1 Agustus 2013

~ cookies..~

Posted in masaKan tagged , , , pada 08:15 oleh harumhutan

Lebaran sebentar lagi,dan minggu kemarin saya mencium aroma wangi kue dari dapur dapur rumah tetangga, tampaknya ini minggu pertama berperang dengan adonan kue. dan salah satu kue ini bisa dipastikan selalu ada di setiap moment hari raya,dan selalu menjadi laris manis disantap.Sudah 4 lebaran saya dan kakak membuat kue ini,biasanya kakak saya yang satunya yang membuat,karna mreka smua stay di swedia, jadilah kami yang menuruskan tradisi ini,yah nastar kue yang terbuat dari adonan tepung,telur,mentega dan gula serta vanila ini dan diisi dengan selai nanas tersaji rapi dimeja untuk para tamu atau handai taulan yang datang berkunjung.

Mulai dari membuat selai nanas sendiri, membuat adonan nastar hingga tangan penuh tepung,kerepotan yang menyenangkan di tiap ramadhan menjelang akhir,mencetaknya kecil kecil,mengoles dilakukan dengan suka cita.dulu sih ada ponakan yang ikutan sibuk bantuin,bantuin acak acak aja tapi seru,sekarang sepi..

nastar siap oven

saat proses pemanganggan sering skali saya tersengat listrik,meski sudah berhati hati,ini yang bikin kaget tiba tiba pas mau angkat drrtttt….ada getaran yang mengantar ke tangan ,akhirnya berganti dengan oven panggang saja lebih aman.

antrisambil menunggu antrian nastar untuk di oven saya biasanya leyeh leyeh dulu,rebahan..

nastar matangtaraaa..nastar racikan siap saji,meski ada beberapa teman yang memesan tapi saya tak pernah menjual nastar tersebut,nah sisa dari adonan tepung ini biasanya kami buat kue semprit dengan taburan kismis diatasnya..

kismisini aga gosong ya,tapi ga papa karna untuk kue jenis ini saya suka yang coklat gitu alias gosong dikit πŸ˜€ **pembelaaan , apakah sahabat hutaners suka membuat kue ini? khusus buat yang perempuan sih ya,karna klo yang lelaki biasanya suka males πŸ˜€ selamat membuat kue ya πŸ™‚

Iklan

17 Komentar »

  1. LJ said,

    xixi, bundo juga suka yang gosong..
    >> ha ha..satu selera kita ya bun..

    nastarnya sisain setoples ya wiend..
    >> siap grak πŸ˜€
    siapa tau bundo dan genduk ntar lebaran ke bogor.. πŸ˜›
    >> ha ha..yakin gituh?

  2. Ryan said,

    mau dong…
    >> siniii..makan sekarang yaa tapinya πŸ˜€
    kirim2 gitu ke rumah. πŸ˜€
    >> ongkos kirimnya lebih mahal loh, mau πŸ˜›

  3. harisspirit said,

    kalau tersengat listri cinta, pasti getarannya di hati ya.
    >> wekekekee..ini yang biasa menebar cinta ya si Aa mah πŸ˜€

    Ternyata untuk membuat kue, butuh pengorbanan tinggi.
    >> ga tinggi banget sih A tapi seru aja karna dibawa senang suka cita πŸ™‚

    Kalau saya tahunya tinggal menikmati aja πŸ™‚
    >> he he iya tinggal makan yaa
    Met bikin kue lebaran πŸ™‚
    >> haturnuhun..

  4. aduh enak sekali itu nastarnya,
    >> eh?pu uda nyobain yaa πŸ˜€
    pu dulu suka bantuin mama pu wiend…
    >> sekarang udah enggak yah pu?
    sampe skrng mama suka bikin,,,:)
    >> yang bantuin siapa pu? he he

  5. Acung jempol atas kreatifnya.
    >> trimakasi πŸ™‚
    bisa menjadi lahan bisnis tu.
    >> iyah insya allah nanti klo uda ada yang bantuin πŸ˜€
    Apalagi musim lebaran akan segera tiba.
    >> iyaah tapi males, buat sendiri aja ama sodara sodara πŸ˜€
    Kalau bisa kirimin satu paket kuenya dong, tapi gratis ya ? πŸ™‚
    >> ha ha ha..boleh boleh dijamin hancur klo kirim nastar πŸ˜€

  6. prih said,

    Nastar…suka banget,
    >> ibu prih suka juga yaa πŸ™‚
    sore ini barusan nyemil nastar belinjo.
    >> waah enak bener di makan saat sore menjelang,kriuks nyuus πŸ˜€

    Duuh rajinnya puteri harumhutan panggang kue,
    >> ha ha.bukan rajin ibu tugas setaon sekali
    harumnya nyampe pojok kebun.
    >> hi hi..biar ibu prih kepingin..
    Salam
    >> salam rimba ibu πŸ™‚

  7. Zizy Damanik said,

    Wow. Looks yummy.
    >> this is truly yummy zee *pede gile ajee akunya :mrgreen:
    Saya justru suka yang agak gosong haha.
    >> ha ha..ada temennya sayah suka yang gosong
    Kalau dulu ibu saya bikin kue yang gosong selalu habis duluan buat saya.
    >> jadi bikin kue khusus buat zee yang gosong ya πŸ˜€

  8. duniaely said,

    sukaaaaaaa postingan ini πŸ™‚

    >> danke u kakak ely 😳

    1. kuenya terlihat cantik dan imut imut apalagi nastarnya, berkilau spt emas
    >> hi hi..nastarnya yaa?? iyaah itu emas plasu kak πŸ˜€

    2. Ovennya so cute
    >> ha ha oven tak luput dari perhatian kakak,yang suka menyengatku

    3. Yg punya blog rajin banget, baik Saat bikin kue, dan memotretnya
    >> narsis kue kak apa pamer yaa πŸ˜€

    4. bagi Dong kuenya hahahhahaa *ujung ujungnya nodong* πŸ˜€
    >> hayyuuuks siniii aku bagi, beneraan,ciyuus :mrgreen:

  9. duniaely said,

    1. Gerne
    >> muuach.. πŸ™‚

    2. hihihi emas palsu tapi enak diemplok ya, bikin ketagihan
    >> iya,skali ngemplok nambah 2 πŸ˜€

    3. iya ovennya imut jadi inget microwaveku .. enak ya puny aoven spt itu ?
    >> o ternyata remind you with your mc,rusakkah dia skrg? enak kak,tapi klo ga ati ati yah nyetrum :mrgreen:

    4. dua duanya hahahhahaha .. entar beruntung nih calon suaminya πŸ˜€
    >> ha ha iyah ga papalah ben pengen :D, ha ha..seperti jualan untung dan rugi kak πŸ™‚

    5. andai punya sayap ya aku ? *ngayal habis*
    >> adaaa punyaaa,tinggal pesen ajah mau sayap yang mana?deuth plane or garuda plane πŸ˜›

  10. duniaely said,

    ngemplok 2 kurang dek, sdkt amat … hihihi *maruk*
    >> 2 toples maksudnya πŸ˜›

    bukan rusak, Cuma jarang kupakai mc ku
    >> ayo dipake,klo ga dipake nanti rusak loh… sayangkan

    jualan apa ?
    >> tumis cemaraaaa πŸ˜€
    hihihi asinan atau taoge goreng ?hihihi
    >> keduanya,asinan dan taoge goreng juga soto mie πŸ˜€

    maunya sayap spt burung, jd nggak perlu macam macam surat penting , ribet πŸ˜›
    >> ha ha.. flying without wings..just imagine and feel it πŸ˜€

  11. duniaely said,

    hahahahaha ….. 4 toples bgmn ?
    >> boleeh klo kuaat πŸ˜€

    ya gmn ya soalnya sering masak segar, jd jarang buat manasin tuh mc nya
    >> manggang kalkun kak,ato ayam kan biasanya gitu yaa *efek nonton film luar :D</strong>

    jualan bir plethok dan kue seblok jg ? hihihi
    >> ho oh wes kabeh dijual,ayoo dipilih dipilih..sewu teluuu πŸ˜†

    wah itu lagunya west life ya ?
    >> iyaaah betuuullll..kakak dapet hadiah karna berhasil menebak :mrgreen:

    • duniaely said,

      wah .. perutnya sak gentong Dong hihihi
      >> oraaa neh,wong nastarnya kan cilik cilik,4 toples dimakannya jangan skalian blenger πŸ˜€

      wah, terlalu mungil itu mc buat manggang kalkun yg segede bagong dek hihihi
      >> wekekee iyo yo.jebol nanti mc nya πŸ˜€

      sewu telu ? hihihi
      >>kemurahan yo mba :mrgreeen:

      hadiahnya apa hayoo ? nastar ?
      >> iyo nastar 4 toples πŸ˜†

      • duniaely said,

        hihihi .. iya ya, kalit sebulanan atau lebih tuh 4 toples
        >> aweeet kok,kan bikin sendiri,apalagi klo diliatin doang wutuh kui πŸ˜€

        iya, bakalan menjerit mc nya
        >> bleedaaaak πŸ˜†

        iya, dpt apa sekarang ya, sewu telu πŸ™„ ?
        >> permen 6 kak,kerupuk 2 πŸ˜€

        wah .. bakalan mbelnger nastar nih,
        >> iyah mbelenger klo kebanyakan…
        eh tapi makan nastar itu numani ya, dulu aku kalau makan rasany apengen terus deh tak mau berhenti hihihi
        >> ha ha.. klo belum habis setoples belum puwas yah kak πŸ˜€

  12. udafanz said,

    salah buka postingan ini pas puasa. -_-
    >> ha ha..ga salah fanz,buka doang kok πŸ˜€
    kuenya dikirim ke bukittinggi se toples dong mbak πŸ˜›
    >> iyoo..tapinyo da hancur lebur fanz klo dipaket sampe bukik..:)

  13. Erit07 said,

    Gosong dikit malah tambah enak..
    >> ha ha..ternyata gosong banyak yang suka ihiiyy.. πŸ™‚

  14. huwaaa.. ajarin bikin kue, tapi gk ada oven 😐
    >> mari sini, pake oven panggang aja sama kok.. πŸ™‚
    aq sering jualan kue dadakan saat puasa,
    >>musiman ya pas puasa πŸ™‚
    untungnya lumayan banget, tpi msih beli di orng,
    >>bisa buat beli sepatu baru ya πŸ˜€
    pengen pinter bikin kue, biar bisa dijual sendiri πŸ˜€
    >> belajar dan mau coba itu kuncinya,resep bisa tanya2 ayo mulai bikin jd puas bikin sendiri jual sendiri πŸ™‚

  15. capung2 said,

    waduh.. kuenya samaan nih mb dgn yang dirumah..
    >>nastar,semprit adalah kue kembar saat ied mubarok πŸ˜€

    klo kue2 yg spt ini, biasanya sya cukup bantuin ngocok adonannya lwt mixer,
    >> eh?hebat jarang jarang loh cowo mau bantuin bikin kue,saluut πŸ™‚
    selebihnya “wait n see”.. he2X
    >> tunggu matang dan tinggal makan yaa πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: