15 Agustus 2013

~ jacK Fruits..~

Posted in harumhutan tagged , pada 09:56 oleh harumhutan

Artocarpus heterophyllus adalah nama latin dari buah nangka .Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae,sudah tak asingkan bagi sahabat hutaners? buah yang berwarna kuning jika sudah matang ini bisa dimakan langsung,dicampur es,dibuat kolak,dibuat dodol,jika masih mentah bisa buat sayur nangka,gudeg,campuran gado-gado.lalapan juga bisa,bergetah warna putih dan sangat lengket.dan bijinya yang disebut beton itu juga bisa dimanfaatkan,direbus lalu dimakan juga enak,makanya gigi orang indonesia itu kuat -kuat bisa makan beton:mrgreen:

Pernah liat buah nangka yang buahnya sampai kebawah? jika belum mari aku tunjukkan,dihutan tempat saya ada yang seperti ini, buahnya sangat lebat bergerombol dibawah,menumpuk lebih tepatnya.Ini buah pertamanya sejak ditanam,klo kata yang jual ini perpaduan antara nangka dan cempedak disingkat nangkadak..

jackfruitspick: koleksi anak hutan

kami semua suka dengan buah nangka,juga sayur nangka,baik gudeg maupun nangka berkuah,bisa buat sayur lontong juga,klo di tempat  bundo di bukik sana,biasanya lontong sayurnya terbuat dari sayur nangka wiih mantab..!

tapi hati hati juga dengan getahnya, sampai ada pepatah yang mengatakan ” siapa yang makan nangka,siapa yang kena getahnya..”

11 Komentar »

  1. prih said,

    Terima kasih Jeng, berkunjung disuguh buah nangka yang harum.
    > ibu prih..semriwing buah nangka dan dukuh yaa😀
    Biasanya nangka pating grandhul karena menggantung,
    >> iyah,dihutan rumah saya memang tidak biasa ini,yang diatas juga banyak bu buahnya,grandulan😀

    yang ini malah menumpuk sebegitu banyaknya di dasar pohon,
    >> iyah,tadinya hanya 2 lah kok lama lama banyak malah numpuk2 di bawah…

    unik Jeng baru lihat di foto ini.
    >> bisa masuk muri ga bu prih:mrgreen:

    Penasaran yang menyentuh tanah dan ditumpuki buah diatasnya apakah tidak jadi lembab ya.
    >> enggak,malah makin besar,tapi jadi ga efektif,jadinya dipangkas biar bisa bernafas dengan lega yang lainnya🙂

    Selamat berburu dan berbagi keharuman hutan. salam
    >> mengikuti jejak ibu pri🙂 salam rimba ibu🙂

  2. duniaely said,

    wow .. itu buahnya kalau di sini sdh habis diserbu ratusan burung deh, atau dimakan landak malam malam hihihihi
    >>di codotin gitu kak?kan keras klo burung makan itu,kena getahnya,weeha da landak? wow

    yg di sebelah pohon nangka itu tempat untuk apa ya ?🙄
    >> itu kolam renang ikan kak,ada ikannya itu di dalamnya😀

    eh .. aku dulu juga suka makan beton nangka yg digodok dulu lho hihihi😀
    >>kaan kuta ya gigi kita,beton aja bisa dimakan😛

    kemarin lihat nangka muda kalengan, males beli sih, Cuma dikit isinya
    >> yang uda mateng apa masih mentah kak?

    apa nggak spt ini ya … nggak makan nangkanya tapi kena getahnya ?😀

    >> ooh kebalik ya kak?yah maksudnya itulah kak kena getahnya dan itu sakit😀

    • duniaely said,

      lho blom pernah lihat landak di DE ya ? intip di sini deh http://duniaely.com/2012/11/29/merindukanmu-ndak/ … kece khan landaknya ?😛
      >> ho oh si igel manis😛

      wow … kolam ikan , kok nggak difoto ya ?😉
      >>kan fokusnya ke nangka bukan ke kolam ikan😀

      sdh mateng sih
      >> klo udah mateng tinggal di olah kak,diyogya ada loh gudeg kalengan, itu banyak kak,karna dikemas di kaleng aja jd kliatan dikit

      pernah mengalami ?😛
      >> pernah kak😀

      • duniaely said,

        iya, manis khan ? aku suka ngelus ngelus lho kl ketemu😛
        >> iyah lucu landaknya,lah di elus? kan tajem bulunya?runcing runcing gitu *kaget

        iya ya, kali lain waktu ya ?
        >> iyah boleeh😀
        ikannya jenis apa sih ?🙄
        >> apa aja,aku malah masukin lele,patin,ikan mas,ikan sapu2 apa ajah dah kak😀

        wah …. enakan kl dah ada gudeg jadi bgt ya ?
        >> ada kak,aku juga pengen pesen,tapi tunggu ada yang ke yogya dulu😀

        pernag ? atau sering ?😛
        >> ha ha..sering kak hiks😦 *ulah temen kantor yang ga patuh yang kena smua

      • duniaely said,

        iya tajam, ngelus ngelusnya pakai sarung tgan buat berkebun hihii😛
        >> oalaah..cabut aja bulunya?kan bagus tuh buat tusuk konde :d **ih jahat banget aku yah he he

        wah .. apa ndak jadi berantem mereka ya dicampur jadi satu ?😀
        >> enggak, malah akur mreka kan lebih akrab kak sama sama😀

        makanannya apa ya ?
        >> pelet kak,makanan ikan yang bentuknya bulet bulet gitu…

        wah aku di sini ya hrs bikin sendiri kl mau gudeg
        >> iyah klo disana harus bikin sendiri yaa..

        skrg apa msh ngalami ?
        >> masih..
        stress nggak sih kl sering ?
        >> kesel aja kak,paling aku ngomel-ngomel sendiri,sial..trus istiqfar udah diem lagi,cukup tau seperti apa😀

  3. capung2 said,

    jdi keingetan ama tokoh “jacks n the ripper”..
    >> hi hi..melegenda ya si jack

    klo buat org minang (spt istri sya), nangka terutama sayur nangka merupakan menu yg amat digemari sekali..
    >> oohh..dari minang? iyolah da pastinya itu,apalagi klo pedes ya..mantab itu uda😀

    selain itu buah nangka juga sangat enak dimakannya setelah direbus..
    >> yang buat sayurkan?bukan yang matang trus direbus? aku paling suka klo sayur nangka uda 2 hari😀

    btw sya belum pernah liat nangka spt yg difoto diatas,
    > nah,hanya ada dihutan yang harum foto itu ada😀
    klo ditempat sya pasti udah pada ilang tuh diambilin anak2 kecil.. he2X
    >> waah nakalan anak anak kecilnya yaa😀

  4. monda said,

    nangkanya deketan dan rapat gitu tetap aja jadi numbuh besar ya,
    >> iyah bu tetep tumbuh🙂
    rasanya tetap manis wiend?
    >> belum ada yang mateng bu,jadi belum bisa di cobain# ini masih tunggu😀
    udah sering berbuah seperti ini?
    > ini baru pertama kali buah,langsung begitu bu..gerombolan di bawah😀

  5. luvhara said,

    hey ibu periiii penjaga hutan di dunia..
    >> aloow jiimyyyy…!long time no see yaaa # peluk😀

    selamat menunaikan ibadah setelah lebaran yaaaa..
    >> terimkasi jimmy,selamat menjadi ayah yaa..🙂

    kita musti bangga, cuma indonesia doang yang ada buah
    berbentuk, berasa, dan bernama NANGKA..
    >> nah itu…apa jim singkatan NANGKA😀

    ga kerasa udah 4 tahun ajah yak..
    >> iyah,dan jimmy sudah bermetamorfosis..*nice to hear it🙂

    danke u jimmy uda mau singgah di hutan lagi🙂

  6. LJ said,

    aih.. itu si jack nangkring di bawah nunggu dipetik dan dibikin sayur buat lontong bukik..
    >> iyah bund,bisa jadi sepanci yah bund klo dibikin kalio nangka🙂

    seringnya mama ngupasin nangka buat cucu2nya.. biar yang kena getah neneknya dowank.. namanya sayang cucu.😛
    >> hi hi..oma yang baik ya sayang cucu biar tinggal makan😀

  7. hlga said,

    buat favorit saya nih.
    >> he he.. enak yah ga
    kapan-kapan mampir ah ke kampung kamu..
    :p
    >> boleh,maen aja ke hutan😀

  8. unik ya wiend buahnya numpuk di bawah gitu…’

    >> iyah,aku juga baru liat ada yang bgitu di rumah🙂

    pu juga suka sayur nangka gulai pake ketupat huummmm enaaak…:D
    >> heeemm….yummy…. tambo karupuk yo pu😀

    pu pernah punya pengalaman lucu soal keripik nangka yang sudah alot,
    >> sudah lamakah kripik nangkanya?

    entah deh dari dibuka kok udah alot😀
    >> hemm..sudah lama itu berarti kripik nangkanya*jangan2 kadaluarsa pu🙄

    jadi kita makannya susah gitu ngnyahnya wiend itu kejadian waktu pu kecil,,
    >> ha ha..kebayang apalagi klo giginya belum banyak😀

    hehe ketawa kalo ingat kejadian itu😛
    >> funny things but its fun to remember yaa🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: