20 April 2009

~ mReKa yan9 seHarusNya..~

Posted in umum, vo!ce oF mY heArTh tagged , , , pada 02:59 oleh harumhutan

mreka yan9 seharusnya suda duduk maniez dirumah bersama anak dan cucu menikmati masa senjanya,mereKa yan9 seharusnya taK la9i ber9eLut den9an panasnya mentari,mereka yan9 seharusnya istirahat dirumah,tak la9i bermandikan kerin9at menjemput rejeki,dan masih banyak  “seharusnya ” yan9 lain,ato inih hanyalah salah satu kesibukan mereka untuk men9isi waktu?semacam rutinitas yan9 mereka sukai?

terLepas dari ituh semua mereka telah membuat diriku tersentuh,iba,dan menan9is dLm hati,tiap hari selalu mampir ditempat mereka menjemput rejekinya,memberinya sedikit rejekiku untuk berba9i den9annya,ada air mata haru disanah hin99a daku tak san99up menatap mata senjanya.. 😦

~ si mbah& kacan9 rebus,depan brin9harjo pa9i_sian9~

~ si mbah& kacan9 rebus,depan brin9harjo pa9i_sian9~

~ si mbah& 90ren9an,brin9harjo pa9i_sian9~

~ si mbah& 90ren9an,brin9harjo pa9i_sian9~

~ peceL,brin9harjo pa9i_sian9~

~ peceL,brin9harjo pa9i_sian9~

~ peceL sore hari ~

~ peceL sore hari ~

~ lelah,tertidur sejenak,malam hari ~

~ lelah,tertidur sejenak,malam hari ~

mereka adalah perempuan_perempuan tan99uh didepan dan areaL pasar brin9harjo,yo9yakarTa.. nek,eyan9,mbah..maaf diriku tak bisa la9i men9unjun9i kalian,next time jika diriku bertandan9 la9i ke yo9ya pasti akan kusempatkan untuk betemu den9an kalian terlebih dahuLu.. 🙂

Iklan

44 Komentar »

  1. emfajar said,

    prihatin dengan kondisi mereka,, semoga kita sebagai anak dapat menyenangkan ortu kita nanti di hari tuanya..

  2. adams said,

    sebuah potret perjuangan seorang ibu….. umi umi umi.

  3. zzzatm said,

    huu…
    jadi membayangkan perjuangan ibunda tercinta…
    semoga Orang tua kita masing-masing, dan yang lainnya juga dapat merasakan yang lebih baik

  4. imuhamadi said,

    justru ada orang2 yg tak bisa hanya menghabiskn waktu di rumah,
    cuma duduk manis “menikmati” masa tua.

    menurut saya, mereka telah memilih cara itu sebagai upaya “menikmati” sisa umurnya.
    duduk manis di rumah sama saja dengan tidak menikmati sisa usia.

    hehe, itu mah menurut sayah…

  5. Insan said,

    Hiks.. hiks…

    Gak ada lagi ruang kata yang bisa saya tuliskan untuk mengomentari potret diatas. Kalo gitu, ntar sore kita berbuka puasa sama mereka yuk… 🙂

  6. ampun deh said,

    Yoo mba wiend

  7. damalyk said,

    hmm..
    jadi trenyuh nuy..
    semoga perjuangan mereka mendapatkan ganjaran yg setimpal dari-NYA..aminn..

  8. deady said,

    kasian banget yaaa
    huhuhu
    kemana sih cucunya???

  9. kawanlama95 said,

    Mereka adalah contoh bagi kita, semoga kita bisa mengikuti jejak mereka amin.

  10. aglng said,

    inilah kersnya hidup..

  11. bocahbancar said,

    Hhhh….Mereka yang sudah lanjut usia sebenarnya pemerintah sudah punya solusinya, yakni panti Lansia, namun memang pada kenyataannya belum semuanya bisa tercover dan tentu saja malah terkadang banyak yang tidak mau ditempatkan di panti..

    Namun jika memang itu pilihan nenek2 luar biasa ini, ada baiknya pemerintah memberikan tunjuangan kesehatan yang layak serta sedikit bantuan usahanya…

    Mari kita bangun sama2….

  12. ammadis said,

    Kaum tua berdikari sendiri seperti itu justru membuat mereka merasa lebih di hargai dan di cap ‘masih produktif’. Sebuah upaya diri utk tetap survive di dalam masyarakat…it’s more better…

    Tidur duduk seperti itu…ck…ck…ck….semangat yg membara….

  13. zoel said,

    namanya juga hidup mba!!!

  14. kishandono said,

    selamat hari Kartini…

  15. mikekono said,

    ya, mereka seharusnya
    duduk santai di rumah
    bermain bersama cucunya
    semoga Pemerintah dan parpol pemenang Pemilu
    bs lebih peduli soal ini…..

  16. Daiichi said,

    Perjuangan mereka nyata…. Untuk hidup, dan jatidiri sebagai wanita perkasa…
    Selamat hari KArtini….

  17. Rifyal said,

    wanita adalah nyawa negeri, kalau wanita sudah lemah(dalam pendidikan dan agama-pent) akan hancur negeri ini, namun kekuatan bukan berarti harus berjualan seperti gambar di atas . . .
    Kasihani mereka dengan doa dan hadiah lapangan pekerjaan, , yeah semoga dapat membantu, karena pada pemerintah sudah terlalu lamamereka berharap. . . .

  18. achoey said,

    sedih
    kadang aku bertaanya
    dimana anak cucu mereka?

  19. anny said,

    Subhanallah…………….
    Begitu tersentil hatiku melihat foto foto mbok2 itu, aku sangat malu dan tidak tahu diri betapa diriku terkadang bermalas malasan dan sering bnyk ngeluh, sementara mbok2 itu semangatnya tak pernah pudar walau kondisinya seperti itu.

  20. Irfan said,

    demi sesuap nasi dan menyambung hidup…
    bersyukurlah buat mereka yang diberi kelebihan rejeki.

  21. shofiyah said,

    Subhanalloh…
    tapi laiknya memberi kail bukan ikan,, kita ada untuk mereka yang benar-benar perlu di bantu tak hanya menengadahkan tangan atau menjual anak-anak mereka di perempatan…
    Ahh..
    postingan yang menarik mbak angin ^_^

  22. 3mnnm8 said,

    beringharjo? jdi kangen jogja nih.. ukh…

  23. thegands said,

    jika di telusuri latar belakangnya, aku yakin mereka ikut dalam peprangan melawan penjajah. tapi mengapa pemerintah acuh tak acuh terhadap keadaan ini? sementara caleg2 bertebaran menjual mimpi yang tak kunjung usai. negara ini seolah2 menjadi negara2 yang memiliki pemimpin yang pemimpi… sad.

  24. Johan said,

    hooo,, kasihan mereka….

    lanjutkan…
    😀

  25. neng fey said,

    aku jg suka mo nangis liat2 mereka, kadang2 pengen ngobrol panjang lebar sama mereka, seru loh denger orang tua cerita hehehe

  26. yoan said,

    daya hidup dan kemampuan survival orangorang tua itu kadang melebihi kita yang masih mudamuda ya…

  27. humor lucu said,

    mereka itu bekerja karena kondisi atau karena sukarela ya? tapi memang wanita itu makhluk mulia, dr merekalah gerenasi terbaik terlahir

  28. Tapi pecelnya biasanya enak banget mba… sumpe..
    Semangat mereka terkadang melebihi kita,
    masih banyak anak2 muda yang nongkrong2 sambil ngeroko
    di pinggir jalan pake baju sekolah

    klo dibandingin dengan itu… rasanya pengen nangis….
    coba liat isinya blog anak2 sekolah deh…
    aduuhh…..

  29. warzs said,

    kita juga harus siap2 kayak gitu ntar waktu tua. tinggal sekarang kita mau apa nggak berusaha lebih biar masa tua bisa kita lalui dengan menyenangkan

  30. ghozt said,

    jadi inget mbah di desa …

  31. just 'azzam said,

    Abis dr jogja ya?

    Cb bsk tak cek k bringharjo, msh ada gk y mereka…

  32. herdianto said,

    jadi inget sama mbah putri-ku..dulu jualan beras sama soto ayam di pasar daerah lorok pacitan.

    sekrang fokus sama ngurusin cucu….sabar ya mbah tahun depan aku kasih cicit (sayangnya campuran sama sumatera deh kayaknya; gak murni javanesse) hehehe

  33. nenyok said,

    Salam
    mereka itu peempuan-perempuan hebat, Wi3nd siapa tau mereka malah ga akan suka jika disuruh duduk manis di rumah, karena apa, karena itulah hidup mereka, karena itulah kesenangan buat mereka yang sudah mendarah daging, ga percaya? tanya aja 🙂

  34. mereka berjuang untuk kehidupan yang berat ini

  35. 1nd1r4 said,

    sedih, saat usia sudah senja masih saja harus membanting tulang dari pagi sampai malam 😥

  36. easy said,

    semangat hidup mereka itu yang patut kita contoh

  37. d3ptzz said,

    hmm…

    semangat perjuangan yang patut kita contoh… pantang menyerah!!

  38. rayyahidayat said,

    perempuan itu seperti intan, tak bisa dibuat tapi harus ditemukan.
    berbahagialah menjadi anak cucu Siti Khadijah dan Kartini.

    salut untuk semangat mereka.

    ——————————————————————
    wi3nd,
    sebagaimana dirimu juga perempuan,
    aku yakin semangat mereka ada padamu.
    tak perlu bersedih ketika harus menyiapkan segala sesuatu di pagi hari, sendiri.
    di sekitar kita, masih ada orang-orang yang lebih tidak beruntung dari kita. jangankan menyiapkan segala sesuatu seorang diri,
    untuk sekedar membayangkan apa yang akan disiapkan esok pagi, belum tentu terpikirkan oleh mereka.

  39. rayyahidayat said,

    eh,
    gambar #3 dari atas, itu kan yang pas di pojokan tikungan depan toko emas deket pintu beringharjo kan?
    tahu+tempe bacemnya enag 😀

  40. dhieeewhe said,

    mbak wi3nd, tidak semua nenek dan eyang2 itu menghabiskan masa2 rentanya dengan duduk saja
    banyak yang tetap giat bekerja
    ^_^
    semangat 45 mbak,pengen seperti anak muda
    walau tubuh renta tapi semangatnya adalah semangat anak muda

  41. suwung said,

    tapi mereka kadang malah males kalo cuman duduk di rumah bos

  42. wi3nd said,

    @ emfajar:
    san9ad prihatin jar.. 😦
    amien..seharusnya seperti itu.. 🙂
    @ adams:
    iyah..miris ya dams 😦
    @ zzzatm:
    amien..
    kita buat oran9tua kita baha9ia yiuks. 🙂
    @ imuhamadi:
    betul im..
    ada bebrapa oran9 yan9 nda suka men9habiskan masa tuana den9an duduk manis,mreka in9in berbuat sesuatu..
    stuja ituh.. tapi untuk usia sesenja ituh alan9kah baikna istirahat.. menikmati masa senjana.. 😦
    makasi da sin99ah ya. 🙂
    @ Insan:
    miris san.. 😦
    in9innya seeh be9itu ya san,bisa menikmati makanan mreka wat buka shaum kita.. 🙂
    @ ampun deh:
    yoo sippa.. !!
    ** 9aya anak rapp
    heheh
    @ damalyk:
    amien.allahuma amien..
    semo9a de’..
    @ deady:
    itu yan9 ada didlm hatiku ded..
    dimana ya anak cucuna?
    hiks.. 😦
    @ kawanlama95:
    iyah betul..
    amien..
    makasi da sin9ah yaa.. 🙂
    @ aglng:
    yaachh.perjuan9an demi kelan9sun9an hidup.. 😦
    @ bocahbancar:
    9imana klu dirimu ajah neeh yan9 duduk dipemerintahan?
    pasti mreka takkan seperti inih..
    ada kesejahteraan hidup.. 🙂
    @ ammadis:
    iayh,ada yan9 mreka lebih suka berdikari seperti ituh..
    tapi jan9an dijadikan keseharian..kasian daku melihatnya.. 😦
    tapi klu mreka menyukai nda papa,tapi teutep nda te9a euy.. 😦
    @ zoel:
    iay seeh zoel.. 😦
    @ kishandono:
    selamat..selamat.. 😀
    @ mikekono:
    semo9a ban9..
    andaina aban9 erpilih ya,daku yakin aban9 pasti memprioritaskan mreka.. 🙂
    @ Daiichi:
    ya..para wanita tan99uh mreka ituh.. 🙂
    @ Rifyal:
    in9innya membantu lebih rif..
    semo9a saJa bisa.. 🙂
    @ achoey:
    ya miris A 😦
    pertanyaan yan9 sama..
    @ anny:
    belajar dari mreka jenks..
    berfikirlah sebelum men9eluh..
    ada yan9 lebih sen9sara dibandin9kan kita.. 😦
    @ Irfan:
    ya selalu bersyukur adalah hal yan9 harus kita lakukan..
    jika punya rejeki lebih bisa berba9i den9an mreka.. 🙂
    @ shofiyah:
    iyah betul,dan kailnya ituh harus tepat nen9s..
    jan9an sampe salah kaseh umpan,yan9 nantina malah membuat mreka jadi keter9antun9an..
    makasi ya nen9s jika postin9an kali inih menarik dirimu.. 😳
    @ 3mnnm8:
    yupz,brin9harjo.. 🙂
    @ thegands:
    mun9kin ju9a 9ands..
    tapi apapun ituh seharusnya meman9 pemerintah punya perhatian khusus wat para pejuan9 ne9eri..
    sayan9na para cale9 cale9 ituh nda berfikir kesanah. 😦
    @ Johan:
    mreka nda suka dikasihani johan..
    kita harus bertindak.. 🙂
    @ neng fey:
    iyah miris ya nen9s..
    nda sempet n9obrol,bis mreka serius jualannya. 🙂
    @ yoan:
    iya..
    @ humor lucu:
    ituh dia hum..
    daku ju9a nda n9erti.. 😦
    @ AnGga Labirynth:
    eman9 enaks n99a..
    makana daku lan99anan ma mreka 😀
    eemm..blo9 anak anak ab9 ya?
    @ warz:
    yaa.jikasampe umurnya..
    semo9a sajah menjadi lebih baiks..
    makasi da sin99ah. 🙂
    @ ghost:
    senan9na yan9 amsih punya si mbah?
    daku nda punya sejak kecil 😦
    @ juz azzam:
    iyah..
    cekedot dun.
    salam wat mreka ya.. 😉
    makasi da sin99ah.. 🙂
    @ herdianto:
    hehehhe..senan9na yan9 amsih punya si mbah..
    alhamdulilah jika suda bisa menikmati masa senjana besama oran92terkasih.. 🙂
    @ nenyok:
    yupz,stujaa nenyo.. 🙂
    iyah.aku tau ituh..ada yan9 lebih suka tetap beraktifitas hin99a usia senjana..
    @ okta sihotang:
    iyah betul ituh ta..
    @ 1nd1r4:
    iyah miris ind 😦
    @ easy&deptzz:
    iyah..stujaaa..!!
    @ rayyahidayat:
    alhamdulilah baha9ia rayya.. 🙂
    iyah makasi rayaa..
    alhamdulilah bersyukur karna daku masih bisa menyiapkan semuana tanpa bersusah payah.. 🙂
    iyah betul sekalee pas dipojokan ituh..
    yupz,tempena enak.. 🙂
    @ dhieeewhe:
    iyah nduk aku tau ituh..
    tapi aku iba jadinu=ya.. 😦
    @ suwung:
    iyah bro,aku tau ju9aa..
    tapi tetep ajah miris 😦

  43. Abdul Cholik said,

    -ada yang bekerja untuk mencari nafkah demi kehidupan mereka, ada juga bekerja untuk eksistensi diri.
    -lebih baik jual martabak untuk mendapatkan martabat daripada jual martabat untuk mendapatkan martabak.
    -blog yahuuud dengan artikel dan gambar2 yang menarik.
    -salam

  44. wi3nd said,

    iyah betul smuana itu mas abdul.. 🙂
    tapi daku kok nda te9a ya melihat mereka yan9 suda senja tapi masih harus berpanas panasan ria 😦

    makasii,semo9a sajah blo9 ini membawa manfaat 😳

    makasi ju9a susa sin99ah 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: