21 Mei 2008

mahalnya biaya pendidikan

Posted in Tak Berkategori pada 07:28 oleh harumhutan

menghabiskan waktu bersama istrinya abang ku dan para keponakan yang lucu-lucu banget saat long week end kmaren menyisakan tanya dihati,sungguh sangat miris dan membuat meringis begitu mendengarnya,jadi begini ceritanya(jeng..jeng..musik serem neeh,nda lach kan bukan cerita hantu heheh),istri abangku lagi belanja biasalah para ibu-ibu klu da ngumpul pasti rumpies di tukang sayur,nah pas nyampe rumah dia cerita,”wiend,masa anaknya bu erwina mau masuk Sd ajah biayanya rp.12.000.000..!!  sppnya Rp.300.000/bln,hah…..!! gw syyyyoook  dan kageet tak percaya (bersyukur nda sampe pingsan apalagi kayang,loch?!) gila yakh gw bener bener gak nyangka banget,betapa mahalnya biaya pendidikan di indonesia ini,itu baru masuk Sd duanks,belum Tk,juno ponakan gw yang masih umur 3 taon da masuk play group biayanya 3juta, lanjut ke Tk sekarang 5-10juta,si ely juga cerita kalu keponakannya juga baru masuk sd uang pangkalnya Rp.12.000.000,melihat nominal angka tersebut membuat gw terkejut,masya ollo mahaaaal..!!maahaaal..banget,!!trus masuk SMP -SMU nda jauh beda mesti keluar kocek berjeti jeti demi sekolah favorit,nah gw baca kompas kmaren juga ngebahas itu,mau masuk perguruan tinggi juga musti bayar Rp.50.000.000,kalu nda lulus UN SMu nya uang ilang,resiko katanya,gilaa..ilang begitu ajah tanpa ampun..!!(mereka yang ikutan test lewat spmb),gw dulu masuk sd,smp,sma,kuliah ga mahal mahal amat,ga segitunya sampe,masih bisa dijangkau,uang spp juga ga mahal mahal amat,uang semesteran kuliah juga nda mahal amat,sempet kepikir gimana anak gw nanti,lebih mahal pastinya,trus kalu yang nda punya uang ga bisa sekolah doonks,makin lama pemerintah ini makin aneh,digembargemborkan pendidikan penting,tapi biaya pendidikan selangit,gimana mau maju bangsa ini.dana bos juga nda pernah nyampe dengan sempurna pada pihak yang membutuhkan,bebas uang spp buat sd dan smp juga da ga berlaku,trus kalu sekolah mahal gitu apa ngejamin nanti bisa lulus dg sempurna trus bisa kerja enak?? bukan jaminankan??sementara lahan pekerjaan diindonesia sajah semakin sempit,lihat sajah pengannguran masih banyak(termasuk gw) beneran ga’ abis pikir gw liat biaya pendidikan sekarang ini,mau mencerdaskan bangsa tapi biaya pendidikan tak terjangkau bagi kaum papa,ironis,miris,dan meringis memang melihat kenyataan ini.

Tinggalkan Balasan

