18 September 2010

~ LpJ ShR.. ~

Posted in peRsahabataN tagged pada 03:46 oleh harumhutan

Alhamdulilah geLaran Sodakoh Harian Ramadhan [ SHR] yang berlangsung selama 30 hari mencari cinta telah usai,tepat tgl 9 september ba’da subuh. Trimakasi untuk para sahabat dan dermawan yang suda berpartisipasi digelaran SHR kali ini,dan trimakasi sangad untuk kepercayaannya kepada kami selaku penyelenggara. 

Dibawah ini adalah penjelasan kenapa diwakafkan SHRnya [sahabat insan yang menjelaskan ini [hi hi..insan kebagian tugas juga kaaaan]]

“Apabila seorang muslim meninggal dunia, terputuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan ibu bapaknya” (HR. Muslim, III/1255)

Para ulama sepakat, sebagaimana tertulis dalam sebuah kitab Fiqih Sunnah (IV/282) bab “Al-Waqf” dikatakan bahwa yang dimaksud dengan sedekah jariyah dalam hadits tersebut dikenal dengan istilah wakaf.

Sedekah yang lebih besar manfaat dan ganjarannya. Manfaatnya tidak seperti sedekah lain yang umumnya berkutat seputar kebutuhan sandang dan pangan. Melainkan jauh lebih besar dari itu. Jika kita bersedekah pada satu keluarga fakir-miskin, sedekah tersebut cenderung digunakan untuk mencukupi kebutuhan harian keluarga tersebut. Setelah sedekah itu habis digunakan, maka habis pulalah kemanfaatannya. Lain hal dengan wakaf, yang berfokus pada kemanfaatan lebih luas dan jangka panjang. Mampu memberikan perbaikan kualitas pendidikan dan pemikiran umat, ketika wakaf itu berupa sekolah, kampus, pesantren, ataupun beasiswa. Mampu meningkatkan taraf perekonomian, ketika wakaf itu dimanfaatkan untuk pelatihan dan modal usaha para fakir-miskin. Mampu menyediakan layanan sosial seperti rumah sakit, rumah yatim piatu, dan tentu kemanfaatan-kemanfaatan sosial lainnya. Sisi lain dari wakaf yaitu soal ganjarannya yang berlipat ganda, terus mengalir, bahkan tanpa disadari jika ruh telah dicabut dari jasad, pahalanya tetap mengalir selama bangunan masih berdiri, dan kemanfaatannya masih dirasakan oleh orang-orang yang masih hidup.

Jika kita bersedekah pada keluarga miskin sebesar sepuluh ribu, betapa bergembiranya mereka hari itu, namun esok? siapa yang menjamin mereka masih sebahagia itu? Kita tambahkan lagi hingga menjadi satu juta. Siapa yang menjamin sedekah itu dimanfaatkan sebaik-baiknya, bukan sekedar foya-foya sesaat? Namun ketika kita berwakaf sepuluh ribu, siapa tahu menjadi 10 batu bata, atau satu blok ubin yang menjadi penyempurna pesantren, lembaga pendidikan, dimana orang-orang menjadi shaleh, cerdas dan bermanfaat bagi ummat. Apalagi ketika jumlah itu menjadi lebih besar lagi.

Atas dasar itu maka dana yang terkumpul pada SHR hingga batas waktu 15 September 2010, kami niatkan untuk wakaf renovasi mesjid Daarut Tauhiid Bandung. Mesjid yang tidak pernah kosong dari jama’ah shalat. Mesjid yang hidup 24 jam dari orang-orang yang dzikir dan ingin mendekat pada Allah, tidak seperti mesjid kebanyakan, yang malamnya terkunci dan kalah dengan KFC. Mesjid yang banyak terisi kajian-kajian dan kegiatan produktif sosial-ekonomi lainnya. Mesjid berkumpulnya santri-santri dan siswa-siswa SMK DT memperdalam keyakinan dan pemahaman agamanya. Masjid yang hampir setiap pekan selalu ada yang mengikrar syahadat. Rencana renov sendiri, insyaAllah akan dimulai syawal ini.

Aa Gym selaku yang menerima langsung uang wakafnya, gembira mendengar ada sekelompok orang yang belum saling bertemu muka, tekun berlomba dalam kebaikan, dan membiasakan kebaikan dalam bentuk sedekah harian. Beliau mendoakan langsung untuk keberkahan harta pewakaf ketika uang wakaf SHR diserahkan. Dan mudah-mudahan dapat menular bagi lebih banyak lagi blogger. Namun karena saat itu nota wakaf ada di DKM mesjid, maka tanda bukti wakaf tersebut ditandatangani oleh pengurus DKM yang bertugas saat itu.

Mohon maaf  penyebutan alamat itu spontanitas,insannya Lupa menanyakan padaku,dan akunya juga Lupa memberitahu insan,haddoocchh..pikun bedua😆

Demikian LpJ ShR ini kami buat,Insya allah jika kita masih dipertemukan dengan ramadhan yang akan datang kita bisa berbagi lagi dalam kebaikan di SHr selanjutnya.

Note:

untuk sahabat yang suda berpartisipasi di SHR rinciannya bisa dilihat di maiLnya masing masing,trimakasi sangaad yaaa🙂

Tertanda:

~wi3nd & Isnansains ~

42 Komentar »

  1. harumhutan said,

    ALhamdulilaaah selese jugaaa [ Laporannya] *huff legaaa..

    makasi banyak yaa untuk kepercayaannya di ShR ini…🙂

    smoga Allah membalas semua kebaikan kalian,amiin..

    • nDa said,

      amiiiiiinnnnnnn……………….

    • genDuk said,

      Amiin….

    • nDuk said,

      Amiin…

      • harumhutan said,

        @ dua adik tersayaang:
        amin amin ya allah amiiiiinn..

        makasii *muaachh

    • septarius said,

      ..
      Amiin..ya Allah..
      ..

      • harumhutan said,

        amiin..

        makasi atta🙂

  2. herdianto said,

    wind, aku sekarang di Kota Serang, kerja di pabrik gak ada internet. Bisanya sabtu minggu doang🙂

    • harumhutan said,

      pantas sajah sekarang jarang OL…

      but selamat yah da berani kluar dari zona nyaman😉

      semangaad herdi❗

  3. Asop said,

    Maap lahir batin, Mbak…🙂

    Moga tahun depan masih bisa ketemu bulan ramadhan lagi. Amin! ^__^

    • harumhutan said,

      amiinn..

      saya dan segenap jajaran management artis indonesia juga mengucapkan mohon maaf Lahir dan bathin yaaa:mrgreen:

  4. nakjaDimande said,

    Alhamdulillah, tugas diselesaikan oleh dua pejuang. Lanjut ke tantangan berikutnya.

    • harumhutan said,

      iyah bund,lega da selse..

      *belum ada tantangan lagee,soale insan lage sibuuk😀 *

  5. alamendah said,

    Shodaqoh jariyah tersebut semoga memberikan manfaat bukan hanya kepada yang mengeluarkan tetapi juga kepada yang diberi dan yang menariknya

    • harumhutan said,

      amiin..
      makasi mas alam,semoga keberkahan selalu mengalir🙂

  6. alhamdulillah dah kelar …
    semoga amal ibadah kita di terima Allah … Amin

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    • harumhutan said,

      amiiiinnn..

      makasi yaaa🙂

  7. Oyen said,

    Ih, Ncing hebat euy… jadi sponsor acara begetuan, salut dagh!

    *hambok sing ngene iki Genduk diajari, ben uripe ono gunane😛

    • genDuk said,

      @ Buk Guru

      Uripe nduk wis berguno kok Buk,
      Setiap hari nduknya cuci piring, seminggu sekali nguras bak mandi, sebulan sekali mbayar listrik, 5 taon sekali ikut pemilu, yang begitu masih dibilang kurang berguna?
      *dipentung gayung plastik*

      • harumhutan said,

        @ ojen ketjil nan tjantik :

        makasi jeen🙂

        tuu dibawah genduk da kasih penjelasaaan🙂

        @ genduk:

        berguna sangad kui nduuk,tenang aeee…😉

  8. Coba Diklik said,

    Selamat atas SHR dan acaranya mbak Wien. Lanjutken yah.

    • harumhutan said,

      trimakasii🙂

      Insaya allah….

      Makasi da singgah yaaa🙂

  9. orange float said,

    alhamdulillah lancar….

    • harumhutan said,

      alhamdulilaaah,iyah

      makasi ya yul🙂

  10. Masda said,

    Amien…

    • harumhutan said,

      makasi da singgah yaa🙂

  11. heny said,

    semoga BERKAH ya wi3nd…..
    N’ teruslah mengajak sesama tuk berbuat kebajikan….🙂

    • harumhutan said,

      aMin,amin,amIn Ya Allah amiin..

      makasi yah hen..

      insya Allah hen,maunya seeh getuu he he…

  12. Hari Mulya said,

    dah ku duga, pasti sukses..
    ke depan da program apaLagi, mBa?

    • harumhutan said,

      alhamdulilah de’..🙂

      belUm ada program apa apa..

      sambiL jalan ajah..

      ntar ikutan yaaaa🙂

  13. anna said,

    alhamdulillah🙂
    turut senang…

    semoga bagi siapapun yang turut berpartisipasi mendapatkan pahala berlimpah oleh Allah. tidak lupa, juga amilnya🙂

    • harumhutan said,

      makasi anna..🙂

      amiiin..amiin,amiin YA Allah amiinnn🙂

  14. mandor tempe said,

    laa kok gini sih
    ada acara ginian gak ngajak-ajak saya😦

    • harumhutan said,

      laaah bang mandor kmana ajaaah😀

      pas aku bikin postingan Ada yang MAu ikuTan pasti bang mandor ndak baca🙂

      ntar kapan kapan dikasih tau daach😀

  15. hellgalicious said,

    semoga perbuatan kakak dan para donatur dibales oleh Allah swt.
    Amin ya rabb

    • harumhutan said,

      amin Amin Allahuma amien..

      makasi yah hellga..🙂

  16. elmoudy said,

    wi3nd… kamu tinggal di bandung ya wi3nd.. atau dimana??? bulan2 kemaren gw sering ke bandung..dan pernah juga mampir ke DT…

    pasti nuansa ramadhan kala itu di sana sangat membekas skali ya…
    salam buat aa Gym yaaa🙂

    • harumhutan said,

      imauw fitnah iigh,wien nda tinggal dibandung😀

      tapi dihutan😛

      waaa.ndak bilang seeh imauwnya pas ke bandung,kan bisa ketemuan😀

      Alhamdulilah sangad membekas imauw Ramadhan kali ini..😉

      insya Allah nanti disampaikan ke Aa..
      >>>> Aaaaa.. dapet salam dari imauw he he…

      • elmoudy said,

        hahahaa….bener ya..
        wi3nd.. shoutmix ku akhirnya aku rombak total.. aku ganti dengan yg baru sama sekali… secara banyak temen2 yg ter-banned dengan tanpa disengaja….
        skrg..kamu udah bisa nge-shout hehee

      • wi3nd said,

        yeeeacchh..

        sheep imauw,dah aku prawanin SMnya😆

  17. Alhamdulillah, Allah swt telah memudahkan Wi3nd jadi manusia yang amanah .
    Semoga Allah swt memberikan ridho dan barokahNYA selalu utk Wi3nd dan Insan ,amin
    salam

    • wi3nd said,

      amin,amin.amiin ya Allah amiin…

      makasi bundaa sayaang🙂

      **ini berkat doa dan ridho dari bunda juga ;)**


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: