16 September 2008

~tRa9eDi iTuH~

Posted in umum tagged , pada 01:43 oleh harumhutan

sun99uh miris dan tra9is berita yang sayah den9ar tadi pa9i,pemba9ian zakat yan9 menewaskan 21 oran9 hanya demi uan9 Rp.30.000 yan9 dibagikan oleh salah satu oran9 terkaya dikampun9 putureJo,desa pasuruan.tak adakah cara lain yan9 lebih bijak untuk mendermakan uan9nya kepada para kaum dhuafa?bukankah sudah banyak badan amiL zakat yan9 didiriKan?ato ini hanya seba9ai aJan9 unjuk kekaYaan semata entahlah..tubuh ini ter9etar hebat,air mata kembali jatuh,Ya robbi be9itu miskinnya ne9eri ini?speechless…

zakaT mauT..??

zakaT mauT..??

anRi zaKat/maUt..??

anRi zaKat/maUt..??

mayat ituH??

gambar dari sini

mayat ituH??

45 Komentar »

  1. kishandono said,

    turut berduka cita… semoga tidak akan terulang lagi. (ditunggu tahun depan, akankah komentar yang sama akan saya utarakan lagi?)

    -miris-

  2. vizon said,

    walau bagaimanapun, kita harus berterima kasih kepada h. syaikhon dan para korban. karena, dg peristiwa yg menimpa mereka inilah, kita semakin tersadarkan akan pentingnya zakat dilakukan dg ikhlas dan profesional…🙂

  3. ngodod said,

    turut berduka cita
    [sambil geleng2 kepala mental inlander masih merajalela…]

  4. ariefdj™ said,

    انّا للہ و انّا الیہ راجعون

    Ada yang salah di sana.. Harus diambil pelajaran dari ‘pesan’ yang keras seperti itu.. Dari sisi penerima maupun pemberi sedekah, ada yang dapat diambil hikmahnya.
    Kalo mau sedekah /zakat, ya bisa lewat badan amil zakat, atau bisa juga diberikan secara langsung.. Idealnya sih, kalo diberikan secara langsung, ya dianter ke rumah masing2 penerimanya lah, jadi bukan penerimanya yang nyamperin.. Btw, si pemberi sedekah tersebut, selain memberikan secara langsung yg telah di-alokasikan sendiri, juga telah memberikan zakatnya ke badan amil. Jadi semacam ada ZAU dan ZAK.. Zakat Alokasi Umum dan Zakat Alokasi Khusus..😀

  5. fisha17 said,

    Sebagai orang Pasuruan, turut berbela sungkawa. Semoga tak akan lagi terjadi kejadian seperti ini. Cukup sudah… Mungkin diri ini yang kurang berzakat diberi peringatan oleh Allah SWT.

  6. dhie said,

    diem terpaku saat melihat begitu banyak korban yang berjatuhan. *miris, sedih, geram semua perasaan bercampur baur*

  7. agil said,

    see, ini menunjukkan bahwa tidak tertib itu bahaya. dan ironisnya, Indonesia adalah negara yg tidak tertib.

    siapa yg salah?
    semuanya.

  8. hedi said,

    sudah waktunya zakat, infaq dan sodaqoh dikelola secra profesional, karena itu sumber yang potensial jika dikelola dengan benar, secara umum permasalahan terbesar umat Islam di Indonesia adalah ” Ekonomi “. Sudah bukan jamannya lagi Bayar Langsung Tunai Zakat seorang perorangan, ya seperti kasus ini maksud baik cuma salah caranya, dimana perekonomian kita sedang terpuruk jadi orang dianggap ” mampu ” dan ” tidak mampu ” bisa berbaur disini ….. udah ahhhhhhh kepanjangan wi3nd🙂

  9. herdianto said,

    klo zakat yg bagi perorangan sih namanya shodaqoh…

    kenapa juga gak disalurkan kepada badan amil zakat saja, ahh sayang orang kaya tapi kurang ilmu

  10. insansains said,

    ^_^ innalilahi wa inna ilaihi raajiun

    Turut sependapat dgn mas Ariefdj dan mas Herdianto.

    Inilah gambaran si Riya dan si Egois.
    Di satu sisi, si kaya pamer harta. Di sisi lain, si miskin gak peduli dengan sesamanya. Gak ada yang salah, cuman semuanya harus instrospeksi dan memperbaiki diri [termasuk yg ngasih komentar]

  11. aku malu….

    malu pada diri sendiri… yg jg tak sanggup berbuat sesuatu demi perubahan.

  12. begh….nyaris tragis bgt, kemarin aku liat beritanya di tv1one…..

  13. nAsruni said,

    innalillahi wa inna ilaihi roji’un
    speechless wi3nd..😦

  14. zoel said,

    tragiss bgt

  15. qizinklaziva said,

    innalillahi wa inna ilaihi rajiun!!

  16. tuteh said,

    Almarhum Bapakku pernah bilang, “kalo tangan kanan memberi, tangan kiri nggak perlu tau.”
    Artinya; kalo kita emang ikhlas mau memberi (apalagi Zakat), diam2 juga nggak masalah kan? Yang tau cukup kita dengan Allah. Caranya? Ya gampang banget! Carilah orang2 di dekat kita yang kita tau mereka wajib diZakati misalnya para Janda, anak yatim, fakir miskin, dllnya. Terus antarlah langsung Zakatnya ke mereka dan biarkan mereka mensyukuri dalam hati apa yang telah diterima. Insya Allah lebih afdol. Atau ya lewat badan AMIL. Itu lebih profesional dan terarah. Dari pada kayak bagi2 sembako gitu? Udah tau yang butuh rejeki sekarang ini banyak; rebut2an itu pasti! Kebayang nggak kalo sampe pada injek2an? Akhirnya ya gitu… NYAWA MELAYANG.
    Astaghfirullah…
    Sampai sekarang saya masih sering tanya…
    Kenapa Zakatnya nggak diantar sendiri aja? Nggak perlu sensasi, yang penting prestasi? :p hehehe.
    Kenapa nggak lewat badan AMIL aja?
    Kenapa nggak diam2 aja sih?😦

  17. hananan said,

    Masya Allah, saya juga sangat miris ketika melihat beritanya di tivi. Apapun niat si pembagi zakat tapi kan ada cara yang lebih tepat dan baik untuk menyalurkannya ke mereka-mereka yang membutuhkan. Semoga yang meninggal diterima di sisi Allah. Amin.

  18. trendy said,

    pahala ilang dosapun datang!

  19. tanahsirah said,

    Serem sampai merinding lihat fotonya, hanya demi zakat nyawa melayang. Tak sanggup lagi kasih komentar semoga arwah para korban diterima disisi Allah, Amin.

  20. memang begiulah jika sistem yg bernaung didalmnya nggak bener …

    akankah zakat maut akan terulang lagi 1!?!?

    saksikan episode berikutnya ……… !!! (*kek kejam sekali yak)

  21. 1nd1r4 said,

    Turut berduka cita buat yang menjadi korban
    Semoga tahun depan tidak terulang

  22. OdieGakLogin said,

    yah, klo yang mo bagi zakat niatnya gak bener biasanya kek gini jadinya…
    “heleh, Sok tau”
    sory2, gak boleh ah berprasangka buruk…
    Turut Berduka Cita atas Musibah Yang menimpa Saudara Kita.

  23. Artha said,

    demi tiga puluh ribu rupiah😦

  24. sedih ya

  25. syifaaulia said,

    innalillahiwainnailaihirodjiun

    gara2 uang, jadi kayak gini

  26. Si Tampan said,

    gak sepenuhnya kesalahan yg ngasih zakat…

    manusia sebanyak gitu emang susah utk dikendalikan…

    cuma sayangnya, knapa YBS gak mnta bantuan polishit…???

  27. easy said,

    -sad-
    kematian mereka tak sebanding dengan apa yang akan mereka perjuangkan…

  28. layanglayang said,

    innalillahi wa inna ilaihi roji’un

    T_T

  29. 1rw@n said,

    akibat ketimpangan sosial, sampai mempertaruhkan nyawa😦

  30. aRuL said,

    innalillahi wa inna ilaihi rojiun

  31. yudios said,

    innalillahi wa inna ilaihi rajiun.
    Ini tidak boleh lagi terjadi di negara ku ini!

  32. odink said,

    kekayaan VS kemiskinan😦

  33. coldinstinct said,

    Harusnya pembagi zakat menggunakan sistem kupon dan menyediakan tempat antre. Yg menerima juga harusnya bisa lebih tertib.

  34. coldinstinct said,

    Harusnya pembagi zakat menggunakan sistem kupon dan menyediakan tempat antre. Yg menerima juga harusnya bisa lebih tertib.

    lam kenal.. mampir2 d blog saya ya..

  35. try said,

    sedih yah..hiks..kalau begini siapa yang akan bertanggung jawab?
    hanya untuk 30 ribu rupiah..
    ahh, Indonesia negeriku tercinta, kapan semua akan baik2 saja?..*speechless

  36. Lex dePraxis said,

    Turut berdukacita. Semoga tidak terulang lagi.

  37. Rindu said,

    Innalillahi wa inna illahi rajiun …. *menitikan airmata*

  38. yog@ said,

    saya juga ntn ini, mengerikan hanya gara2 uang yg tak sberapa, nyawa menjadi taruhan😦

  39. Tony said,

    memalukan bisa terjadi begitu

  40. Manik said,

    Turut Berduka sedalam-dalamnya

    Mudah2an Keluarga yang ditinggalkan diberikan Penghiburan🙂

  41. Johan said,

    Sudah terlanjur terjadi. Mudah2an utk mendatang pakai cara yg lebih baik lagi. Manfaatkan lembaga penyalur zakat yg sudah ada. Biar mereka yg urus.
    Ayo bayar zakat. Utk saudara2 kita yg kurang beruntung.

  42. Indah Sitepu said,

    kaya tapi kurang bijak…..

  43. wi3nd said,

    @ kishandono:
    semo9a tak terulan9 kembali..:(
    @ vizon:
    bukan yang pertama kali ini terjadi,sudah sepantasnya mreka para penyalur zakat memberikan pd yg berhak,biarkan tangan kanan yg memberai tanpa tangan kiri tahu…
    trimakasih sudah singgah:)
    @ ngodod:
    yaa..maksudnya apa seeh sang pemberi ituh?adakah kepuasan bathin melihat massa seperti ituh..?astaqfirloh..maaf beburuk sangka..
    @ ariefdj:
    seandainya pa’arief memberitahu pd sang pemberi tentu hal ini takkan terjadi:) ato memang dia tak mau tahu entahlah..:(
    @ fisha17:
    ayo dams jan9an lupa berzakat yakh?dan sisihkan sebagian penghasilan untuk mereka y9 berhak:)
    @ dhie:
    *menghela nafas dalaam..*
    iyaa..dhie..:(
    @ agil:
    kurang koordinasi yang jelas,seandainya ituh di kooordinasikan d9 baik pastilah..akh sudahlah sudah terjadi gil..:(
    @ hedi:
    yupz,betul kang..semo9a sajah masy.indonesia semakin memahami bagaimana baiknya berzakat ituh& tau dg benar tata caranya setelah peristiwa yg selalu terjadi setiap thnya..nda papa kok kang keluarkan sajah opinimu,nda dilarang:)
    @ herdianto:
    bener ju9a herdi,mungkin dia bermaksud spti ituh..
    @ insansains:
    san,sepertinya masih banyak hal yang harus dibenahi disanah,agar masy.lebih paham dan mengerti bagaimana tata cara ituh semua,semo9a jika TUHAN mengijinkan kita bisa berbagi ilmu kepada mreka..:)
    @ p.hery setyono:
    iya,daku ju9a malu karna belum bisa membantu mreka..(
    *menundukkan kepala*
    @ okta sihotang:
    bukan nyaris okta,tapi bener2 TRAGIS…..:(
    @ nAsruni:
    iya,speechless ju9a nAs
    *menangis
    @ zoel:
    heeh,tragiss..!!
    @ qizinklaziva:
    inalilahi..
    @ tuteh:
    iya teh,seharusnya begitu,mungkin beliau belum mahfum tentang hal tsbt..:(
    @ hananan:
    semo9a,pemahaman tata cara berzakat menjadi lebih jelas skrg..
    @ trendy:
    ampuuni kami ya RaBB
    @ tanahsirah:
    amiiin..
    @ afwan auliyar:
    semo9a takkan terjadi lagi,amiin…
    @ 1nd1r4:
    semo9a..amiin
    @ OdieGakLogin:
    iya turut belasungkawa juga,semo9a tak terulan9 kembali
    makasih sudah sin99ah:)
    @ Artha:
    iya demi..:(
    @ achoey sang khilaf:
    iya a’..:(
    @ syifaaulia:
    jika sajah dibuat managemen yg baik maka ini tak terjadi syifa..:(
    @ SiTampan:
    entahlah bro,mun9kin…??akh..sudahlah,
    makasih sudah sin99ah:)
    @ easy:
    iya,mba san9aaaat tak sebandin9 sekalii..:(
    @ layanlayang:
    inalilahi..
    @ 1rw@n:
    iyaa..:(
    makasih sudah singgah..:)
    @ aRuL:
    inalilahi..
    makasih suda sin99ah:)
    @ yudios:
    semo9a,cukip sampai disitu pembelajaran ituh..:(
    @ odink:
    kejem yakh kang?
    @ coldinstinct:
    seharusnya yakh..?
    Asalam knal kembali,okeh nanti mluncur ke tkp:)
    makasih suda sin99ah:)
    @ try:
    duch,klu daku blm bisa mempertanggungjawabkan ituh mba:(senu99uh dech..iya semo9a saja negara ini benar2 mengambil hikmah dari peristiwa tsbt &tak hanya tin99al diam..*geram
    @ Lex dePraxis:
    semo9a,amiin..
    @ Rindu:
    yaa..berbelasungkawa juga
    * sodorin tissue..
    @ yog@:
    sebenrnya mreka tidak tau hal ini akan terjadi,miris yakh:(
    makasih suda sin99ah:)
    @ Tony:
    yakh,akibat aksi rebutan takut tak kebagian..:(
    @ Manik;
    makasih bang,semo9a amal ibadah mreka diterima olehNya,amin
    @ Johan:
    iya bang,ayoo bang jo*narik bang jo ke badan amil
    heheh
    @ Indah Sitepu:
    hmmm…mungkin

  44. Itulah,,, hidup yang baik itu harus diikuti oleh dua instrumen secara terpadu: tujuan dan cara, nah kasus ini menunjukkan tidak terpadunya kedua instrumen tersebut.. insyaAllah shohih…

  45. wi3nd said,

    @ syafbrani bin zainoeddin:
    mun9kin kuran9 pemahamannya ato meman9 mreKa tak mau tahu..tapi semo9a kasus ini tak terjadi la9i disaat2 ramadhan dst..
    belajarlah hikmah ituh…,makasih:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: