16 September 2013

~ paS_ik kJi..~

Posted in street hunting tagged , , pada 11:39 oleh harumhutan

setiap melintasi jalan kramat jati saat sore menjelang selalu saja terkena macet,sudah sejak dahulu dan tidak ada pembenahan apapun dari berbagai pihak,apa pasal? Ini dikarenakan setiap sorenya para pedagang ikan mulai membuka lapak dagangannya persis disepanjang jalan kramat jati tepatnya sebelum Lippo Plaza sampai Ramayana, Disitu berjejer los ikan dan juga kerang.

Sore lalu saya mencoba melintas kembali dan mampir,sebenernya sudah lama ingin membidik kios ikan ini,penasaran aja. Kebanyakan dari pedagang adalah asli madura,suami istri,anak menantu,ada juga loh pedagang wanitanya yang cantik.aku ga terlalu kuat untuk berada lama lama di pas_ik kji ini [ pasar ikan Kramat Jati] dikarenakan bau amis yang menyengat yang membuat saya mual. Salutnya para pedagang itu bisa dengan santainya sambil makan *hyiaalah kan sudah terbiasa🙂

Harus pandai- pandai memilih ikan disini,karena ada juga yang sudah ikan kemarin karena dikasih es jadi seperti terlihat segar.Para pedangang ini mulai berjualan dari jam 16.00 sampai dini hari.Pembeli bisa memilih sendiri,harus hati hati karena sampingnya angkot dan mobil serta motor yang berseliweran lewat sehingga tidak nyaman.Jika sahabat hutaners pernah melintasi pasar ikan kramat jati ini selamat bersabar ya,karena kemacetan yang ada,tapi melintaslah pandang pada hamparan ikan yang segar🙂

Pantaslah indonesia dijuluki maritim karna luasnya laut dan banyaknya ikan yang dihasilkan,meski diambil setiap hari ikan ikan tersebut tetap ada dan ada..** Trimakasi Tuhan…

19 Komentar »

  1. LJ said,

    beruntunglah yang tinggal dekat pantai, wiend..
    >> mau ikan apa aja ada ya dan masih segar itu yang penting bun..
    ketersediaan jenis ikan beraneka ragam dan segar..
    >> nah kan apa kubilang tadi,benar bun..segar dan aneka yang mreka mau🙂
    klo di bukik, jenis ikan lautnya itu2 saja..
    >> hanya 1 ikan? ikan bilih..?
    dan ikan laut segar gak tersedia setiap hari.. plg hanya di hari pekan.
    >> oo..aku baru tau bun jika dibukik membeli ikan segar tak bisa setiap hari..

  2. Indonesiaku keren dan kaya kan ?
    >> ya Indonesia itu kherend engan segala aneka ragamnya dan kaya dengan hasil lautnya dan hutannya:)
    Yang bilang negara kita miskin itu umumnya penjabat penjabat kita.
    >> untuk membuat negara lain jadi kasian gitu? fufufu….

    Biar mereka aman menikmati kekayaannya.
    >> nyatanya memang begitu adanya..😦
    Rakyat kecil disuruh gigit jari karena haknya terampas olehnya.
    >>tertindas seperti semut akibat ulah para pemimpinnya..

  3. Zizy Damanik said,

    Iya ya. Meski diambil terus, taaaak habis-habis ikan itu.
    >> iyah zee,iakn itu tetep ada menski diambil setiap hari alangkah kayanya laut kita inikan..🙂

  4. capung2 said,

    whuaaa.. pasar kji, ini mah lokasi yg super menuntut kesabaran dr para supir krn terkenal biangnya kemacetan..
    >> bukan cuma para supir uda,para penumpangnya pun harus bar sabarrrr banget,saya pernah kejebak macet disini🙂

    assoy khan klo pas macet, berhentinya pas disisi lapak tukang ikan, nikmatilah aroma hewan laut yg tiada duanya.. he2X
    >> he he..aromanya bikin mual,sekalipun sudah memakai masker harus saya tambah dengan minyak kayu putih😀

    mb Wi3nd, sya sering melalui jln ini, thu gag klo malam sekitar jam 9an hingga tengah malam, banyak orang yang menjual kue-kue sepanjang kji ini, psti udah tahu ya..
    >> tukang kue yang cucur itu?

    klo penasaran, coba buktikan deh..
    >> aduh malam malam jam 9 yah kluar ke kji? ga janji deh da😀

    • capung2 said,

      iyaa… penumpangnya jga hrs sabar (banget) ya..
      >> yapz,meski sudah pegel duduk belum sampai juga..

      biasanya mmg asesoris obat anti mual para wanita gag jauh sma yg namanya minyak kayu putih.. he2X
      >> itu paling manjur buat menghilangkan bau amis da,klo parfum malah mual😛

      kuenya rupa2 mb Wi3nd, ada cucur, kue talam, kue pepe, kue putu ayu, rupa2 deh..
      >> ooh..aku tau,para perempuan berjejer sepanjang jalan itu kan?tapi aku ga pernah beli :D</strong>
      maksudnya belinya sma pendampingnya dong.. alias arjunanya… cuwit2.. he2X
      >> aduh tetep enggak deh,malam malam bau amis beli kue oh tidak..:D

  5. emmachan24 said,

    kalau lewat pasar ikan aku ga kuat baunya,,anyiirrr
    >> he he..sama emma amiiis euuy ga kuat
    tapi kalau soal makannya aku paling sukaa,,
    >> wah senangnya yang suak ikan🙂
    apalagi kalau ikan mas yang kecil2 digoreng garing😛
    >>gurih yaa?aku suka beli ikan mas/gurame kecil kecil kriuks yaa klo digoreng garing😀

  6. Kalau beli ikan aku biasa lihat insang sama matanya.
    >> iyah benar jika masih segar dan merah serta mata jernih berarti ikannya masih segar😀
    Tanda-tanda kesegaran ada didua tempat iru ^^
    >> betoolll,tapi kadang ga kuat amiisnya sayah😦

  7. Fauzi said,

    Di Makassar sini,
    >> eh?orang makasar falz teh? apa kareba makasaaarrrr😀

    ada juga yang namanya Paotere.
    >> tak heran ya karna makasarkan emang terkenal ikannya,paotere samakah dengan pasar ikan kji..
    Itu juga pasar ikan.🙂
    >> heemm..ikan segar khas makasar..:)

    • Fauzi said,

      Oh, belum ya tahu saya lokasinya di Makassar. -_-
      >> falz ini maksudnya apa?belum tau lokasinya di makasar yang pasar ikannya?atao aku blm tau falz lokasi dimakasar? bingung ama bahasa falz🙄

      • Fauzi said,

        Maaf, saya khawatir itu typo…
        >> yes,i guess it typo, nope falz😀
        Yang saya maksudkan: Oh, belum tahu ya saya lokasinya di Makassar.
        >> iyah aku ga tau klo falz dimakasar,kirain dijakarta😳
        well apa kareba makasaaarr?? suka ikan apa falz biar ga bingung dan malas😀

      • Fauzi said,

        Tidak usah pakai ‘aga kareba’ seperti itu, tepatnya anggap saja saya tidak mengerti.
        >> ha ..ha..baiklah falz,sory bout it
        Kupikir, kalau di Jakarta seringnya menggunakan kata ‘aku’ sebagai kata ganti orang pertama.
        >> emm..tidak selalu,kadang saya,gue ato mungkin nama..
        Saya jarang sekali menggunakan kata itu, jadi kupikir itu sebenarnya cukup jelas kalau domisili saya bukan di sana.😀
        >> berarti akulah yang tidak peka ya😀

        Soal ikan, sebetulnya ikan mana saja enak.
        >>senangnya yang suka dengan ikan jenis apa saja..:)

        Pesan ikan gorengnya, ya satu.
        >> siaaap grak,1 kilo kan maksudnya?apa 1 truk😛

      • Fauzi said,

        Atau mungkin penilaian kata ‘aku’ itu hanya pendapat pribadiku saja. Haha…
        >> dunno falz,sebab jarang juga sih yah yang pake aku😀

  8. duniaely said,

    sepertinya nggak ada lalat satupun ya yg menclok di ikan ikan itu ?😛
    >> duh aku ga perhatiin kak,klo ga ada lalat bisa dipastikan ikan itu berformalin dan tak segar😦

  9. duniaely said,

    iya Wind, itu juga yg kupikir Saat lihat Foto di atas,
    >> betul kak,tak satupun lalat yang menempel itu..*baru ngeh
    ikannya banyak gede gede tapi kok nggak ada lalat satupun ya ?
    >> iyah padahal diruang terbuka lebar biasanya lalat ngambreng bertebaran dengan aroma amis..
    jadi kutanya kamu deh, kali kali ada pas kamu di sana, karena biasanya di udara terbuka seperti itu terus ikannya dijejer jejer terbuka setidaknya ada lalat yg merubungnya ?
    >> tak ada kak,saat aku disanapun tak tampak lalat bertebangan dan merubung salah satu ato beberapa ikan

    aku pernah baca postingan ttg tanda tanda ikan yg berformalin yg katanya sekarang byk di sana ya
    >> yah,nakalnya para pedagang agar ika kliatan segar dengan formalin,pantas saja ikannya keras..hemm tak laik sangat😦

  10. duniaely said,

    wadewwwwww … jadi memang betul ya ikannya berformalin,
    >> saya tidak mengatakan demikian kak,tapi jika dilihat begitulah *halah kok ribet bahasanya😀
    sayang sekali ya Wind, kasihan yg beli ikan di sana, memang ikanny aterlihat bersih, montok menggoda, karena nggak ada lalatnya,
    >> menyedihkan kak,memang harus teliti untuk membeli ikan segar itu..

    kasihan masyarakat yg belum tahu ciri ciri ikan berformalin
    >> bisa jadi mereka tahu tapi tidak memperdulikannya karena butuh kak..
    di kampungku sana ya, pedagang ikan itu biasanya dikerubuti lalat, tapi nggak tahu ya skrg, apa nggak ada lalat lagi spt di atas,
    >> nanti coba diliat yah kak,saat pulkam, aku jadi penasaran..kapan2 balik lagi dah kali ini mencari lalat di pasar ikan😆

    duh .. jaid pengen ke pasar tradisional dan motret😛
    >> ayo kak potretlah…:D

  11. Kalau saya untuk membeli ikan di pasar Keramat jati biasanya saya memilih dini hari,
    >> eh?suka ke kji juga beli ikannya?😀
    sambil menunggu para pedagang yang baru menurunkn barang dagangannya dari mobil yang habis belanja dari pasar ikan muara baru.
    >> nah ajdi makin jelas,bahwa ikan yang dijual sore hari kebanyakan ikan kemarin yang sudah tak segar lagi tapi esan..

    Ya,,,,, paling tidak ada banyak kemungkinan untuk mendapat ikan yang masih agak segar.
    >> lebih besar ya peluangnya untuk ikan segar..
    Salam wisata
    >> salam rimba🙂

    trimakasi sudah singgah dihutan ya🙂

  12. prih said,

    Wow ikannya mengin-mengini ….
    >> gendut-gendut seperti seger ya bu..*padahal formalinan dan esan😦

    Kami tinggal di dekat rawa sehingga banyak ikan rawa
    >> waaaah ikan rawaa,ikan air tawar itu lebih enak,dulu suka mancing dirawa saya,atau menjaring dengan bubu😀

    namun juga tak terlalu jauh dari laut pantura sehingga pasokan cukup
    >> wah lengkap tenan ibu pri ini,enaknyoooo ikan sagala ado😀

    Terima kasih Jeng dari diskusi antar komen belajar tips memilih ikan segar.
    >> terimakasi sama sama ibu,harus pandai pandai memilih untuk mendptkan ikan yang benar benar segar🙂
    Salam
    >>salam🙂

  13. herdianto said,

    saya sukanya ikan ayam sih hehe
    >> borongan inmah ikan sama ayamnya juga😛

  14. chris13jkt said,

    Kalau dekat penjual ikan mentah gitu merasa mual,
    >> amis jeh mas ga kuat sayah dengan aroma ikannya itu😀

    tapi kalau dekat penjual ikan goreng gak mual kan Mbak? 😛
    >> haha..maksudnya deket sama penjual ikan gorengnya? sama aja kan baunya ikan juga,ga sukaaa😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: