wieend main dooong ketemu langsung!
      >> dikampus ui? nanti aku dikira mamah kamu ara😀

  8. Sabar memang tak terbatas tp manusia kan emang gak sabaran🙂
    >> he ..he namanya juga manusia ya manusiawilah ga sabaran😀

    terimakasi sudah singgah di hutan ya🙂

  9. hlga said,

    agree bisa diambil pelajaran dari pepohonan dan tumbuhan itu mengenai kesabaran yang memang gak ada batasnya..
    >>salaman😀

    keep kalem & keep sabar aja
    >> yes indeed keep it all yah helga🙂

    orang sabar gajinya besar hehehehe
    >> aamiiiin ya rabb..

  10. latansaide said,

    yang sabar ya…
    >> eeeaaaaa..:mrgreen:

    trimakasi ya sudah singgah dihutan🙂

  11. chris13jkt said,

    Selama masih bisa sabar, marilah kita bersabar 🙂
    >>yiukss mareeee😀

  12. Nice! I actually enjoyed this. Thanks for sharing it on
    web😀

  13. I have been looking at a lot of your other stuff.
    >> hei,thanks for visiting this blog🙂

    I must say that this is definitely my fav.
    >> oh,realy? thanks so much again,how can i call you? clemen?

  14. I enjoyed this a lot. I will probably even bookmark this for later.
    Thanks a lot.

  15. Wow. I actually enjoyed this content. Thanks for sharing it
    on web😀

  16. I enjoyed your content that you made.🙂

  17. 3d printer said,

    Hello! I understand this is kind of off-topic however I needed to
    ask. Does running a well-established website like yours require
    a massive amount work? I am completely new to
    blogging but I do write in my journal daily. I’d like to start a blog so I will be
    able to share my own experience and views online. Please let me know if you have any kind of
    recommendations or tips for brand new aspiring blog owners.
    Thankyou!

  18. Thanks for this wonderful content. I really enjoyed it lots.
    What you have done is actually pretty inspirational.
    |
    This is really great content. I would like to use your style to better my own content on my blog.

  19. […] smuanya butuh proses tak sekilat rasa sambal.Menikmati setiap fasenya adalah dibutuhkan kesabaran, akan terjalin manis pada akhirnya tentang apapun dalam kehidupan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: