21 Agustus 2013

~ beRagaM baKso..~

Posted in kuliner tagged , , pada 15:00 oleh harumhutan

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? tak hanya dewasa,anak-anak,orang tua,laki-laki dan perempuan smuanya pasti menyukai makanan ini,bisa jadi pelepas lapar atau sekedar ingin memakannya,jika diperhatikan hanya ada diIndonesia ya makanan jenis ini? mulai dari yang pakai gerobak dorong,dipikul,mangkal hingga dibuat besar semacam resto,well bakso memang bisa disantap dalam segala suasana,bahkan melisa si penyanyi yang dulu cilikpun mempopulerkan lagu abang tukang bakso yang 200 perak,*sekarang udah ga dapet mel,uda 10ribu semangkok😀

Maka street hunting kali ini adalah bakso,ternyata bakso itu ada macamnya, mulai dari bakso telor,bakso rusuk,bakso tenis,dan masih banyak yang lainnya,aku mencoba menjepret sebagian jenis bakso yang saya makan,cekedooot:

bakso telor1

pick:baso telor deket kantor,jakarta

bakso telor,terdiri dari tetelan [ daging sandung lamur,bakso kecil dan bakso telor yaitu telur dilapisi daging] ini favorite aku.

bakso urat

pick: baso urat boboho, bogor

bakso urat,terdiri dari daging saja tanpa isian.

bakso tenis

pick: ambil dari google*ga doyan soalnya:D

bakso tenis sama dengan bakso urat terbuat dari bahan dasar daging,hanya saja bentuknya besar seperti bola tenis,yang ini saya ga suka,serem liatnya apalagi makannya,gede banget…

bakso rusuk

pick: baso rusuk,jln.raya bogor

Lalu ada bakso rusuk,ish bukaan bukan rusuk kamu,rusuk kamumah ga bisa dimakan,tapi dipasin aja dengan rusuk akuu *halaah ga penting !!,bakso rusuk itu terbuat dari rusuk sapi,iga sapi lah bahasa kherennya,biasa dibuat sop nah ini dibuat bakso,kuahnya aja yang beda dengan sop,memakannya sendoknya dan garpunya harus kuat,kejadiannya soalnya karna rusuknya kurang empuk jadi pas mau dimakan susah banget di irisnya jadi garpunya bengkok dan rusuknya mental😳

PAN- BAKSO GEPENG 006

pick: nyomot lagi di google* ga suka juga..

bakso gepeng,ini sama smua pokoknya bahan dasarnya daging ya,hanya saja tidak dibuat bulet,tapi gepeng,apa ya bahasa indonesianya gepeng? pipih? yaitulah pokoknya .

bakso malang,nah yang ini juga favorite,terdiri dari bakso daging kecil,tahu,somay,risol,dan krupuk, sering lewat didepan rumah jadi suka beli :

bakwan malang

pick: balesoy,yang suka lewat didepan rumah,bogor

Jika diperhatikan apapun aneka ragam bakso,telor,urat,rusuk,malang,smua menggunakan bahan dasar yang sama yaitu daging hanya saja bentuknya yang beda beda, pun dengan negara indonesia apapun warna kulitmu,apapun sukumu,apapun daerahmu tetaplah satu Indonesia🙂

Tulisan ini diterbitkan bersama dengan sahabat hutaners yang stay di jerman ,kak ely  tepat jam 15.00 wib,dan jam 10.00 waktu jerman ,setelah sang nyonya menyajikan postingan bakso buatannya,maka mengalirlah pembicaraan  dua perempuan tersebut dan aku sianak hutan ini diminta menulis bersama dengan thema bakso.

so yang mana  kesukaanmu? buat kakak ely semoga  menjadi pembuluh rindu dan ingat indonesia kampung halaman yaa😛

21 Komentar »

  1. papapz said,

    wah enak ya (sayang lg puasa :D)
    >> enak banget dan segaar apalago klo pedas, bisa jadi menu untuk buka puasa nanti kang iyan🙂

    saya suka baso urat, baso daging, baso rusuk, baso malang, baso cuanki..
    >> penyuka bakso yaaa… sik asyeeekk ada temennya🙂
    asal jangan baso tikus aja😀
    >> ah..ini yang membuat selera hilang,akibat ulah penjual nakal,bakso tikus,bakso b2 hiks

  2. duniaely said,

    wadewwww ….. ngiler aku lihat bakso di atas ..
    >> ha ha…## sodorin serbet,dilap kak biar ga banjir😛

    sungguh terlalu nih montok montok baksonya hihihihi:mrgreen:
    >> hi hi..iyah yah..montok biar mantab makannya kak😀

    keren postingannya ,
    >> kakak juga kheren😉
    komplit deh baksonya,
    >> kan beragam meski blum smua jadi yah masih kurang komplitlah🙂

    bakalan ngeces nih yg baca dan kamu hrs tanggung jawab kalau ada yg langsung laper ya hahahhaaha
    >> ha ..ha..ha aku jawab ajah dah klo pada laper,ditanggung masing-masing pas ada tukang bakso panggil aja:mrgreen:

    tadi tak tinggal sebentar, sudah kujadwal sih postingannya, takut kl lupa atau kutinggal keluar karena sekarang nggak selalu bisa sering ol
    >> enak klo gitu kak,jadi pas,tadi aku lagi baca tulisan temen sampe lupa,untung aja blon bablas,ga papa kak yang penting bisa terbit stiap hari🙂

    wah … baca postingan ini jd tambah pengen cepet cepet ke tanah air,
    >> ayoo pulaang,kapan ke indonesia?

    tapi seringnya kl sampai di sana malah seleranya hilang hihihihi, habis sering dimasakain enak enak sama saudara 🙂
    >> pastinya itu ya,secara uda lama ga ke indonesia,nah nanti ktemu aku,aku ajak makan bakso itu smua deeh🙂

    • duniaely said,

      btw, itu bakso yg gepeng aku belum pernah lihat di kampungku sana, unik ya ?😛
      >> emm belum ada ya?klo dijakarta banyak kak..🙂

      tahun ini Dong Insya Allah pulang, belum janji nih bisa ketemu apa nggak🙂
      >> sik asyyiik ada yang pulkam,ga papa kak,lain waktu mungkin🙂

      • duniaely said,

        ntar kl ke jkt mau nyari ah🙂
        >> beli kak jangan nyari😛

        btw, cek imel ya, thanks🙂
        >> siap grak,sudah direplay😀

      • duniaely said,

        nyari dan beli deh,
        >> ha..ha..ha..
        pasti gampang ya di jkt ?😛
        >> gampang klo tau tempatnya,karna ga smua jual bakso gepeng kak🙂

        Matur nuwun😀
        >> sami sami kak🙂

  3. aku kepengen bakso gede itu,
    >> bakso tenis? weeww..serem makannya😀

    aku malahan suka apalagi yang ada daging di dalamnya..enyaaak…
    >> bakso urat namanya,iyah daging kecil kecil gitu ya enaaak🙂

    aku kan juga lagi buka blog kak ely, tadinya mikir nih postingan knp bisa sama yak..hehe…
    >> hi..hi..klik namanya,wong janjian😀

    tanggung jawab aku jd pgn bakso…
    >>beli..belii..nanti pas pulang kerja mampir ke warung bakso ya pu😀

  4. capung2 said,

    pictnya bikin ngacay nih..
    >> sodorin serbet😀

    klo sya biasa mengolah sendiri, biasa beli bbrp bungkus bakso di swalayan tiptop kemudian tulangannya berupa kaki sapi dibeli di pasar, sampai dirmh istri yg mengolahnya.
    >> waaaaaaaaaahh,..mantaabbb,ayyooo di buat postingan mas.seru ini

    btw bakso boboho ada disblh mn bogor ya ? skasari, merdeka, pasar bogor, pengadilan, atau taman topi bogor.. #penasaran
    >> jln bangbarung,arah warung jambu itu [ depan warung jambu ],trus ada belokan lurus aja,ada di kiri jalan,ikutin angkot 08 klo dari terminal🙂

    • capung2 said,

      wahh.. di bangbarung toh,
      >> iyah,pasti tau yah ..:)

      nnti deh hari ahad insyaAllah nyobain bakso boboho ama istri kesana…
      >> siip selamat menikmati sajian bakso boboho ya bersama kel.tercinta,salam🙂

      sapa thu nnti mb Wi3nd disana.. he2X
      >> he ..he..bakso mulu nanti saya bulet mas😀
      thx ya buat infonya !
      >> sami sami mas..

  5. Fauzi said,

    Postingan ini luar biasa.
    >> luar biasa membuat ngeces karna ingin ya fa😀
    Utamanya karena saya lagi lapar. Hahaha…
    >> ha ha…kaaan pas deh pas laper pas ada bakso,ayo dimakan🙂
    Bakso tenisnya dong…😀
    > pake raket apa pake mangkok nih fa😀

    trimakasi sudah singgah di hutan ya🙂

    • Fauzi said,

      U can call me Falzart.
      >> oke, falz..🙂
      <– That was my name in another dimension. Hohohoho…
      >> hemm you have many nick name depend with your colour😛
      Bakso tenis pake lapangannya sekalian deh.😛
      >> ha ha..boleh,sama net,juri apa mau sendiri aja:mrgreen:

      • Fauzi said,

        When I blogwalked, I am just me. (not break to any other Falzart).
        >> oke falz thanks for confirm it😛,just falzart…

        Boleh deh, tenis meja aja kalau gitu.
        >> ha ..ha..ha.. oke deal dibungkus langsung makan yaaa falz

        Panggilnya siapa, nih?
        >> you can call me wiend [wind ].. blowing with the wind 😀

  6. Goiq said,

    Ralat dikit mbak, yg nyanyi abang tukang bakso dulu itu Melisa bukan Melani.. heheheh..
    >> makasi ya,diotak ingetnya melisa,knapa ditulis melani😀
    aku juga segala macam bakso, mau itu bakso dorongan sampe bakso yg ada di mall
    >> emm.. bakaso ga akan membuat berat badan kamu naek kok🙂

    trimakasi sudah singgah di hutan🙂

  7. prih said,

    Bakso panas puedes jan bikin gembrobyos Jeng.
    >> injih bu,raos tenan njiih..manteb wes🙂
    Sajian bakso bobohonya ngingetin boboho Jl Bangbarung Raya, Jeng.
    >> hi.hi..kan emang disitu bu,boboho bangbarung,nda mampir ke hutan kmaren ya? heee
    Salam
    >> salam pedes manis bu🙂

  8. Zizy Damanik said,

    Saya suka bakso Malang.
    >> enak yah zee,komplit🙂

    Kalo bakso gepeng itu, kurang endes deh menurut saya.
    >> kan bisa di kasih saos ama sambel zee,jadi bisa pedes,klo itu blm dikasih apa apa..
    Kalo yang gede banget itu, wuihhh…. 1 aja cukuplah hehe..
    >> ha ha..iyah klo 2 begah kali zee itukan besar banget😀

    • monda said,

      iya aku juga nggak doyan bakso gepeng..,
      >> naah ada temennya lagi yang ga suka bakso gepeng🙂
      aneh aja bentuknya
      >> gepeng pipih gitu ya,jadi ga selera makannya😀

  9. chris13jkt said,

    Ini kunjungan perdanaku di sini.
    >> trimakasi,mau pilih yang mana baksonya🙂

    Karena diajak Mbak Ely jadi sampai deh di sini 🙂
    >> mau maunya diajak kakak ely ke hutan😀

    Ngomong-ngomong aku jadi ngakak waktu baca tentang garpu yang bengkok dan rusuk yang mental 😀.
    >> hi hi..iyah itu sendok,garpunya ga kuat rusuknya masih keras😳
    Jadi rugi dong ya gak jadi makan rusuknya.
    >> kan masih ada rusuk yang satunya jadi aja pake tangan aman dah😀

    trimakasi sudah singgah ke hutan🙂

  10. Bakso emang banyak macemnya.
    >> yap,thats wh i call beragam🙂

    Ada bakso kotak, bakso mercon.
    >> apapun bentuknya tetap saja dipanggil bakso ya😀
    trimakasi sudah singgah di hutan🙂

  11. […] Jerman, buat pembaca dan rekan blogger lainnya, silahkan meluncur ke blognya Wi3nd buat membaca Beragam Bakso versi dia ya, terima […]

  12. zainal said,

    sepertinya ini kunjungan pertama saya..
    >> smoga betah ya berkunjung ke hutan🙂

    trimakasi sudah singgah di hutan ya🙂

  13. hlga said,

    makanan favorit saya!
    >>wew..helga suka bakso ternyata..:)
    lebih demen makan bakso dengan bihun secukupnya atau bakso apapun asal jangan bakso isi keju
    >> suka mie putih ya,bakso keju? ada yah ?aku malah belum pernah tau,dan ga akan mau makan😀

    huehuehuehue
    kalo mudik saya paling doyan nongkrong di warung bakso langganan di rumah..
    >>naah yaa ketauan tempat nongkrongnya di warung bakso,awas sendoknya si ibu yang jualan jangan di bawa yaa helga😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: