29 Agustus 2008

jeLan9 RamaDhaN..

Posted in reLi9i tagged pada 06:53 oleh harumhutan

Sepuluh Langkah menyambut Ramadhan
1. Berdoalah agar Allah swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadan dalam keadaan sehat wal afiat. Dengan keadaan sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal di bulan itu, baik puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, “Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadan; dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, “Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.” Artinya, ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan ridhai.

2. Bersyukurlah dan puji Allah atas karunia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita. Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, “Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya. ” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadan telah tiba dan kita dalam kondisi sehat wal afiat, kita harus bersyukur dengan memuji Allah sebagai bentuk syukur.

3. Bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadan. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Salafush-shalih sangat memperhatikan bulan Ramadan. Mereka sangat gembira dengan kedatangannya. Tidak ada kegembiraan yang paling besar selain kedatangan bulan Ramadan karena bulan itu bulan penuh kebaikan dan turunnya rahmat.

4. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadan. Ramadhan sangat singkat. Karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.

5. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas- aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]

6. Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadan. Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” begitu kata Allah di Al- Qur’an surah Al-Anbiyaa’ ayat 7.

7. Sambut Ramadan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadan adalah bulan taubat. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Q.S. An-Nur (24): 31]

8. Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun- nafs. Hadiri majelis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental kita siap untuk melaksanakan ketaatan pada bulan Ramadan.

9. Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan:
· buat catatan kecil untuk kultum tarawih serta ba’da sholat subuh dan zhuhur.
· membagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.

10. Sambutlah Ramadan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Kepada Allah, dengan taubatan nashuha. Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya. Kepada orang tua, istri-anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahmi. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

 

 

 

 

“buat temen-temen bloger semuanya: Mohon maaf untuk semua komentar yang tak berkenan,untuk sikap yang tak terjaga,semo9a Ramadhan ini membawa berkah untuk kita semua,serta kita keluar sebagai pemenangnya amiinn.

selamat menjalankan ibadah pUasa yaa..:)


(Disadur dari artikel kiriman seorang sahabat)

39 Komentar »

  1. Manik said,

    Selamat menjalankan Puasa yah? 😉

  2. agil said,

    persiapan gw menjelang ramadhan: beli aja petasan yg banyak. hehehe… persiapan yg kurang baik memang.

  3. selamat puasa jg 😀

    tp yg perlu di ingat jgnlah kita bergembira 1 bulan ramadhan itu saja, krn sesungguhnya ramadhan merupakan bulan training buat 11 bulan slanjutnya … 😀

    (comment mu masuk list sbg spam… :D, jd nggak nongol2, yg kmrn juga, tp udh di unspam kok .. 😀 )

  4. dhie said,

    Marhaban ya Ramadhan….

    Meraih kasih menata cinta,
    beralaskan ikhlas bernaung iman,
    semasa hayat bersimbah khilaf,
    berharap diri di basuh maaf.

    Mohon ma’af lahir dan bathin untuk segala kesalahan dan kekhilafan Dhie, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja

    Semoga dengan puasa mempertemukan kita dengan Keagungan Lailatul Qadar dan kita semua menjadi pilihan-Nya untuk dikabulkan do’a – do’a dan kembali menjadi fitrah.Amin

  5. insansains said,

    ^_^ sama-sama yach…
    Maafkan atas komentar-komentar maupun tanggapan-tanggapan yang tidak berkenan yach…!! Peace…!

    Ramadhan mubarak..!

    Oia… kenapa yach, komentar Wien di blog saya sering terperangkap ke kotak spam??

  6. fisha17 said,

    Afwan ya khumairah… 🙂

  7. Iko said,

    Mohon maaf lahir batin yaa Wi3nd 🙂

  8. zoel said,

    insyaallah dlaksanakan

  9. mierz said,

    selamat ber puasaaa..
    maaf lahir bathin ya…

  10. subhanallah

    semangat!

  11. selamat menjelang ramadhan ya wi…

  12. hedi said,

    MEt puasa ya wie… maafin hedi jika ada koment yg tak berkenan, semoga meningkat keimanan kita

  13. yodama said,

    Persiapan dah mantab khan?

    Maafkan jg atas untaian kata2 dlm komentar bila kurang berkenan.

    Btw, emang komentarnya sering msk ke spam.

  14. syelviapoe3 said,

    Selamat menjalankan ibadah puasa, mbak wi3nd

    Yuk…kita buat target-target…Mudah2an target ramadhan kali lebih baik…dan tercapai
    *berdoa mode on

  15. insansains said,

    *berkunjung lagi..

    Loh kok si empunya “rumah”nya gak ada.

    *pulang lagi ah…!!!

  16. kapanpun said,

    met saum bos
    sucikan hati dengan hasrat untuk berubah di ramadhan suci 🙂

  17. fnoor said,

    Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga semua ibadah kita pada Ramadhan kali ini adalah yg terbaik dari yg pernah kita lakukan, karena bisa jadi ini adalah Ramadhan kali terakhir dalam hidup kita. Salam kenal….

  18. Gempur said,

    yuppp ogut maafin.. jangan diulangi lagi yaaaaa…

  19. wi3nd said,

    @ Manik:
    makacih bang:)
    @ agil:
    ikutan gil,pesen gw petasannya mayan wat bangunin sahurrr heheh..
    @ afwan auliyar:
    iya kok nyepam mulu ya hiks:(
    yapz,yg paling berat adalah sesudah ramadhan ituh,tp semo9a kita bisa menjaganya selalu ketaqwaan spti dibln ramadhan amin
    @ dhie:
    amiinn..amin ya robbal alamin:)
    @ insansains:
    tanya kenapa san?daku tak tau jawabnya:)
    maaf yaa..td yg punya rumah sedang sibuk bersilahturaim ke tmns2 heheh,ayoo..masuk jgn pulang dulu ada kue dan teh manis hangat bikinan si empunya blo9 loch:)
    *nahan insan*
    @ fisha17:
    haduuch jd tambah memerah ne pipiQ damns..:)
    afwan..ju9a..yaa..
    @ Iko:
    sama2 ya ko:)
    @ zoelchaniago:
    okeh shep..:)
    @ mierz:
    makacihh..:)
    met puasa juga yaa..:)
    @ achoey sang khilaf:
    teutep semangaaddd..aa’choey:)
    @ okta sihotang:
    makacih okta:)
    @ hedi:
    yupz,nyamak2 yaa kang hedi,met puasa juga:)
    @ yodama:
    insya allah mas:)
    iya sering masuk ke spam neeh:( napa yaa..??
    @ syelviapoe3:
    nyamak-nyamak ya put,met puasa juga:)
    yiuuk mari,sambil nyatet target..
    *amiiin* mengaminkan doa put..:)
    @ kapanpun:
    makacih ju9a bos..:)
    amin,semo9a tersucikan hati dan raga kita,makasih sudah berkunjung yaa..:)
    @ fnoor:
    iyaa..nyamak nyamak yaa..met puasa juga,semo9a ramadhan inih membawa berkah untuk kita semua,makasih juga sudah berkunjung:)
    @ Gempurr:
    siaapp boss..!!:)

  20. kishandono said,

    selamat berpuasa….

  21. insansains said,

    ^_^ Wah… ada kue sama teh manis…!!

    Boleh juga tuh. Menjelang puasa, setidaknya menerima jamuan di siang-siang bolong. hehehe.. Tapi gak jadi ah, cuman sendirian. Besok-besok aja kalo bawa temae. Jadi siapin yang banyak yach…!!!

  22. Myryani said,

    maaf lahir batin ya…..

  23. wi3nd said,

    @ kishandono:
    makacih kis..:)
    @ insansains:
    dia dateng lage:)
    ayoo masuk ada banyak temen2 kok disinih,oo..mu bawa temen2 yakh silahkan..persedian kue masih banyak kok,klu habis nti bli diwarung sebelah heheh..waaa..klu besok2 nda bisa menjamu disiang hare ya san,puasa:)
    jangan lupa perlombaan ituh satu hari lage..
    be the winner..!!

    *preparing my self tuk perlombaan*
    [lawannya berat neeh “insansain”,doakan sayah ya..smo9a sayah lulus and be the winer..makaciihh..:)]

  24. ma2nn_smile said,

    keep smile…….meskipun puasa ya…..
    moga2 labih baik dari tahun kemaren…

  25. Johan said,

    Ketemu lagi sama Ramadhan. Semua sudah siap berpuasa, kan.

  26. thegands said,

    saya sebagai umat kristiani mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi kaum islami…

  27. ammadis said,

    Semoga puasa kali ini jauuuh lebih baek ya mbak….!

  28. nenyok said,

    Salam
    Nice tips, Thank you sist 🙂

  29. sigid said,

    amien… mudah-mudahan Ramadhan ini bisa penuh puasanya 😀

  30. duniaichigo said,

    Happy Ramadhan
    Selamat menunauikan ibadah puasa
    Semoga kita menjadi hamba yg saleh/saleha dan makin bertaqwa…

    maafin juga kl chigo sempet bikin khilaf yah… 🙂

  31. uwiuw said,

    selamat yah…semoga puasa tahun ini jadi barokah…hati dan lidah terjaga. Semoga 🙂

  32. bowbee said,

    Saya juga minta maaf atas semua salah ketik yang mungkin saya perbuat…

    Hmm.. abis ini sahur.. besok kuliah… aku kok masih blogwalking yah…. *ketagihan ni ga bisa berhenti.. tolongg….*

  33. Dimas said,

    Selamat berpuasa wiend, maafkan daku kalo pernah berbuat salah 😉

  34. 3lly said,

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya…. bu….

  35. tejo said,

    info dan tips yang bagus! selamat berpuasa.. 🙂

  36. wi3nd said,

    @ myrani:
    yupz,nyamak nyamak yakh my;)
    @ ma2nn_smile:
    amien:)
    @ johan:
    siap bos..!! heheh
    @ thegands:
    makacih gands;)
    @ ammadis:
    amin,insya alloh mas:)
    @ nenyok:
    you’re welcome nenyo:)
    @ sigid:
    insya alloh mas..hehhe
    @ duniaichigo:
    amin,nyamak nyamak yakh go,maafin daku ju9a:)
    @ uwiuw:
    insya allah,amin ya allah,makasih sudah singgah:)
    @ bowbee:
    nyamak nyamak ya bee:)
    heduup bwalk..!!tanpa berusaha menolong bowbee untuk kasus yg ini:lol:
    @ Dimas:
    yupz,nyamak nyamak ya dimas:)
    @ 3lly:
    makasih bu,met puasa ju9a yakh..:)
    @ tejo:
    makasih..:)
    makasih juga sudah singgah..:)

  37. sulaiman said,

    Semoga lembaran amal kita semua bersih setelah ramadlan, bagus tulisannya, terima kasih wi3nd.

  38. faisol said,

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Benarkah Kita Hamba Allah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/09/benarkah-kita-hamba-allah-1-of-2.html
    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link benarkah kita hamba Allah?)

    Apakah Allah juga mengakui bahwa kita adalah hamba-Nya?

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  39. wi3nd said,

    @ sulaiman:
    amieenn….
    makasih ya leman:)
    makasih ju9a sudah singgah disini:)
    @ faisol:
    amin,okeh nanTi sayah mluncuR kesanah,yen9kyuu..
    makasih ju9a sudah singgah disini:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: