18 Agustus 2013

~ 17san…~

Posted in harumhutan tagged , , , , pada 10:47 oleh harumhutan

tanggal 17 agustus kemarin itu konon katanya adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia yang 68 ya? Independent day klo kata wen dan jack*kawan saya yang berasal dari england dan amerika,china.Seperti peringatan 17san ditahun yang lalu,kali inipun sama,hanya sebuah seremonial belaka, kemarin saya hanya dirumah bersama wen dan jack,nonton tv,ngobrol ngobrol,setelah malam tadi  diadakan tasyakuran 17san bersama warga setempat berdoa bersama lalu makan makan bersama.

our lovely flagspick: merah putih didepan teras rumah

Kenapa buat saya 17san hanya seremonial? Ini karna setiap saya melihat berita  tipi tayangan yang ditampilkan selalu itu-itu saja,upacara bendera diistana, lalu berita para veteran yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah,sekolah yang rusak dan tak layak,nenek yang rumahnya tak layak huni,serta jutaan rakyat indionesia yang lainnya yang masih belum hidup layak,padahal sudah 68 taon indonesia itu merdeka bung.

Dan apa yang diucapakan Tuan   via tweetnya? tuan itu berkata ” Kemerdekaan adalah warisan pejuang.Kita memikulnya dengan tanggung jawab sejahterakan m asa depan anak cucu. ooh..saya semakin paham pola pikirnya,bahwa buatnya kemerdekaan itu hanya sebuah warisan pejuang ,lalu sejahterakan anak cucu,anak cucu siapa?anak cucu beliaukah? ho..ho.. belajar dari perjuangan para pejuang pak boz! buktinya anak cucu masih belum sejahtera,juga para mantan pejuang yang disebut veteran itu.Tengoklah dan lihatlah berita di tipi itu yang setiap tanggal 17 menayangkan berita yang sama disetiap tahunnya stiap tanggal 17. sejahtera yang mana?Lantas apa yang dimaksud dengan kesejateraan?jika kenyataannya Indonsia negeri ini masih dijajah oleh rakyatnya sendiri.! dan itu lebih berbahaya pak boz..!*aduuh kok jadi emosi ya😀

Itu sebabnya saya katakan bahwa peringatan kemerdekaan hanyalah sebuah seremonial semata jika bangsa Indonesia masih belum bisa memerdekakan keegoisan,ketiranian,keterpurukan rakyatnya,kemiskinan yang masih belum usai,serta keterpasungan bangsa ini dari segala aspek,tapi itu urusan pemerintah ya,sayahmah hanya rakyat kecil jadi merdeka buat saya adalah ketika saya bisa memerdekakan pikiran saya..🙂

Tapi apapun itu,bagaimanapun Indonesia dengan segala carut marutnya permasalahan yang ada saya tetap cinta Indonesia,disini di tanah yang saya pijak Indonesia tetaplah yang terbaik,dengan kekayaan alamnya,dengan beragamam makanannya,beragam budayanya,beragam bahasanya,tetaplah satu Indonseia.

selamat mengulang sejarah kawan,selamat merdeka indonesia negeri yang kaya raya..🙂

23 Komentar »

  1. rusydi hikmawan said,

    memang disayangkan, masih banyak masalah dan keterpurukan.
    >> masih harus berjuang untuk mengatasi masalah yang ada,akan berhasil jika smua kompenan ikut berperan andil termasuk bapak bapak yang duduk di bangku empuk itu🙂

    dan udah semestinya kita para blogger ikut turut membangun bangsa ini menjadi negara yg maju dan berwibawa, tidak di bawah bayang2 asing
    >> dengan berbagai cara ya mas peran sertanya,mulai dari yang kecil mulai dari diri sendiri,mulai dari sekarang,pasti bisa jika kita smua mau melakukannya atas nama tanah air indonesia!

    * ga ada linknya ya?aku ga bisa berkunjung ke blognya sampeyan bung..

  2. prih said,

    Salam merah putih Jeng,
    >> merdeka bu prih,salam damai sang saka🙂
    mengelola harumhutan sumber kesejahteraan kini dan esok.
    >> tepat sangat bu pri,hutan adalah sumber alam yang elok jika di kelola dengan benar oleh negeri ini,sehingga kesejateraan itu bisa terwujud,semangaaat..!🙂

  3. capung2 said,

    negeri ini memang teramat banyak persoalan yg menderanya dan konyolnya persoalan itu selalu diciptakan oleh pemerintah yg berkuasa
    >> seperti badut ya mas pung,konyol,masalah yang dibuat oleh mreka rakyat yang sengsara menanggungnya,kasian para pejuang para pahlawan terdahulu..😦

    butuh waktu dan pastinya tekad yg kuat utk mengurai permasalahan2 yg ada pd saat ini
    >> ya betul smua perlu proses,niat yang kuat serta tekad yang bulat dan sunggug-sungguh pasti bisa teratasi smua masalah yang ada

    dan arti sebuah kemerdekaan sekecil apapun adalah sesuatu yg tak ternilai dn mnjdi modal berharga utk mmbngun bngsa ini ke arah yg lebih baik lagi..
    >> aamiin,alhamdulilah bersyukur atas nama allah swt bahwa kita bangsa indonesia sudah merdeka ya mas [ secara dejure.. ] dan insya allah akan menjadi negara yang lebih baik

    MERDEKA !!!
    >> merdekaaaa..bung🙂

  4. duniaely said,

    ada emosi yang meledak ledak saat nulis postingan ini ya ?😉
    >> ha ..ha.. iyah kak,ktauan yaa,sok iye sayah kak,sok iye ama negara😳

    merdekaaaa kakak..!😀

  5. duniaely said,

    itu menunjukkan kalau kamu care sama negara Kita😛
    >>alhamdulilah kakak elypun masih care dengan indonesia tercinta padahal di jerman,terbukti dengan masakan semurnya🙂

    btw, itu benderanya keren bgt😛
    >> ha..ha..harus kheren diterbangkan oleh aku wind😀

    • duniaely said,

      iya Dong, bukan semur saja, klepon, bakso, opor ayam hihihi UUM deh😀
      >> nah itu..smua ala indonesia bukti cinta indonesia kakak😉

      iya, brp lama dipasangnya ya ? apa tetangga juga ikut pasang ?
      >> 2 minggu biasanya,smua pasang kak,ada rube-rumbe bendera juga jadi meriah merah putih dah..:)

      btw itu dua temanmu pasti suka ya andai ada lomba lomba di sana🙂
      >> suka banget kak,aku cuma crita aja uda interesting,apalagi soal lomba makan krupuk,padahal niatnya klo ada aku mau ajak wen dan jack ikutan lomba😀

      • duniaely said,

        wah bakalan seru kl mereka ikut lomba makan kerupuk ya atau mecahkan kendi dgn mata tertutup😀
        >> iyaaahh..tapi jack kan tinggi bangeet kasian yang pasang tali harus pake tangga😆,ga ada kak pecah kendi adanya pukul air yang diplastik gitu yang digantung di tali mata ketutup🙂

        .. apalagi manjat pinang ya ? hihihi ngakak aku membayangkan yg manjat pinang itu melorot terus😀
        >> iyah trus kotor smua kena oli😀

        sayangnya ga ada jadi jack dan wen ga ada kenangan 17san kmaren😦

      • duniaely said,

        wah .. yg pukul air dlm Plastik jg nggak kalah serunya ya,
        >> iyah seru kak,kadang jalannya salah belok belok jadi ga mukul2 makanya suka di triakin lurus..lurus😀
        h
        ihihi aku mbayangkan saja lucu😀
        >> lucu kak,apalagi klo salah mukul:mrgreen:

        iya, apa di daerah teteanggamu jg nggak ada ya ?
        >> ga ada kak,aku ga liat sepanjang 17san itu,sepi😦

        kali emang belum beruntung saat itu si jack ama Wen ya ?
        >> iyah,smoga 17san taon depan masih diindonesia mreka nanti ngadain lomba sendiri aja😀

      • duniaely said,

        iya, geregetan ya kl lihat, padahal kl mata Kita ditutupin jg akan sama ya ?😀
        >> iyah betuul hi hi..disitulah keseruannya ya kak🙂

        iya, mungkin memang msh pada sibuk berlebaran ya semoga thn depan bisa lihat dhe mereka
        >> yups,smoga kak,kali ini bertepatan lebaran,taon kmaren puasa he he

        btw, itu gambar benderamu sekilas kl dilihat kayak lagi dipotret di atas mobil yg sedang lewat ya😛
        >> masa kak? aku motret di teras loh padahal sengaja nunggu pas berkibar gitu😀

        kakak apa yang di ingat pas 17san pas dikampung pas masih kecil?

      • duniaely said,

        iya jd kangen juga ya😛
        >> aku kangen banget kak,uda lama ga ikutan lomba😀

        iya, tahun depan bebas ya, sdh jauh dari lebaran, jd byk yg dah kembai dr mudik ya
        >> iyah,smoga bisa diadakan lomba-lomba lagi jadi meriah dan anak anak senang,sehingga tak hilang permainan sederhana tsbt

        iya, sekilas aja kok🙂
        <strong>>> he he..berarti kheren ya,klo kliatan diambil dari dalam mobil😛

        wah .. inget pas mau masukin pensil ke botol tapi nggak masuk mausk keliru terus hahahahhaa …
        >> ini pasti pakunya digantung di pinggang gitu ya pake tali,mana susah nengok lagi:mrgreen:

        terus inget ikut mbantuin mbungkusin hadiah berupa buku pensil dll …
        >> iyah betul,aku juga inget pernah bantuin,ada anduk juga,apalagi ya.lupa😀

        anak anak skrg apa msh mau ya bgt ? ..
        >> yang jadi panitya aja kak,yang bungkusin,klo lomba anak anak masih mau🙂
        apa nggak kalah sama Gadget ya ?🙄
        >> gadget tetep,tapi klo ada lomba mreka masih mau kok ikutan…

    • duniaely said,

      iya, sayang kl hilang tradisi itu
      >> betul kak,harus dipertahankan.. dilestarikan dan tetap di adakan😀

      syukurlah kl mereka masih mau ya ikutan lomba,
      >> ya,karna seru kak,kan rame rame ama temen temennya,habis lomba ya balik maning nang gadget😦
      gerak soalnya beda kl main Gadget terus😛
      >> prihatin dan miris sebenernya liat anak anak sekarang itu,beda zaman sih emang,gadget oh gadget

      • duniaely said,

        mikirnya itu kl maingadget terus jarang geak mereka ya ,
        >> iyah yang gerak tangan,jadi jempolnya pada gede gede:mrgreen:

        nggak sehat khan ?
        >> yap,sangat ga sehat dan bikin males ngapa-ngapain sampe makan aja lupa saking asyiknya

        apa di sana msh byk anak anak yg main permainan tradisional spt petak umpet ?
        >>petak umpet uda ga pernah nemuin kak,klo bola masih😀

      • duniaely said,

        ya lumayanlah lah kalau msh ada yg main Bola ya,
        >> masih, bola itu ever lasting buat anak anak cowo,didepan jalanan rumah juga dipake😀

        kalau anak anak cewek mainnya di luar apa ya di sana ?🙂
        >>klo permainannya ga pernah liat,paling ngerumpi liatnya,bedalah klo dulu kitakan karet ya,bekel,monopoli,petak umpet..ga ada sekarangmah..

      • duniaely said,

        wah sayang ya,
        >> beda zaman kak..
        padahal permainan di luar iitu sehat krn bergerak terus,
        >> betul dan mlatih kejujuran juga melatih otak toh..

        kali mereka belum tahu nikmatnya bermain pasaran, gedrik (apa ya bhs Indonesianya ?) Yang main lompat lompat di garis kotak kotak itu lho, kadang pakai satu Kaki melompatnya🙄
        >> pasaran udah ga ada,gedrik mungkin engkle klo aku bilang yang pake genteng toh?genteng kecil buat di lempar ke kotak itukan? ada itu masih suka maen mreka..

  6. marsudiyanto said,

    Tanggal 17 kemarin saya juga seperti biasa, upacara di sekolah…
    >> pak mars jadi pemimpin upacara ya?
    Mendengarkan sambutan tertulis dari gubernur yang dibaca pemimpin upacara
    >> ooh kirain pak mars yang jadi pemimpin upacaranya😀 *aku uda lama ga ikut upacara bendera,kangen juga sih😀

  7. LJ said,

    xixi, jadi kemerdekaan itu warisan yang harus dipikul ya..
    >> iyah bund,aku ajah bacanya ampe terheran-heran ini ga salah? hari gini masih jaman mikul? satee..:D

    kesannya jadi merasa keberatan beban ya wiend..
    >> iyah beban berat,makanya jadi ogah ogahan tuannya,seremoniallah katanya😀

    pdhl itu adalah hadiah perjuangan para pahlawan kita..
    >> betul bund,dengan pengorbanan yang luar biasa,darah,keluarga bahkan nyawa😦

    dan kita pun tak boleh berhenti berjuang menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.
    >> siap grak,mari berjuang kita sama sama,pasti bisaa..!!🙂

    semangat..!!!
    >> merdekaaaaa bundo..!

  8. Zizy Damanik said,

    Mengingat waktu ini berlalu cepat sekali ya.
    >> ya zee,trasa cepat berlalu..dan berganti..

    Dulu aku masih ikut upacara bendera.
    >> he he..sudah lama sekali yah zee,saat ikut barisan dan cekikikan bareng akwan saat pidato berlangsung,eh itu aku ning😀

    Sekarang anak yang sudah hapal lagi Indonesia Raya…🙂
    >> vay..greats udah apal lagu indonesia raya,aku aj sekarang masih suka lupa😳
    Merdeka!
    >> merdeeeeeekaaa zee..!

  9. Elmoudy said,

    Benar sekali wi3nd….17san hanyalah seremonial no more.
    >> imauuuw..! mucul juga akhirnya at august.. yah seremonial tahunan dengan bahasan yang masih sama,nothing..😦

    seperti halnya hari ultah
    >> and august is your month mauw🙂

    …biasa dirayakan cukup dg seremonial
    >> bagi yang merayakan,bertambahnya usia katanya

    ..sisanya adalah senang2….
    >> banyakan senang senangnya mauw daripada tadaburnya🙂
    sesekali kontemplasi menghitung2 sisa umur ke depannya
    >> sayang yah hanya sesekali padahal jika sekali itu brakhir tamatlah smuanya..

  10. om ganteng said,

    Merdeka buat Negeri ku… jayalah selalu.. berkibarlah benderaku sang saka merah putih…
    >> merdekaaa om..!lagu yang pas dari coklat nih “merah putih😀
    yuukkk, lomba 17an.. balap kerupuk sama makan karung.. hahha
    >> aduuh udah telaat om.. nah balap krupuk dan makan karung sekalian beling,debus inimah😀
    salam kenal dan di tunggu kunjungannya…
    >>salam om..:)

    trimakasi sudah singgah dihutan🙂

  11. Dirgahayu Indonesiaku ! Merdeka !
    >> merdekaaaa bung dj ..!

  12. biamdenatura said,

    emang kita sudah merdeka?
    >>secara dejure kita sudah merdeka dong,17 agustus 1945 yang memproklamasikan bp pres.Soekarno dan wakilnya Hatta,kita ga boleh pungkiri jasa para pahlawan yang sudah berkorban nyawa, yah kan herdi?

  13. papapz said,

    yang pasti di bulan agustus mendekati 17 agustus istri saya jumlah usianya nambah 1 hehe
    >>mengulang hari lahir sehari sebelum kemerdekaan so sweet..merdekaa kak iyan!🙂

    kalau yang lainnya kayanya sama aja.. disini sepi😀
    >> hemm apa karna efek puasa dan lebaran ya ajdi sepi juga..

  14. jadi termenung….”baik ibu guru”😀
    >> renungkanlah..walau sejenak dik pu😀

    nenek dengan rumah tak layak huni itu knapa ga diajak tuan aja ya ke rumahnya, rumahnya kan luas dan ada banyak🙂
    >> andai si tuan tau pu,itu dia tidak tau atau tau tapi pura pura tidak tahu,masih belum ingin berbagi rumahnya dengan yang lain pu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: